ShareThis

Kamis, 15 Maret 2012

Beauty Talk!

Banyak banget yang tanya tentang produk apa yang bisa bikin kulit kenyal, putih dan mulus. Dan rata-rata semua mau yang hasilnya kelihatan dalam satu kali pemakaian. Memang aku pernah cobain beberapa skincare yang bagus banget. Dalam satu malam saja, keesokan paginya kulitku langsung terasa bedanya.

Tapi percaya deh, nothing comes easy. And if it does, it's not worth it. Begitu juga dengan perawatan kulit. Tidak ada skincare yang dalam satu kali pakai bisa bikin kulit kita terlihat mulus sampai 50 tahun mendatang. Butuh waktu dan investasi buat kulit kita terlihat indah dan terawat, bahkan sampai kita tua nanti.


Banyak cara untuk merawat kulit kita, mulai dari gaya hidup, makanan yang kita konsumsi dan salah satunya termasuk memakai produk perawatan kulit. Aku pengen menjelaskan basic produk perawatan kulit dan make up apa yang kita butuhkan. Setiap jenis kulit punya kebutuhan dan kecocokan yang berbeda-beda. Kamu harus kenali apa tipe kulitmu, dan cari produk perawatan kulit yang paling sesuai. Nggak harus mahal, tapi at least cari yang kualitasnya bagus dan terjamin. ^^

Agak sulit kalau aku ditanya produk perawatan apa yang paling bagus. Karena apa yang cocok buatku belum tentu cocok buatmu. Bahkan prinsip Money don't lie terkadang tidak bisa diandalkan.

Skincare (urutan produk berdasarkan urutan pemakaian)
1. Cleansing
Sewaktu aku masih remaja dulu, untuk membersihkan muka cukup hanya dengan cleansing foam atau sabun cuci muka. (klik di sini untuk cara mencuci muka yang benar).

 

Tetapi sekarang, karena aku sudah memakai make-up dan bb cream. Sebelum menggunakan cleansing foam aku menggunakan cleansing oil lagi. 

Kose Softymo Cleansing Oil. Cara pakai: pijat lembut ke wajah dalam keadaan kering, lalu bilas dengn menggunakan cleansing foam.


2. Toner
Toner sendiri ada dua jenis macamnya.
Pertama toner untuk membersihkan, mengangkat sisa-sisa kotoran yang tidak ikut terangkat saat mencuci muka. Tipe ini digunakan dengan kapas.

Mustika Whitening Bengkoang (toner pembersih dan penyegar)

Kedua, ini tipe toner yang lebih banyak ada di skincare Korea. Untuk membuka pori-pori dan mempersiapkan kulit sebelum menerima skincare (supaya hasilnya lebih maksimal). Biasanya yang tipe  ini berbentuk cairan. Sering disebut dengan refiner, toner, fluid, dan lain lain.

Sedangkan di Jepang toner sering disebut Lotion, maka itu Hadalabo Super Hyaluronic Acid Moisturizing Lotion itu adalah toner bukan pelembab.

Cara pakai: tuangkan cairan ke tangan atau kapas, tepukan ke wajah secara merata. Biarkan kering sekitar 10-15 detik. Sebelum menggunakan toner, pastikan wajahmu sudah bersih dari sisa-sisa make-up.

BRTC Aqua Rush Fluid, toner untuk kulit kering

3. Serum/ Essence/ Ampoule
Serum biasanya hanya digunakan pada malam hari. Serum bertekstur lebih ringan dari moisturiser tapi konsentrasi nutrisinya jauh lebih tinggi. Tipe serum ada yang bermacam-macam. Untuk mencerahkan, melembabkan, anti aging, kulit berjerawat dan lain-lain. Cari yang fungsinya kamu butuhkan.

Cara pakai: Tuangkan sedikit ke telapak tangan, dan tepuk perlahan ke wajah. Tutup wajahmu sekitar 20-30 detik supaya menyerap.

Skinfood Peach Sake Pore Serum, serum untuk kulit berminyak can mengencangkan pori-pori


BRTC Vitalizer C Ampoule, untuk mencerahkan kulit

4. Moisturiser
Ini salah satu produk wajib untuk merawat kulit, apapun tipe kulit mukamu. Kalau kamu malas pakai serum dan lain lain, at least gunakan moisturiser :)
Istilah moisturiser sekarang semakin dikembangkan. Ada gel, cream, emulsion dan lain-lain
Moisturiser dalam bentuk cream biasanya cenderung untuk kulit kering. Karena teksturnya creamy dan agak lengket.
Emulsion/gel adalah moisturiser dengan tekstur yang ringan, cocok untuk kulit berminyak atau yang tinggal di daerah panas.


Kamu bisa pilih salah satu jenis moisturiser yang cocok dengan tipe kulitmu.

Tapi biasanya untuk skincare set korea atau orang korea sendiri, mereka memakai layering produk dari toner, serum, emulsion, essence dilanjutkan dengan cream. Hasilnya voilaa, kulit mereka halus banget. See! Memang untuk dapet kulit bagus butuh perjuangan. Tapi menurutku sendiri, kita tidak perlu melayer produk sebanyak itu, sesuai dengan jenis kebutuhan kulit saja.

BRTC Vitalizer C Set


Beberapa perawatan kulit lainnya:
1. Peeling Care
Produk peeling ini biasanya cukup digunakan seminggu sekali. Fungsinya mengangkat sel kulit mati dan sisa kotoran-kotoran. Mencerahkan tapi bukan memutihkan. Karena fungsinya hanya mengangkat kotoran yang bikin wajah kita kusam. Peeling ini juga supaya skincare yang diaplikasikan ke wajah jadi lebih maksimal (tidak terhalang kotoran)



2. Masker
Masker terdiri dari berbagai macam tipe. Mulai dari mask sheet (untuk satu kali pakai), peel off, wash off, dll. Dipakai seminggu, 2-3x sebagai perawatan tambahan. Fungsi dari masker pun bermacam-macam, cari masker sesuai kebutuhan kulitmu^^


3. Sleeping Pack
Metabolisme kulit kita terjadi saat kita tertidur nyenyak. Hal ini meningkatkan pembentukan dan mengurangi kerusakan protein. Dan proses "Beauty Sleep" hanya terjadi saat  malam hari. Kamu tidak bisa menggantikannya dengan tidur di siang hari. Makanya kenapa yang tidur cukup wajahnya jauh lebih segar dibandingkan yang kurang tidur. Nah, sleeping pack ini membantu proses alami tersebut supaya lebih maksimal. Digunakan malam hari sebelum tidur, dibilas waktu pagi hari. Cukup seminggu 2-3kali.


4. Eye Cream/Serum

Untuk mencegah keriput atau kantung mata. Sebenernya eye cream ini salah satu perawatan dasar yang harus digunakan. Karena keriput itu sering pertama kalinya muncul di area mata dan bagian leher (karena itu saat memakai produk perawatan, lehermu jangan sampai dilupakan ^^)

Urutan jenis perawatan di atas bisa berubah-rubah, biasanya tiap brand punya aturan pemakaian mereka sendiri. Post ini cuma untuk menjelaskan secara garis besar.

Produk perawatan kulit menurutku juga tidak perlu satu brand. Tidak masalah menggabungkan beberapa brand sekaligus. :)

Kami sendiri sampai saat ini belum menemukan skincare tetap. Jadi kalau ditanya menggunakan apa, produk yang kami gunakan seringkali berubah-rubah.

Please note, keterangan ini kita dapatkan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan kita.
Kalau kamu punya pengalaman ataupun pendapat lain, jangan lupa just share with us ^^ 

71 komentar:

  1. Mkasih buat artikelnya~ emang skin care itu penting banget, lbih penting dr make up :)

    BalasHapus
  2. Makasih udah sharing tentang skin care nya say..
    aku biasanya cuman cuci muka (ngasal) trus langsung pake sunblock..
    -___-
    dengan baca artikel ini, aku bisa lebih ngerawat muka ku lebih baik..

    thanks for sharing :3

    http://swankalishious.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 ^^ thanks uda komen juga ya :)

      Hapus
  3. thanx buat sharingnya, jarang2 nemu yg selengkap ini dalam bahasa Indo lagii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah, dulu pas awal-awal ga ngerti, kita juga kebingungan nyari posting tentang skincare. Makanya muncul ide buat ngebahas ini. Hope it helps ^^

      Hapus
  4. jadi cewek memang ribet tapi ribet yg nyenengin soalnya kecantikan memang harus dijaga, moto hidupku adalah beauty is expensive hohohohohoho....thx sharingnya sis, good posting!!

    BalasHapus
  5. beberapa skin care yang disebutin tadi udah aku coba, dan its working, tapiii dalam waktu yg berkala, dan pemakaian teratur <3

    BalasHapus
  6. <3 <3 <3 BRTC vitalizer ampoule~!

    BalasHapus
  7. oww, baru tau gunanya sleeping pack. Itu dipake bareng sama serum gt boleh?

    biasanya kalo malem aku pake cream dari dokter sih..

    thanks for sharing sist :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku biasanya pake serum, krim malem dll jam 6-7 malem, terus 10 menitan sebelum tidur baru pakai sleeping pack, biasanya tidurnya jam 10-11an.

      kalo sama obat dokter kurang tau, mungkin ada baiknya konsultasi ke dokternya langsung...hehe

      Hapus
    2. sis, sebelum pakai sleeping pack cuci muka lagi ato langsung ditimpa krim malamnya?

      thx before

      Hapus
  8. Aku toner pake 2-2nya, hahaha satunya dari L'Oreal, pas udah pake ditambah pake HL arbutin lotion. Gpp ga sih gitu itu? Abisnya kalo pake HL doang berasa kurang seger :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga suka pake dua-duanya...hehe :D

      Hapus
  9. Nice post :)

    Keseringan mantengin make up jadi kurang peduli ama skincare, giliran jerawatan baru deh kencengin perawatan. Kudu diubah nih bad habit kaya gini >.<

    BalasHapus
  10. thanks atas postingnya... penting banget nih :)
    tapi ada yg kurang deh.. Sunscreen!! Itu penting juga dalam skin care hehee :)

    BalasHapus
  11. wow.. informasinya berguna sekali..
    sis aku mw tanya, cleansing oil sama make up remover fungsinya sama tidak?
    klo sehari-hari cm pakek pelembab + bb cream + pensil alis, cukup ga klo bersihinnya pkk make up remover + cleanser ?
    thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. cleansing oil utk bersihin seluruh wajah, termasuk mata dan bibir. Jadi cara pakenya tuang cleansing oil di tangan (tanpa dicampur air) terus gosok ke muka, termasuk area mata dan bibir, nanti semua make up pada luntur. Terus terakhir bilas pake air :)

      Kalo make up remover biasanya khusus di bibir dan mata aja terus musti pake kapas.^^

      buat tes muka udah bersih apa nggak, nanti stelah cuci muka dari make up, coba ambil kapas dituang toner terus lap ke muka. Kalo di kapas masih banyak bekas sisa make up berarti belum bersih ^^

      Hapus
    2. okey! thank you sist! :)

      Hapus
    3. sist aiNi pernah coba BRTC blemish cleanser ga? pgn tau nih bagus ga ngebersihin ky BB cream & wtrproof makeup? makasih :)

      Hapus
  12. Lengkap banget deh infonyaa XD Sekarang aku jadi tau gimana caranya ngerawat kulit yang bener, makasih yaaa
    Blog-nya juga inspirational banget :)

    BalasHapus
  13. sis sy br nemuin blog ini & menurut sy blognya keren ;)
    mau tny donk, kalo sblm pk BB cream apakh sebaiknya pk dl moisturizer? selama ini sy suka lgs pk BB cream krn klo pk mostrz dulu suka jd ky topeng BB creamnya ga bs rata >.< saran pls. thanks yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh pake moisturizer boleh nggak sis, tergantung kebutuhan kulit masing-masing orang. Kalo merasa setelah pakai moisturizer malah buat bb cream nggak rata, boleh di skip aja moisturizer. Langsung pakai bb creamnya aja^^

      Hapus
  14. semenjak tau dan baca blog ini,jadi bener-bener mau ngerawat kulit lebih bener lagi hihihi,karna biasanya cuma facial foam trus kalo malam pake cream malam aja.
    nah kalo yang biasanya pake cream malam baiknya dipakai sesudah/sebelum apa?
    info yang diatas itu untuk perawatan malam kan ya?o.O

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu aku juga gitu, tapi kalo krim doang kurang maksimal buat perawatan. Muka rasanya masih keset kalo nggak pake serum dan essence. Soalnya kalo krim itu kayaknya cuma nempel di kulit paling atas. Sedangkan kalo untuk mendapatkan kulit yang halus kan harus perawatan dari kulit yang dalemnya juga. Maka itu serum dan essence wajib^^ krim dipakai paling akhir dalam perawatan

      Hapus
  15. I really love ur blog. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  16. suka deh sm blogny.. informasi perawatan kulitnya lengkap ^^
    oia, share donk sist buat wajah yg punya pori2 besar, bagusny pake produk apa yaa... thank u ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa coba skinfood peach sake serum sis atau brtc pore tightening^^

      Hapus
  17. sis, gimana caranya bedain dua macam Toner itu (yang untuk membersihkan, mengangkat sisa-sisa kotoran dan yang Untuk membuka pori-pori dan mempersiapkan kulit sebelum menerima skincare)?
    Keduanya kan sama2 bentuk cair dan diapplikasikan pakai kapas?
    thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya di deskripsi produk toner ada tulis sis^^

      Hapus
  18. Sis mau nanya ni..
    Muka ku berjerawat..
    trus ad bolong2 n item2 bekas jerawat n blm hilang pdhal udah lama..
    kira2 sis tau gk skin care yg baik buat mslah aq ni..
    tipe kulit berminyak..
    n aq jg pngen kulit ku cerah n tekstur jg bgus..
    hehehe
    maaf sis.. mank muka ku bermaslah bgt..
    gara2 pke bedak pemutih gak jlas dlu makanya mukaku hancur gni..
    tlg ya sis..
    Nice post bgt dsni infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bolong-bolong sih kayaknya nggak bisa ilang >.<, tapi kalo bekas jerawat masih ada kemungkinan bisa ilang.

      Coba perawatan yang rajin aja sis pasti lebih keliatan hasilnya^^

      Untuk bekas jerawat biasanya aku pake vitalizer c ampul itu membantu banget sama Dewytree calming balm:)

      Hapus
  19. sist kulitku kusam dan warna kulit gak rata, gak mulus . pakek apa ya biar bisa cerah . belinya di mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rajin perawatan aja sis^^ Merk apa aja asal sista cocok sebetulnya :) saran kita sulwhasoo, bisa cek di mylovelysister.com

      Hapus
  20. sist mau tanya,
    kalo merawat wajah dari pagi sampe malam hari stepnya apa aja yaa?
    soalnya aq ga pernah make up atau ngerawat wajah pake kosmetik dll..
    kulit aq jadi aga keriput atau kering sist.. tapi kadang berminyak dan jerawat sist.. gmana solusinya yaa? mohon dijelaskan step2nya yaa sist,, makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk yang plg simple pagi malam pake toner-essence-krim. Gitu aja sis nggak repot dan nggak ribet kok^^

      Hapus
  21. sist,mau tanya..skincare yang cocok untuk menghilangkan scar apa yah?

    BalasHapus
  22. sis kalo pelembab yang kayak air itu lohhh yang biasa dipake pas di drama korea itulohh, kayak SK-II tapi merek selain SK-II yang setipe itu apa aja ya sist ? trus itu bagus gak kalo dipake tiap hari :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang nonton film korea sis hehe... mungkin sulwhasoo kali ya sis. kalo perawatan memang harus dipake tiap hari baru keliatan hasilnya^^

      Hapus
  23. thanks ya sis share-anny :)
    telat banget aq tau skincare routineny, ud tua gini T_T
    lagi nyari exfoliator en toner untuk kulit normal, bisa rekomen nda sis :)

    @Lovi
    maksudny FTE ya (Facial Treatment Essence) bisa coba merek Hadalabo
    kok, disini kan juga ada review-ny :)
    tapi sekarang ad koq yang juak SKII FTE yang versi 10 ml, tahan
    untuk 1 bln-an kok ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Lyna exfoliator maksudnya untuk sel kulit mati? Peeling pake dr CHuk2 aja sis :D kalo toner kita sukanya pake Dewytree hehe^^

      Hapus
  24. ai ni, aku mau tanya nih, selama ini aku pake produk body shop, gabungan nutriganics pre serum, serum shiso, krim malam shiso, trskrim mata vit c. baru pake blm ada sebulan sih, memang kulit jadi lebih halus dan kenyal, tp kok tekstur masih agak kasar ya?

    kulit ku ini dulu jerawatan waktu SMA, jd pori2 nya skrg besar, trs di jidat teksturnya gk rata, ya tipe kulit yg agak bermasalah gitu lah, cm jerawatnya skrg udh gk ada.

    nah yg mau kutanyain, apa produk body shop yg kupake itu kurang berhasil atau aku makenya kurang lama?
    trs klo dr pengalaman km soal skincare, apa aku harus teruskan pemakaian body shop ini? apa memang butuh waktu agak lama? atau ada rekomen produk lain yg lebih bagus? kalo pake sulwhasoo atau whoo bagusnya yg line apa?

    tlg dibantu ya sist, tks,

    BalasHapus
    Balasan
    1. perawatan memang butuh waktu yang nggak cepet, tergantung jenis kulit masing-masing. Tapi Kalo kamu ngerasa produk yang sekarang kamu pake kurang mempan coba ganti produk lain aja :D

      Hapus
  25. Wah sizta mksi bgt nih info nya,jd semangat buat ngerawat muka nih ^^.
    Skrg aq lg cb innisfree jejubija anti trouble 4kit(isinya fcl foam+toner+lotion+essence acne),coz lg jerawatan bgt nihhh...hiks.. :(
    Mudah"an aja aq cck ya dgn skincare ini ya,krna bb cream nya aq uda pk n cck!

    BalasHapus
  26. sist, pakai night cream apa?
    aq brencana brhenti pakai night cream dri dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah dibahas di post ini sis skincare mukaku :)
      http://my-lovely-sister.blogspot.com/2013/05/mondays-love-pick-history-of-whoo.html?showComment=1370777342526#c4118327055256621169

      Hapus
  27. sis , bedanya peeling mist sama mist biasa apa ya ? terus bagus mana ineesfree jeju volcanic pore clay mask atau ineesfree red ginseng mask ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo peeling sih setauku untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada wajah sis^^ kalo facial mist biasanya untuk melembabkan, mencerahkan, dan memberikan kesegaran pada wajah :D

      Hapus
    2. masker innisfree volcanic pore clay mask utk mengkontrol minyak, kalo red ginseng untuk melembabkan.:D tergantung kulit sista berminyak atau kering hehe

      Hapus
  28. ouwh ternyata sleeping pack cuma boleh dipake 2-3x seminggu ya :(
    lagi seneng banget pake sul overnight vitalizing mask niey karena bikin jerewiku kempesss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalo muka lagi kering dan bermasalah boleh dipake setiap malam hehe

      Hapus
  29. sis, kalo laneige cocok gak dipake sama umur 18tahun?

    BalasHapus
  30. sist..tolong jelasin dong ttg masker..kyk peel off,mask sheet,dll..abisan bingung ap bedanya n brp kali dgunain slama seminggu..truz klo mw dgunain urutanny apaan aj plus dgabungin sama urutan skin care harian..sory y panjang..makasih sis..

    BalasHapus
  31. Sis mau nanya bole?

    BalasHapus
  32. Sis,gimana cara urutan pemakaian yg bener untuk lotion,toner,fte sk2,moisturizer,serum whitening,astrigent thanks ya sis atas infonya

    BalasHapus
  33. untuk remaja boleh tidak menggunakan cleansing milk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sai, mo nanya nih.. bagusan mana penggunaan primer dlu baru bb cream atau pelembab baru bb cream? thx hehe

      Hapus
  34. peach sake pore serum pake d mlam hari sebelum tidur bisa say?

    BalasHapus
  35. hi sis, mau tanya nih..
    aku dapet krim dari dokter: krim pagi+sunblock, sama krim malem.
    kalo udah dapet 2 krim ini, masih boleh pake serum sama moisturizer nggak ya?
    kalo boleh, krim dari dokter itu dipake setelah apa? setelah mosturizer? apa setelah toner?
    satu lagi, setelah bangun tidur, biasanya aku langsung bersihin muka pake cleanser+toner. setelah itu mandi tanpa facial wash. yg kaya gini, bener nggak sih? apa harus mandi+facial wash dulu, baru pake cleanser dkk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekedar mau share aja. Saya jg pake krim malam & sunblock dari dokter, beserta acne gel racikan dokternya. Saya memang tidak diberikan krim pagi, dan sebelumnya hanya pake sunblock untuk perawatan siang hari. Namun hasilnya ternyata kurang memuaskan, meskipun memang jerawat saya berkurang jauh dan tekstur kulit yg membaik selama 6 bulan terakhir.
      Sekedar info, selain blemish/acne prone (mudah berjerawat) dengan jenis kulit kombinasi, saya juga memiliki tipe kulit sensitif yg sangat mudah teriritasi & memicu reaksi alergi. Contohnya saya punya alergi terhadap salicylic acid (kandungan yg sangat sering digunakan & ampuh bagi kebanyakan orang untuk mengatasi problem jerawat). Sehingga dokter saya pun tidak berani memberikan yg macam2 kecuali untuk mengatasi jerawat dan meningkatkan kompleksi secara keseluruhan.
      Karena itu saya mencoba untuk memberanikan diri & membeli moisturizer, serum dan toner secara independen. Berikut ini regime saya yang cukup berhasil untuk jenis kulit saya:
      Setelah mencuci wajah seperti biasa dengan pembersih yg lembut, saya menggunakan toner dan menunggu sekitar 3 menit untuk aplikasi serum selanjutnya. Untuk penggunaan moisturizer di siang hari sebelum sunblock dengan jeda 10-15 menit. (Sekali lagi, saya tidak menggunakan krim pagi atau krim dokter pada siang hari)
      Regime di malam hari, saya melakukan double cleansing dengan facial oil cleanser, dilanjutkan dengan facial wash yg sama seperti pagi hari pada saat mandi. Diulang lagi untuk penggunaan toner nya. Selang 3 menit, saya menggunakan serum dan 15 menit kemudian memakai krim malam, dan yang terakhir menggunakan pelembab khusus mata.
      Toner yg saya gunakan bukan untuk membershikan, melainkan untuk mempersiapkan penggunaan serum sekaligus mengeksfoliasi sel-sel kulit mati.
      Buat saya, yg terpenting adalah melakukan cleansing dan perawatan skin care yg bertahap itu di pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur, bukan tergantung waktu mandi.
      Semoga membantu ^^

      Hapus
  36. sis mau tanya nih. aku baru mau perawatan produk intevia bener gak urutan pemakaiannya toner-essence-emulsion-cream ?trs kalo perawatan gt sehari dilakukan apa hanya tiap pagi dan malam hari?oya sekalin tanya pemakaian emulsion yg bnar bagaimana ya?thnks^^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...