ShareThis

Kamis, 18 April 2013

Thursday's Tips 12 : Cara Merawat Mata

Kali ini kita akan kasih tips merawat mata. Mata kita termasuk yang sensitif dan sering bermasalah (baca : gatel, perih, kelilipan, dll) jadi kita sangat ekstra hati-hati sama mata kita. 

Ini tips yangt paling gampang dan sering kita lakuin :
1. Kalo mata mulai gatal jangan langsung digosok, kemungkinan karena ada debu disekitar mata. Bersihkan mata dengan cotton bud di area waterline. Cara ini nggak sengaja kita temuin waktu nonton acara Dr. Oz (terima kasih Dr. OZ XD). Setelah mata dibersihkan dengan cotton bud, rasa gatal akan sangat berkurang. 

2. Apabila mata masih gatal, lakukan tips kedua yaitu kompres dengan air dingin. Sedangkan kalo mata lelah dan capek, kompres dengan air hangat. Setelah seharian di komputer mata yang dikompres dengan air hangat akan bikin mata jadi lebih relax. 
Kita juga pernah kompres mata dengan teh. Tapi sayangnya pernah kejadian setelah malamnya kompres dengan teh sekitar 10 menit, di pagi harinya mata langsung gatal dan berhari-hari nggak sembuh jadi harus ke dokter >.<

3. Biasakan lakukan pijatan pada mata setelah menggunakan eye cream, dengan cara menekan titik-titik di area sekitar mata agar penyerapan eye cream maksimal. Ada yang berpendapat cara memijat mata bukan ditekan tapi digosok dari ujung mata dalam ke arah luar, kita kurang setuju dengan cara itu karena kulit di area mata sangat tipis, kalo digosok maka akan mudah timbul garis halus. Jadi lebih baik memijat mata dengan cara ditekan.

4. Cuci mata dengan larutan pembersih mata. Saat mata terasa berdebu atau kelilipan cara ini sangat menolong (biasanya kita sering kelilipan sisa maskara yang waktu dibersihkan masuk ke mata atau sisa cleansing oil yang bikin mata berminyak). Obat tetes mata juga nggak terlalu bisa membantu kalau mata udah kelilipan sesuatu. Kalo kamu nggak ada larutan pembersih mata cara paling gampang dan pernah dipraktekan adalah nangis keras-keras. Waktu itu mata Ai Ni kelilipan sesuatu, seperti debu tapi lumayan besar, rasanya di mata kaya ada barang dan perih karena bingung musti diapain akhirnya Ai Ni nangis keras-keras hehe, tiba-tiba debunya hilang bersama air mata.

5. Makan vitamin mata setiap hari. Makan wortel aja nggak cukup buat mata. Mata adalah salah satu organ yang bekerja paling keras setiap hari. Apalagi kita dihadapi dengan komputer, HP, BB, polusi, dan radiasi setiap harinya. Kebiasaan minum vitamin mata ini mulai sejak kita ke dokter mata dan dokternya anjurin untuk minum vitamin mata.

Kalo matamu udah berhari-hari gatal, perih, dan nggak enak lebih baik langsung ke dokter, jangan dibiarkan atau sembarangan ditangani sendiri. Pergilah ke dokter spesialis khusus mata, pernah waktu itu kita ke dokter umum dan ternyata dikasi obat yang nggak cocok dengan sakit di mata kita jadi nggak sembuh >.< Selain itu kalo ke dokter mata memang cocok-cocokan. Waktu itu pernah ke Rumah Sakit khusus mata yang lumayan besar dan dokternya udah terkenal, ternyata masih belum sembuh. Waktu pergi ke dokter mata yang deket rumah eh malah sembuh hehe^^

Kalo kamu punya tips favorit apa untuk merawat mata?

19 komentar:

Rhy Rhyna mengatakan...

makasih infonya sist. bermanfaat banget. nangis emang bisa ngilangin debu sist. aku udah sering coba :D

judith ayes mengatakan...

info yang bagus banget kakaaaak, makasih udah sharing
aku juga biasanya dipaksain nangis kalo misalnya berasa ada debu dalam mata hahahaha yang penting biar gak gatel lg hhi xoxo

renturquise mengatakan...

Aa.. Aku juga pake y-rins itu buat cuci mata, tapi udah jarang2 sih takut berefek dari kandungannya kalau keseringan

Nangis itu emang paling mempan yah kalau kemasukkan debu hehe

Nice share (y)

Iqbal Prasetyo mengatakan...

wah kalo aku sih gak ribet ribet kak kalo soal mata.
aku paling pake timun yang dimasukin kulkas (biar dingin) trus ditempel dimata dari tidur sampe bangun 1 minggu 2 kali. trus pake cairan cuci mata XD, soalnya aku mata panda lovers sih jadi kalau ada mata panda malah seneng hihihi
Thanks for sharing kak ^^

me971113.blogspot.com

OceMei mengatakan...

thanks tipsnya! ^^

Devi Anviana Putri mengatakan...

sangat bermanfaat ^_^
btw, headernya cantik banget., sukaaaaa :D

Anonim mengatakan...

boleh tau ga y-rins itu beli dimana? hehe, thx

Anonim mengatakan...

Sis, itu vitamin matanya merek apa ya? :)

Salam, Tika

Muthia A Fikri mengatakan...

larutan pembersih mata beli di apotik ada kan ya? itu yang tutupnya di taro dimata kan

Inverter mengatakan...

bagus banget infonya gan

My Lovely Sister mengatakan...

betul^^

My Lovely Sister mengatakan...

Nutrimax sai^^

My Lovely Sister mengatakan...

apotik ada kok^^

My Lovely Sister mengatakan...

aww makasi sai^^

My Lovely Sister mengatakan...

iya kita pake y-rins kalo mata lagi terasa kotor, kalo mata lagi nggak kenapa-kenapa kita nggak pernah pake y-rins nya hehe^^

My Lovely Sister mengatakan...

iya mata kalo pake timun bisa bikin mata cape langsung lebih enak^^ haha

My Lovely Sister mengatakan...

sama-sama sai tq juga :D

Kornelia Luciana mengatakan...

Nice share dear ^_^

gratefulbeauty.blogspot.com

aprilia rika mengatakan...

wah, mata juga mesti dirawat yah ternyata XD
Klo aku sih cuma tidur aja, biar agak segeran setelah itu cuci muka XD
Tapi emang sih, mata tetep kelihatan lesu :(

Posting Komentar