ShareThis

Kamis, 25 Juli 2013

Thursday's Tips 26 : Tips Mengatasi kulit wajah yang kering

Beberapa waktu yang lalu kulitku (Ai Ni) mendadak kering, waktu lagi iseng liat di internet kemungkinan masalah bertambahnya umur haha.

Kulit kering itu bener-bener sangat mengganggu. Kalo dipegang kasar, keset, kering, kulit terlihat kusam. Bahkan diwaktu-waktu tertentu rasanya kulit jadi perih karena terlalu kering. Di saat wajah kering nggak karuan pake make up juga jadi terlihat matte abissss!!! :'(

Di sini aku kasi foto perbandingan dulu. Ada yang tanya ke aku apa bedanya matte dan glowy. Kalo muka matte itu sama sekali keliatannya nggak ada minyak di wajah. Kalo glowy/ dewy muka terlihat seperti ada glow/ cahaya minyak (tapi bukan minyakan ya hehe). Ada orang-orang tertentu yang suka make up matte ada juga yang suka make up glowy. Sama sekali nggak ada yang bener dan yang salah, semuanya sesuai selera aja hihi.
Di foto ini bisa keliatan kan bedanya. Saat kulit kering pake make up jadi jelek dan muka terlihat kusam kayak orang sakit >.< Sedangkan saat kulit-ku lagi sehat mukaku lebih keliatan seger :P Selama kulit dalam kondisi nggak sehat, pake make up juga nggak bagus hasilnya. Maka itu untuk dapetin hasil make up yang sempurna harus punya dasar kulit yang sehat juga. Jangan gunakan make up untuk menutupi kekuranganmu. Lakukan perawatan!

Di foto ini aku pake Innisfree Green Tea Seed Oil dicampur dengan BB Cream Dewytree Moist 4 in 1 BB Cream (review di sini).

Sebelum ngebahas tips merawat muka kering, aku bahas dulu penyebab kulit kering :
• Faktor lingkungan, misalnya karena sering di ruangan ber AC nonstop, udara yang mendadak kering, atau hal ekstrimnya harus pindah ke negara yang ada musim dingin-nya.
• Bertambahnya umur, setelah melewati masa remaja biasanya produksi minyak dan kolagen akan mulai berkurang apalagi setelah seseorang mencapai umur 25-30 tahun ke atas.
• Kurangnya minum air putih, ini nggak perlu dibahas lagi karena semua orang pasti udah tau betapa pentingnya air buat tubuh kita hehe :D
• Pake produk perawatan yang salah, kalo memang kulit kita gampang atau cenderung kering dan kita pake skincare yang bukan buat kulit kering hasilnya kulit bisa tambah kering.
• Pake skincare yang terlalu keras, ada beberapa produk yang memang kandungannya agak keras dan banyak mengandung alkohol pasti langsung deh kulit jadi kering dan perih.
• Stress! Penyakit stress ini nggak cuma bahaya buat kulit tapi juga buat jantung :P

Berikut tips dari pengalamanku sendiri :
1. Hindari menggunakan sabun cuci muka yang mengandung scrub setiap hari.
Mencuci muka dengan kandungan scrub pada wajah yang kering akan bikin muka tambah lecet. Cukup gunakan scrub 1-2 minggu sekali. Scrub wajah bisa diselingi dengan peeling 1-2 minggu sekali, karena scrub dan peeling membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kekusaman pada wajah.
Beberapa favoriku :
• Dr. Chuk Chuk Peeling Care (review di sini)
• Dewytree Moist Peeling Gel Papaya (review di sini)
• The Skin Food Black Sugar Mask (scrub masker yang nggak bikin kulit tambah kering, tapi malah bikin lembab dan kenyal)

2. Gunakan perawatan khusus untuk kulit kering.
Menurut pengalamanku pribadi, brand merk lokal itu kebanyakan produksi skincare untuk kulit berminyak karena negara kita ini iklimnya tropis. Orang-orang cenderung punya kulit yang berminyak. Maka jarang aku ketemu produk untuk dry skin yang merk lokal. Aku pake brand Korea untuk mengatasi kulit keringku karena brand Korea banyak banget yang memproduksi produk untuk kulit kering. Jadi variasi produk lebih banyak.
Beberapa favoritku :
• Dewytree Aqua Colagen Ample Mist
• Laneige Water Bank Essence (favoritku sejak dulu :P, review di sini)
• Dewytree Aqua Colagen Multi Effector
• Innisfree Green Tea Seed Oil  (sering dicampur dengan krim atau BB Cream, review di sini)
• Dewytree Aqua Colagen Multi Cream
• The History of Whoo Hwa Hyun Set + Ja Saeng + Soon Hwan (aku suka pake yang Hwa Hyun ini tapi karena harganya mahal aku selingi dengan Dewytree :P). The History of Whoo Hwa Hyun ini sangat lembab :D.

3. Kurangi penggunaan masker yang peel off (yang ditarik) dan masker clay mask.
Apabila kamu sering menggunakan masker yang ditarik (peel off) atau masker dengan kandungan clay lebih baik dikurangin frekuensinya. Misalnya kalo dulu dipake seminggu sekali, sekarang cukup dipake sebulan sekali.

4. Rajin-rajin menggunakan mask sheet dan masker wash off yang melembabkan.
Sekarang banyak banget masker yang sekali pake buang (mask sheet), buat aku itu sangat ampuh banget^^
Tapi kamu juga bisa coba masker dengan menggunakan susu, gampang dan murah meriah.
Beberapa favoritku :
• Dewytree Mask Sheet, review di sini (memang maskernya agak mahal, tapi masker ini daya serapnya ampuh buat kulitku), untuk penghematan kadang aku juga suka pake Beauty Diary Mask yang harganya lebih murah LOL.
Kemudian masker wash off juga ampuh buat kulit keringku (masker seperti ini lebih hemat dibandingkan dengan masker mask sheet yang sekali pake buang, biasanya aku kombinasikan dengan mask sheet).
• Lassie'el Juicy Strawberry
• Skin 79 Rose Moisture Mask (review di sini)

5. Wajib gunakan sleeping pack.
Setelah malamnya menggunakan sleeping pack, pagi harinya bilas wajah dengan air hangat saja, nggak perlu pake sabun cuci muka lagi (di keterangan sleeping pack ditulis cara pakainya setelah menggunakan sleeping pack malam hari, pagi harinya nggak perlu dibilas dengan sabun cukup dengan air hangat saja.). Jadi biasanya aku cuci muka pake sabun sehari dua kali, sekarang cuma malem aja cuci muka pake sabunnya. Ternyata hal ini sangat membantu kulitku untuk bisa tetep memproduksi minyak. Aku pake sleeping pack hampir setiap hari.
Beberapa favoritku :
• Dewytree Aqua Collagen Sleeping Mask (review di sini)
• Sulwhasoo Overnight Vitalizing Mask (review di sini)

6. Minum vitamin untuk kulit.
Vitamin yang aku minum Nutrafor White Beauty (review di sini), Puritan's Pride Omega 3,6,9 dan Nourish E. Vitamin E dan Omega 3,6,9 selain bagus untuk kulit bagus juga untuk jantung. Minumnya biasanya bergiliran, nggak sekaligus langsung di minum semua :P Perawatan dari dalam tubuh dengan minum vitamin ini MANJUR banget buat kulitku.
Aku sering dapetin pertanyan : Aman nggak minum vitamin? Kalo kamu khawatir vitamin-vitamin tertentu nggak cocok/ bahaya lebih baik konsultasi dulu ke dokter atau apotik.

7. Setelah mencuci muka, jangan menggosok handuk dengan keras pada wajah, tapi tepuk lembut handuk ke wajah. Selain itu perhatikan juga dengan sabun cuci muka yang dipakai. Sabun cuci muka itu banyak jenisnya, banyak yang setelah aku pake untuk cuci muka langsung mukaku perih dan kering (biasanya yang dijual di supermarket) tapi kalo yang agak mahal biasanya sabun cuci mukanya lebih lembab dan setelah cuci muka kerasa muka jadi lembut.
Beberapa favoritku :
Sulwhasoo Herbal Soap (ini favoritku banget! Review di sini)
Sulwhasoo Cleansing Foam (kalo lagi males pake sabun batangan, aku pake yang ini juga. Review di sini)
Sulwhasoo dan Dewytree Cleansing Oil (pembersih make up yang lembab di kulit)

8. Gunakan produk make up untuk kulit kering
Saat make up-an lebih baik gunakan produk make up untuk kulit kering, jangan gunakan make up untuk kulit berminyak. Rata-rata foundation/ bedak itu berfungsi untuk mengkontrol minyak. Jadi kalo pake produk yang mengkontrol minyak pada wajah kering hasilnya minyak di wajah bener-bener habis!
Aku pernah bahas juga cara make up/ pake BB Cream sesuai dengan jenis-jenis kulit.

9. Pijat wajah
Sebagai tambahan boleh juga rajin-rajijn memijat wajah dengan Massage Pack, dengan memijat wajah sirkulasi darah pada wajah jadi lancar dan sehat.
Beberapa favoritku :
• Lassie’el Massage Mask Aloe & Raspberry.

10. Gunakan eye krim dan eye mask.
Pada wajah yang kering, garis mata lebih gampang keliatan maka itu wajib buat perhatiin mata juga. Aplikasikan eye krim setiap hari dan rajin-rajin gunakan eye pad (masker) pada mata lelah. Kalo mata udah terlihat kerutnya pasti seluruh wajah udah langsung terlihat lebih 'tua'.
Beberapa favoritku :
• Dewytree Collagen Eye Gel Cream
• The History of Whoo Hwan Yu Go Eye Cream (ini mantep banget)
• Lassie’el Eye Refreshing Cooling Pad dan Lassie’el Gold Eye Brightening Treatment (masker mata bener-bener memberikan dampak yang keliatan jelas buat kulit di area mataku, kalo mata item atau kantung mata gede banget, langsung tinggal tempelin masker mata. Kantung mata dan mata panda berkurang seketika)
Seperti biasa tips-tips ini hanya berdasarkan pengalaman pribadiku aja dan belum tentu cocok untuk semua orang.^^ untuk info lebih lengkap silahkan baca disclaimer

Apa perawatan yang biasa kamu lakukan untuk kulit keringmu? Silahkan di share ya :D

12 komentar:

Mirielle mengatakan...

Asatagahh... banyak amattt....

dini setiyorini mengatakan...

Thanks ya tipsnya, pas banget mukaku tumben tiba2 jadi kering dan perih gini. Mask sheet emang bneran ampuh ya..^^

Alexandra Natasha mengatakan...

Halo cc aiNi ^^
I really love this tips, really helpful. Aku sampe bkin notes, soalnya kulitku juga kering banget, malah kadang suka tiba" gatel merah" :( dan skg lagi mau nyusun skincare yang baik dan berharap cocok huhu..

Terima kasih banyak sharingnyaa :)

http://isen-shel.blogspot.com/

raisaAngelin mengatakan...

kulit keringku lebih parah sis hiks >,< tapi tengkyu ya rekomen produknya *nabung dulu*

diani noverta mengatakan...

tipe kulit kita sama cc aini,,,,
bisa di contoh ne cc, eye cream dewytree nya manjurkah buat fine line cc??

Lovina Rachmasari (Hinano Akira) mengatakan...

Wahh..
nice post banget nih..
aku kemaren juga sempet kulit kering gitu di daerah pipi (padahal di daerah T minyaknya banyak banget)..
trus aku nyoba pake masker air mawar (krn emg lg punyanya yg itu..hehehe^^) tiap malem..
sekarang udah lumayan lembab banget dr pada kmren2..murmer lagi.. :D

oiya..review yg Lassie’el Eye Refreshing Cooling Pad donk sis..
naksir produknya nih..mana mata panda aku susah banget ilangnya..^^

turiscantik.com mengatakan...

wow lengkap banget infonya mbak, keren ;)

Sri Mertiani mengatakan...

Sist, review dewytree yg Teatree Porest set juga donk..
Aq punya masalah dgn kulit berminyak, pori2 besar tp komedo yg kering minta ampuun >__<
pengen beli ini produk, tp krn mahal bgt, aq mikir2 dl buat belinya... blm ada jg jual sample produk ini jg, jd bingung dech T^T

Dwika Fadhlika mengatakan...

kalo boleh tau beli puritan's pride omeganya dimana ci? ^^

My Lovely Sister mengatakan...

sebenernya kalo uda biasa gak banyak juga hehe

My Lovely Sister mengatakan...

aku sih kalo produk dewytree rata-rata cocok :D yang teatree porest aku lumayan suka cleansing foamnya hehee :) :)

My Lovely Sister mengatakan...

di apotik sis :D

Poskan Komentar