ShareThis

Selasa, 05 Oktober 2010

Cara menggunakan dan merawat lensa kontak

Sekarang ini, lensa kontak memang sangat populer. Apalagi sekarang banyak dijual lensa kontak dengan berbagai jenis warna dan motif yang buat penampilan kamu lebih menarik. 
Salah satunya lensa kontak yang bisa membuat mata kamu terlihat lebih besar seperti boneka (circle lenses).


Contoh beberapa circle lens yang cukup terkenal





Kami sendiri sudah menggunakan lensa kontak sejak dari remaja. Biasanya reaksi pertama dari orang-orang sekitar ketika tahu kalau seseorang menggunakan lensa kontak adalah, “Lo berani banget masukkin benda ke mata?!” Well, honestly it’s not that scary. 
Memang pertama kali kami mencobanya, tidak mudah memakai lensa kontak. Dibutuhkan sekitar 1-2 jam untuk memasukkan lensa kontak!!! Tetapi setelah terbiasa kami hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit saja :)
Di sini kami mau membagi tips dan trik cara memakai dan merawat lensa kontak.

The Basic:
  1. Buat yang baru menggunakan lensa kontak, sangat disarankan untuk memeriksa matanya ke dokter mata terlebih dahulu untuk memastikan mata kamu tidak memiliki infeksi yang bisa berbahaya.
  2. Jangka waktu dalam menggunakan lensa kontak yang disarankan tidak melebihi 12  jam. Bisa menggunakan obat tetes mata (khusus untuk lensa kontak) untuk mencegah kekeringan pada lensa kontak
  3. Biasanya, lensa kontak akan expired dalam 1 tahun. Tapi kami tidak menyarankan untuk menggunakan lensa kontak lebih dari 6 bulan untuk alasan kebersihan. Kalau kamu ingin menggunakannya selama setahun penuh, bersihkan lensa kontak dengan benar bahkan kalau kamu tidak menggunakannya harus tetap dibersihkan sebanyak tiga hari sekali.
  4. Jangan pernah tidur sambil mengenakan lensa kontak! Karena ketika kamu tidur, tidak ada oksigen yang masuk ke dalam mata. Hal ini mengakibatkan lensa kontak jadi lengket dengan mata dan menggores bola mata kamu yang bisa mengakibatkan masalah yang serius!

Cara Pemakaian:
  1. Sebelum kamu memasukkan lensa kontak ke dalam mata, rendam lensa selama 6-8 jam sebelumnya. Atau rendam semalaman.
  2. Selalu mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan keringkan sampai benar-benar kering. Tangan yang basah, membuat lensa kontak menempel pada jari tangan. Pastikan juga tangan Kamu benar-benar bersih (terutama sehabis makan). Memakai dengan tangan kotor, membuat mata kamu menjadi sangat pedihh..! Trust me, you never want to try this!
  3. Pakai lensa kontak sebelum kamu menggunakan make-up/ cream apapun.
  4. Gosok/ cuci juga lensa kontak dengan sangat lembut dengan cairan kontak lensa terlebih dahulu. Gosok dengan perlahan karena kontak lensa sangat mudah robek (saya sempat merobek 2-3 lensa kontak pada awal-awal penggunaan, lol).
  5. Taruh lensa kontak pada hari telunjuk. Lensa kontak yang betul seharusnya berbentuk melengkung bulat.
  6. Gunakan jari tengah untuk membuka bagian bawah pada mata dan gunakan jari tengah pada tangan yang satu lagi untuk membuka kelopak mata bagian atas.
  7. Arahkan bola mata ke atas dan masukkan kontak lensa tepat pada bagian bola mata di tengah. Setelah masuk, arahkan bola mata ke bawah dan kedipkan mata beberapa kali untuk memposisikan kontak lensa dengan benar.

Cara melepaskan:
  1. Jangan lupa mencuci tangan terlebih dahulu.
  2. Gunakan jari tengah dengan menggunakan tangan sebelah kanan jika kamu mau melepaskan lensa kontak di sebelah kanan (begitu juga sebaliknya) untuk menarik bagian bawah pada mata. Dan gunakan jari tengah tangan sebelahnya untuk menarik kelopak mata bagian atas.
  3. Ambil lensa kontak menggunakan jempol dan jari telunjuk.
  4. Taruh lensa di telapak tangan dan cuci/ gosok dengan menggunakan cairan pembersih.
  5. Rendam Lensa kontak selama 6-8 jam semalaman.
Jangan menggunakan ulang cairan yang digunakan untuk merendam lensa kontak!


Tips:
  1. Kalau kamu belum terbiasa menggunakan lensa kontak, biasakan dengan menggunakannya selama 1-2 jam terlebih dahulu di rumah.
  2. Ganti tempat lensa kontak dengan yang baru setiap 2 bulan sekali untuk menjamin kebersihan
  3. Cairan pembersih lensa kontak harus diganti setiap 3 bulan sekali setelah dibuka.

Beberapa orang menggunakan lensa kontak hanya untuk acara tertentu, atau bisa juga dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Yang penting kamu merawat dan membersihkan lensa kontak dengan benar. Kalau infeksi, jangan dibiarkan! Hentikan penggunaan lensa kontak selama beberapa hari. Kalau terus berlanjut, ganti lensa kontak karena kemungkinan kotor atau sudah expired. Atau kamu bisa memeriksa ke dokter mata untuk infeksi yang sangat serius.

Selamat mencoba!

1 komentar:

  1. sis ada rekomen eyedrop buat kontak lens yang available di toko lokal?
    cairan pembersih nya gak bisa dipakai buat tetes ke mata juga kah? *maaf kalo pertanyaannya agak aneh tapi kaka ku biasa pake cairan pembersihnya tapi aku ragu itu benar ata enggak*
    thank youu

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...