ShareThis

Rabu, 03 April 2013

10 Kesalahan dalam Blog yang membuat sepi pengunjung

Sebelumnya kita mau cerita kalo blog ini udah dibuat dari tahun 2010, tapi nggak pernah di publish (dipasang private) sampai sekitar bulan Mei 2011. Jadi kita aktif ngeblog udah sekitar dua tahun dari Mei 2011 sampai April 2013.

Kita udah sering bilang dan nggak akan bosen-bosen bilang yang paling bikin kita seneng dan terus semangat adalah saat menerima message dari pembaca yang mengatakan kalo blog ini sangat menginspirasi. Menurut kita ini adalah reward paling besar dan penting buat kita dibandingkan follower yang banyak. Walaupun begitu kita juga seneng dengan jumlah follower kita yang sudah mencapai 700 lebih dan statistik kita yang sudah hampir 8000 pageviews perharinya. Total page views kita sampai saat ini sudah mencapai 1.800.000 lebih. Makasih semuanya yang udah mampir ke blog ini^^

Di awal-awal kita ngeblog memang semangat, tapi ada satu titik yang kayaknya blog kita kok nggak berkembang dan stuck. Padahal kita udah berusaha keras dan serajin mungkin buat post yang menurut kita bagus tapi sayangnya tetep aja follower kita cuma 2-3 orang waktu itu hehe. Kalo ada satu follower aja yang nambah rasanya udah berbunga-bunga. Tapi kalo ada yang unfollow rasanya menyedihkan :P
Page view-nya juga cuma puluhan orang per hari. Dan kita pikir page view itu juga dari kita sendiri yang suka mampir ke blog ini *.* haha

Maka itu kita mau bagiin pengalaman kita selama 2 tahun ini, 10 kesalahan yang pernah kita lakuin dan blog lain lakuin yang menurut kita bikin sepi pengunjung.
----------------------------------------------------------------------

Kalo kamu salah satunya yang merasa blognya nggak nambah-nambah jumlah pengunjungnya coba cek post ini, walaupun hanya tips yang kelihatannya mudah tapi apabila benar-benar dilakukan akan sangat membawa perbedaan karena kita sudah menerapkannya sendiri^^ Been there done that :

1. Gambar terlalu kecil
Dulu kita selalu pasang gambar yang kecil banget dengan resolusi yang rendah, tulisannya sama sekali nggak terlihat. Gambar kecil bikin mata orang capek, liat gambarnya nggak puas dan nggak jelas.

 Bandingkan dengan gambar yang lebar ini, lebih enak diliat kan.^^

2. Gambar nggak jelas sama sekali
Ini merupakan gambar perbedaan blog post kita di post ini (post di awal-awal kita nge-blog). Sama sekali nggak bisa dibedain warnanya karena kita foto di cahaya yang terlalu gelap. Pasti yang baca juga males kalo gambarnya burem begitu dan perbedaanya sama sekali nggak terlihat.
Seharusnya foto dengan cahaya terang di bawah matahari atau lampu yang terang agar bisa mendapatkan gambar yang jelas dan detail.

3. Gambarnya nggak sejajar
Kita dapet tips ini dari sini dan waktu dipraktekan ternyata bener banget gambar yang sejajar bikin blog enak dibaca dan rapi.

4. Gambarnya gelap
Walaupun gambar kanan dan kiri sama, tapi saat kita meluangkan waktu untuk mengatur brightness maka gambar akan lebih terang dan enak dilihat.

5. Isinya cuma copy paste aja. 
Misalnya dalam buat artikel tentang bagaimana cara membuat wajah bebas jerawat
Type yang isinya copy paste :
Tips wajah bebas jerawat
1. Mulailah untuk hidup sehat, seperti rajin olahraga, tidur teratur, makan 4 sehat 5 sempurna, dan hindari stres
2. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit
3. Batasi makanan berlemak yang dapat memicu timbulnya jerawat
4. Bersihkan wajah maksimal 2 kali sehari agar wajah bersih terawat

Blog dengan isi copy paste biasanya cuma memberikan info dari sumber-sumber lain yang digabungkan, kadang-kadang nggak memberikan solusi hanya informasi saja, infonya sering udah jadul kayak baca buku text book waktu duduk di bangku sekolah. Maka itu kenapa blog yang bercerita tentang pengalaman sendiri jauh lebih disukai.

Kita butuh sesuatu yang bisa bener-bener dipraktekan. Dari orang biasa (bukan artis, bukan model iklan) yang berbagi tips tentang kehidupan sehari-hari yang bisa dipraktekan. Bagi cerita di blog kamu secara jujur dan cerita apa adanya, orang biasanya akan tertarik untuk membaca isi post kamu lebih banyak dan tanpa kamu paksa-paksa suruh follow blog kamu, mereka akan follow sendiri^^

5. Isinya bikin pembaca emosi bukan dapet solusi
Gw pokokny emosi bgt sama bos g, buset deh tiap ari.... tiap hari!!! LO bayanginnnn Gw diomelin terus. Apa loe gak marah kalo diperlakuin gini terus, nggak kesel? Gw males liat mukanya.

Bandingkan dengan blog yang isinya ini :
Memang setiap hari aku harus menghadapi Bos di kantor yang galak banget, kalo lihat mukanya aja rekan-rekan sekantor langsung manyun. Akhirnya aku memutuskan daripada setiap pagi berangkat kerja dengan hati nggak enak, aku minta resign dengan Bos-ku itu. Sudah sejak lama aku ingin membuka usaha sendiri, walaupun dengan modal yang masih sedikit aku yakin selama ada kemauan pasti ada jalan. 

Kalo kamu mau menceritakan masalah beri solusi. Kita mampir ke blog buat ngelepasin hari yang melelahkan, kalo baca blog yang isinya omelan dan keluhan hidup bisa bikin hidup tambah berat. :P

6. Nama blog yang susah diinget
Dulu kita pernah buat kesalahan dengan buat nama blog My Sister's Wardrobe. Susah banget namanya, kalo ditanya orang juga jawabnya lidahnya musti kebelit dulu dan orang yang nanya langsung ngomong : Apa--- My sister? :P
Uh repot banget punya nama susah, akhirnya kita ganti pakai nama My Lovely Sister, lebih gampang diinget dan kalo ditanya orang juga enak jawabnya. XD

7. Textnya susah dibaca.
Font yang keriting-keriting susah dibaca ditambah background yang warnanya bikin mata pusing atau background yang bergambar.
Contoh blog yang susah dibaca :
Kalo liat blog yang susah dibaca begini pasti pembaca langsung kabur deh. 

8. Meminta orang lain untuk memfollow blog kita
Dari pengalaman nulis blog, banyak banget blogger-blogger yang cerita kalo mereka paling nggak suka  terima komen :
• Follow aku ya (terus kasih link balik ke blognya).
• Follow aku dulu ya, nanti aku follow balik kamu.

Walaupun ini bukan masalah besar buat kita, tapi ternyata banyak blogger yang nggak suka dengan komen yang seperti 'spam' itu.
Perbuatan itu sebenernya agak kurang sopan di dunia blogger, apalagi blog yang kamu minta follow udah lebih terkenal daripada blog-mu sendiri.

Kalo kalian pengen mengkomentari blog orang lain, tulislah komentar yang yang lebih sopan, seperti : Hi blogmu sangat menginspirasi ya. Terus kamu bisa kasi link back blog kamu (tanpa perlu kata follow aku ya).

Sebetulnya nggak usah repot-repot maksain diri blog walking sana-sini untuk meminta orang lain follow blog kita. Follower banyak tapi statistik pengunjung yang dateng ke blog sedikit sebenernya nggak terlalu efisien juga. Blog dengan isi bermutu dan menginspirasi pasti akan memanggil pengunjung datang sendiri.

9. Jarang diupdate
Buat kamu yang pengen serius menekuni dunia blog ini, kamu harus komitmen. Tulis minimal seminggu sekali. Jangan udah berbulan-bulan nggak nulis terus baru nulis satu post, kemudian nggak nulis lagi. Pembaca akan lupa sama blog kamu yang jarang di update itu^^

10. Merasa puas dengan blognya
Ada seorang pelukis yang membuat sebuah lukisan indahnya luar biasa, semua orang kagum dengan lukisannya. Bahkan saat dia menunjukkan lukisan tersebut ke gurunya, gurunya pun ikut kagum dan bangga dengan lukisan muridnya ini. Karena si pelukis senang luar biasa dengan pujian dari orang-orang dan gurunya, maka itu pelukis ini menggantung lukisannya di rumahnya, sejak hari itu dia nggak pernah melukis lagi dan setiap hari setelah bangun tidur dia hanya mengagumi lukisannya sendiri. Kejadian ini berlangsung berbulan-bulan.

Suatu hari si guru yang melihat perilaku muridnya ini merobek lukisan mahakarya si pelukis tersebut. Si pelukis marah kepada gurunya, tapi Sang Guru berkata, kurobek lukisan ini agar kamu melukis yang lebih baik lagi daripada yang telah aku robek ini.

Merasa puas dengan kerja keras kita dalam membuat blog memang penting dan wajib. Tapi hati-hati saat blog mulai berkembang, dan pengunjung datang bekali-kali lipat akan timbul suatu rasa puas diri yang berlebihan dan ini sangat berbahaya (kita pernah ada di posisi ini). Saat kita puas dengan blog kita, kita nggak akan berusaha memperbaiki blog kita agar lebih sempurna dan baik lagi.

Belajar dari pengalaman, sekarang kita punya kebiasaan melihat blog dan post-post yang kita suka untuk memberikan inspirasi kita agar terus maju. Kita sering 'ngeluh' ke diri kita sendiri dan kadang ke nyokap :P 'Haiz, mami kenapa sih blog kita jelek banget dibandingkan blog orang lain.' Nyokap  jawab jangan bandingin dengan orang lain. Tapi menurut kita justru dengan 'membandingkan' dengan orang lain kita akan lebih maju dan berkembang. Kita jadi tau dengan jelas kekurangan kita dibandingkan blog orang lain yang lebih profesional dibandingkan kita.

Tapi hati-hati membandingkan diri dengan blog orang lain sangat perlu dilakukan dengan lapang dada, maksudnya di sini jangan membandingkan dengan iri hati. Sangat tipis bedanya membandingkan dengan rasa iri hati dan membandingkan untuk membuat kita maju. Anggep aja blog yang keren-keren kita adalah guru kita yang mengajar kita agar blog kita lebih baik lagi. Hehe...

Kita punya link khusus untuk inspirasi blog dan post yang kita kagumi luar biasa XD :
• Edisi bulanan Click Click Click 

-----------------------------------------------------------------------------------------------
Apabila udah terapin semua tips di atas pasti pembaca dateng sendiri.
Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu para penulis blog pemula atau kamu yang tertarik untuk nulis blog juga. Buat temen-temen yang punya pengalaman dalam kesalahan menulis blog yang belum ada di atas langsung di sharing ya di comment^^ kita juga butuh denger masukan dari temen-temen lain XD

Kalo kamu suka dengan post ini, kita juga pernah menulis post agar tetap kreatif dalam ngeblog di sini.

Good luck :)


Jangan lupa cek juga :D
Tips untuk blogging
10 kesalah dalam blog yang membuat pengunjung sepi
Tips kehabisan ide ngeblog

62 komentar:

Devi Anviana Putri mengatakan...

super sekali =D
Terimakasih Tipsnya :)

Lyne mengatakan...

no.8 paling bener tuh c ^^
rada annoying kalau udah ngomongnya aku udah follow kamu, folback aku yaaa
ada yang suka komennya ngalur ngidul ga sesuai post karena pingin minta difollow aja >.<

Anonim mengatakan...

jadi kepengen nge-blog lagi huwaaa...tapi tugas akhir menanti...but keep it writing yah mylovelysister..^_^..diriq meski newcomer tapi mayan demen baca2 reviewnya...thankiss...

Mariani Lo mengatakan...

Nice post dear :D

Selvia Sari mengatakan...

Buat personal blog nomor 8 sampai 10 itu 'tepat sasaran' banget :))

winda mengatakan...

bagus banget :) seneng sama tips nya ^_^ terima kasih ya udah berbagi hal bermanfaat buat pembaca ^_~

aprilia rika mengatakan...

hahaha ,, harus buat referensi nih ;) thankyou ka .. hehe

Raisha Nurul Ichsanti mengatakan...

thank you :)
mau coba dipraktekan ah !

Amanda Martadinata mengatakan...

Bener banget ci tipsnyaa >.<

Kalo dari pengalamanku sih salah satu yang bikin males pengunjung itu penggunaan kata ganti yang ga stabil. Paragraf 1 saya, paragraf 2 aku, paragraf 3 gue. Uhhh. -_-*

Iqbal Prasetyo mengatakan...

wah kak postingannya berguna banget, langsung dipraktekin deh sekarang :D..

btw kalo resolusi kecil kayaknya aku gabisa buat apa apa deh kak -__- soalnya kameraku sgitu doang (mini kagak hd kayak dslr T..T)

me971113.blogspot.com

Andhika Lady Maharsi mengatakan...

Post ini bagus banget. Tulisan kamu juga bagus, kamu bisa menulis tips blogging tanpa terkesan menjudge. Makasih ya udah share. Info-infonya penting banget buat saya. :D

Ayny Sidharta mengatakan...

hahhaa.. lgs bookmark penting ini penting sekaleee...
sy awalnya cuma jd reader di blogger.. rasanya kalau baca blog seneng bangett apalg kalo isinya bermanfaat buat kita..
ternyata yang bikin mereka semangat adalah readernya..pantes ja para blogger selalu ngembangin blog nya.. bukan hanya kepuasan diri sendiri tp buat readernya juga.. salut deh sama blogger" yg demi menyajikan post yg menarik dan enak dibaca ampe bela"in doing something (kaya bikin perkakas lampu) yg bisa menunjang hasil yg bagus... hahaha.. thx for keep blogging sis.. GBU

Cheryl Raissa Alfaruqi mengatakan...

nginspirasi banget lovely sister ♥

✿ かわいい RiRi ✿ mengatakan...

Ini tipsnya berguna banget loh,apalagi aku msh beginner di dunia blogging :)
1 yg paling susah buat aku soal gbr burem,blm bs punya kamera hiks TT
Nice blog,maap selama ini jadi silent reader :P

www.loveleediary.blogspot.com

Hatta Shani mengatakan...

wahh makasih ce tipsnya (y) berguna bgt buat memajukan blog q :D

Eskariyanti Utami mengatakan...

As expected from your blog...
Nice post ^_^

Kornelia Luciana mengatakan...

Setuju banget kalau ada 1 follower atau ada yg comment di blog itu senengnya bukan main.
Aku juga mungkin melakukan kesalahan point 8 >_<
Sempet baca juga sih ada blogger yang gak suka kalau ada yang minta folback. Tapi karena udah gelap mata pengen punya temen yang sehobi dan bisa diajak curhat2 soal makeup jadi tutup mata deh minta folback. Tapi dari share kalian aku disadari lagi jadinya >_<
Thanks for this share ya sai :)

Anonim mengatakan...

halo kakak kakak (AiNi dan Eve) yang punya blog ini, makasih banget ya updatenya yang selalu bikin Stasya sukses rajin baca post sebelum-sebelumnya (sampe 2011 malah ahah), pertama kalinya komen di blog huehue selama ini cuma baca doang. Teruskan naikin good awareness cewek-cewek indo !

Diah Fara Dilla mengatakan...

hahaha yang bagian curhat soal bos nya lucu!! xD
iya banget nih harus banyak belajar lagi dan gak boleh cepet puas. aku pribadi seneng banget setiap abis nulis apalagi kalo hasilnya sesuai sama keinginan aku terlepas dari angka statistik atau followers nya berapa gara2 postingan itu tapi rasanya bahagia aja walaupun capeek..

btw kalian emang inspiratif banget! thank you! :D

zy mengatakan...

wahhh tipsnya bagus banget sist... makasihh yah.. semoga dengan tips dari sist pengunjung blogku jadi banyak hehe
Gbu

cstefanie mengatakan...

aaahh..makasih banget tipsnya, pas banget aku lagi ngalamin masa2 kemunduran minat untuk ngeblog karena masalah sepi-sepian itu, dan sedih karena kok kayanya gak ada kemajuan blogku :p Tapi ternyata aku memang perlu introspeksi untuk poin ke 5,6, dan 9 u___u
Sebenernya aku suka banget ngeblog dan tadinya berusaha untuk gak terlalu memikirkan banyak-banyakan follower, komen atau eksistensi yang penting blog jalan terus, tapi ternyata sekali2 sih kepikiran juga dan bikin sedih, apalagi kalo lihat ada yang ngeblognya baru tapi tau2 sudah lebih banyak punya temen dari ngeblog dan blognya lebih rame gitu :( Tapi ternyata ga cuma aku yang pernah ngerasa gitu ya >_< *agak lega krn ada temennya wkwk* #curhat
Thank you banget sharingnya My Lovely Sister, aku akan coba terapkan, siapa tau ada perubahan >< Blog kalian emang inspiring banget dari bahasa, desain, kualitas posting dan cerita2nya. Ditunggu tips2 beauty & non-beauty lainnya ^^



Best regards,

cstefanie

すいか -Suika- mengatakan...

kalo blogku jarang ku update karena...dibantai sama mata kuliah..
post ini bikin aku pengen nge-blog >< nice post sis! :D

renturquise mengatakan...

thanks for the tips :)
bagus bgt lhoo

My Lovely Sister mengatakan...

sama-sama sai makasi juga udah mampir ^^

My Lovely Sister mengatakan...

hehe :P

My Lovely Sister mengatakan...

kalo tugas akhir mah lebih penting dan memang harus diutamain hehe XD makasi banyak ya sai

My Lovely Sister mengatakan...

makasi sai :D

My Lovely Sister mengatakan...

he he : D

My Lovely Sister mengatakan...

makasi juga sai uda dibaca ^^

My Lovely Sister mengatakan...

thankiuu juga XD

My Lovely Sister mengatakan...

thank you juga ^^

My Lovely Sister mengatakan...

ha ha XD

My Lovely Sister mengatakan...

gak masalah ko sai sebetulnya pake kamera apa, yang penting waktu di post pasang gambar nya agak besar aja:D

My Lovely Sister mengatakan...

pujianmu bikin kita melayang-layang sai :P hehe makasi ya udah mampir^^

My Lovely Sister mengatakan...

Thank you sis GBU juga :-D

My Lovely Sister mengatakan...

makasi sai : D

My Lovely Sister mengatakan...

tapi waktu mampir ke blogmu gambar mu lumayan besar dan jelas kok hehe ^^

My Lovely Sister mengatakan...

makasi juga XD

My Lovely Sister mengatakan...

thank you ^^

Xiao Vee mengatakan...

bener banget ci ^^ nice post! <3

Elvina Clara mengatakan...

Seriously, amongst all IBB BLOGS, yours is my favorite. I read literally all ur posts, and some over and over again. Which is a funny thing because I usually prefer blogs written in english :D kudos to u gals!

lovalica mengatakan...

tips nya bagus banget ce. aku baru baru ngeblog dan sadar betul sama kekurangan blog aku. tips cece bakal aku terapin satu satu dan jadikan blogku suatu sumber inspiratif bagi yang lain seperti yg mylovelysister lakuin :)
dan tiap kali buka mylovlysister aku selalu penasaran kali ini ka aini ka eve post apalagi ya. sehabis baca postnya pasti muncul rasa pengen ngeblog sebaik kaka :D

Alexandra mengatakan...

thanks for the tips, :D helpful!
aku sih biasanya ga maksa follow, cuma ngasih link blog aja, kl gitu gimana ya? :p hehehe...

Kawaii Ryn mengatakan...

thanks for the tips sis.. SUPER banget! #niru-marioteguh

moga2 berkat ini blog-ku bisa maju terus ah,heheheehe^^
wish me luck~

http://thegirldays.blogspot.com/

Yozellyn J mengatakan...

sis mau tanya~ untuk yg no1, kan ada pilihan small, medium, large, extralarge, sama original size. harusnya yang enak diliat seberapa ya? biasanya aku medium, kecuali bbrapa gambar yang banyak detail aku kasih large, apa untuk gbr2 biasa medium kurang bsr ato sudah cukup ya?
thanks for the tips!

My Lovely Sister mengatakan...

Di tips no 3, kita kasi saran untuk bikin gambarnya sejajar biar kesannya rapi. Jadi kalo bisa ukuran lebar fotonya sama semua. Kita pake original size dengan ukuran lebar 500 px :D Makin besar makin bagus, karena menurut kita pembaca suka banget liat gambar^^

My Lovely Sister mengatakan...

good luck sai :D

My Lovely Sister mengatakan...

gak masalah sai kalo signature link blog hehe^^

My Lovely Sister mengatakan...

makasi sai :')

My Lovely Sister mengatakan...

makasi sai :D

My Lovely Sister mengatakan...

aww makasi banyak sai :'D

My Lovely Sister mengatakan...

thanks juga sai udah dibaca hehe :D

My Lovely Sister mengatakan...

kuliah lebih penting sai memang kuliah harus diutamakan XD

My Lovely Sister mengatakan...

aww iya makasi sai XD thank you juga sharing nya ya:) :)

My Lovely Sister mengatakan...

Makasi juga sai GBU XD

My Lovely Sister mengatakan...

makasi banyak sai :')

My Lovely Sister mengatakan...

sama-sama sai hehe^^ makasi juga

My Lovely Sister mengatakan...

makasibanyak sai komen-nya. It means a lot :'D

La Vanilla mengatakan...

tepat sasaran banget X))

tapi kadang sungkan loh dapet comment model "ak udah follow kamu, folback ya" *sweat*


sweetvanillascent.blogspot.com

ayu dwi maulia mengatakan...

bener banget dan emang nyata kayak yg prnah aku alamin .
kalo sempet mampir ke http://ayudwimaulia.blogspot.com/
makasih my lovely sistar:)

ardo doardo mengatakan...

Mau nambahin dikit nih :P

Aku paling males kalo ada bloger yang review BB cream(maklum penggemar BB cream*lol) cuman di apply di tangannya aja tanpa di apply di wajah,, kalau buat ksih tau soal tekstur sih oke2 aja ya..
Kan seharusnya ada foto after-before di wajahnya
:D

Maaf sebelumya :D

Anonim mengatakan...

haii...salam kenal..
waduh penting banget nih tips& triknya..
jadi gak sabar buat mempercantik blog aku, maklum aku masih newbie..hihii thanks mylovelysister.com

salam,
inez
inezmakeup.blogspot.com

Poskan Komentar