ShareThis

Sabtu, 20 Agustus 2011

Personal 1 : Perlu nggak sih memakai make up? (My Makeup Story)

Aku uda pake make up sejak 3-4 tahun yang lalu, dari yang nggak ngerti apa-apa, sampe mulai lumayan bisa.
Waktu pertama kali pake make up itu aku sendiri bener-bener bingung mulai dari mana. Nyokap juga nggak ngerti-ngerti banget, temen-temenku juga bukan cewe yang suka pake make up. Bingung kan tanya siapa.... Huhu... tapi suatu hari aku melihat temenku membawa majalah yang membuatku cukup terpesona dengan isi dan gambarnya, majalah Vivi, majalah itu ngajarin cara make up dan semua tentang fashion. Sejak itu aku jadi suka banget make up dan fashion. Terpesona dengan model, fotografi, dan design nya, majalah itu jadi seperti kamus for fashion and make up buatku.



Contoh dari sebelum pakai make up sampai setelah bermake-up komplit ^^




Nggak puas dapet dapet ilmu dari majalah saja, aku coba cari di internet. Waktu dulu masih agak jarang banget beauty blogger di dunia maya, tapi ternyata banyak banget tutorial make up di youtube (coba search di youtube tentang make up, pasti banyak banget deh), walaupun waktu itu belum sebanyak sekarang.^^
Sejak dari itulah aku merasa berterima kasih banget dengan ilmu 'gratis' dari internet. Tapi sayangnya kebanyakan masih dalam bahasa Inggris. Aku sendiri ngerti banget, nggak semua orang bisa bahasa Inggris. Jadi aku bikin blog ini dan membagikan pengalamanku dalam Bahasa Indonesia.
 



Aku akan kasi tahu alasan aku terpikat dengan make up
• Setelah aku mulai sering memakai make up, orang-orang di sekitarku lebih menghargai aku yang menghargai diriku sendiri dengan terlihat rapi dan segar (baca: bandingkan kalo kamu bangun tidur dengan muka kucel, pucat dan berantakan pergi ke luar). Orang-orang di sekitar kita akan bersikap lebih positif terhadap kita. 

Bahkan menurut research di sebuah artikel, wanita yang berpenampilan rapi dan menarik digaji lebih tinggi 20%. IMHO, that's why kita demen ngeliatin artis-artis / model yang cantik dan bersih.
• Pastinya jadi lebih menarik ^^ Siap-siap terima pujian dari orang-orang sekitarmu. Cewek mana yang nggak suka dipuji... hehe
Bikin mood jadi lebih ceria. Make up seperti seni, kamu bisa mengekspresikan dirimu dengan warna-warna sesuai mood. Dengan make up kamu bisa terlihat glamour, cantik, cute, girly, ataupun elegant.
• Kalo kamu udah bisa make up sendiri, saat ada acara kondangan kamu nggak pelu bingung dan ngeluarin duit banyak buat pergi ke penata rias. Aku sendiri termasuk orang yang sering kondangan, dan sejak aku bisa make up sendiri, di setiap acara kondangan aku merias diriku sendiri. Saat kondangan di puji cantik, kita juga bisa berbangga ria karena make up kita adalah hasil dandanan sendiri bukan orang lain :D
• Bisa nolongin kakak, adik, sepupu, temen atau nyokap pas ada acara-acara tertentu.
Aku inget waktu sepupuku yang masih remaja ada acara prom night di sekolahnya, dia minta aku make up-in wajahnya. Aku sendiri nggak terlalu percaya diri, tapi karena dia maksa minta aku merias mukanya, maka aku lakukan, pertama memang gagal, karena belum ngerti warna dan model riasan apa yang cocok buat dia. Tapi sodara ku mau ngertiin kok, dan setelah aku coba lagi ternyata hasilnya lumayan. Pulangnya dari prom nite aku dapet laporan, kalo temennya bilang dia cantik dan kirain dia pergi ke salon. ^^

Aku bisa merias wajahku sesuai dengan selera dan kemauanku. Kadang-kadang kalo harus ke salon atau penata rias, sering banget ketemu dengan penata rias yang merias wajahku tapi bukan dengan style diriku sendiri (baca: kurang cocok dengan yang aku inginkan).

Walaupun banyak hal yang positif dari make up, aku juga akan kasih tahu beberapa hal yang harus diperhatiin
• Setelah kamu setiap hari bermake up, pasti kamu akan punya perasaan nggak percaya diri saat kamu nggak pake make up. Jangan pernah andalkan make up sebagai standard keberhargaanmu ya. You're still precious and pretty with or without makeup. Ga ada salahnya, kalau kamu keluar rumah tanpa makeup kok. Yang penting tetep bersih, rapi dan tentunya nyaman dengan dirimu sendiri. 
Bermake-up harus sesuai kepribadian kamu. Cari inspirasi boleh, tapi jangan sampai ikut-ikutin gaya orang lain. Just be yourself  ^^
Don't get too addictive. Yes, saat kamu menerima pujian, wajar banget kalo ada perasaan pengen dipuji lebih banyak lagi. Tapi bukan berarti kita menuntut untuk lebih dan lebih cantik lagi sampai menjalani operasi plastik. Girls, ga akan pernah ada kata cukup. Jangan lupa, kalau cantik itu selalu dimulai dari dalam bukan dari luar
• Jangan beli peralatan make up yang tidak akan pernah kita pakai atau bahkan peralatan make up yang mahal yang sebetulnya kita nggak mampu beli sampai harus menghutang. Be wise to spend your money :)
• Semakin bertambahnya usia, ada baiknya bila tidak menggunakan make up berlebihan
Gunakan make up sesuai dengan moment yang pas, jangan berias seperti mau ke clubbing saat ada interview kerja :P

• Setelah seharian ber-makeup, membersihkan wajah pas malamnya is a must! Cuci muka yang bersih, atau tambah pake toner juga, dan jangan lupa apply cream malam. Wajah yang kotor bikin muka jadi jerawatan dan menimbulkan masalah kulit lainnya.


Kesimpulan :
Pasti sering banget kan kita ketemu dengan cewek yang cantik, tapi banyak dari mereka yang hatinya nggak secantik penampilannya, sehingga bikin kita nggak betah lama-lama dengan mereka.

Dan pernah juga kan ketemu cewek yang biasa aja, tapi hatinya cantik banget. It's like everybody wants to be her friend

Jadi, kenapa kita nggak coba untuk menjadi cantik luar dan dalam?
 That Would Be Perfect :D



Sebagai penutup, kupasang fotoku dengan berbagai macam jenis make upPer



The cute one




The colourful one

The mature one



The ethnic one

The simple one
 

 The sexy one

 dan di akhir foto kupasang wajahku tanpa make up



 (Ini foto waktu bangun tidur dan lagi sarapan pagi waktu liburan :P)


Tanpa make up sering banget orang-orang mengira kalo aku masih anak kuliahan ^.^ LOL


What's your make up story?

11 komentar:

  1. nice artikel, ahahahha aku kalo pergi pasti make up, tapi kalo malem biasanya ngga, kcuali kondangan atau ada acara khusus. aku gak suka kalo malem2 pake make up, ksian muka >.<

    BalasHapus
  2. really looooveeee the mature look saii..
    cantikk..:D

    tp aslinya no make up udah cantik banget sih yaa...
    hahahaha

    http://severuslove.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. @cominica aku juga kalo pas malem ato pergi2 santai gitu ga make upan, ho ohhh, biar kasi napas ke muka kita juga, hehehe


    @severuslovez, hihihi makasi yahh

    BalasHapus
  4. cantik ^^
    aku suka FOTD yang simple itu..
    gambar before after yang dari majalah juga bagus hasilnya :D

    BalasHapus
  5. @Dilla thank your for your nice comment^^

    BalasHapus
  6. boleh kan kalu saiia plih yg the sexy one.. apa karena yang laen gag pejamin mata iia..?!?! hhmm :p

    http://www.psholic.com/2011/01/james-ponds.html

    BalasHapus
  7. such an informative post <3
    buatku sendiri aku jarang banget pake make up di real life, cuman pake sunblock sehari2 soalnya kesian kulitnya hehe

    BalasHapus
  8. I love make up!! really make drastic changes to my face(:

    Love your blog!;D

    Cheers,
    Dreamy Princess

    BalasHapus
  9. wah sis, baca postmu bikin aku jadi inget pas masih jaman SMA dl dan masih buta soal make up.tp semenjak kenal sama temen sekelasku yg freak make up, mulai penasaran buat belajar deh~ akhirnya aku sampe bisa juga dandanin temen2ku ke promnite sekolah (dulu) hehe~semua gara2 ditularin temenku, menikamti banget prosesnya dari mulai belajar sendiri sampe udah lumayan bisa dan ketagihan...sampai sekarang haha. But yup, kecantikan dari dalam lebih penting dibandung dempul luar doang tapi attitude jelek :)
    love ur blog sooo much ^^

    BalasHapus
  10. Ga pake make up aja km udah cantik dear :)
    Kalo aku lebih suka make up yg natural, lebih ke ulzzang makeup gitu :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...