ShareThis

Kamis, 03 Oktober 2013

Thursday's Tips 36 : Mendapatkan Foto Cantik untuk Blog

Melanjuti sambungan post tentang fotografi, kali ini kita buat post tentang cara foto produk untuk blog dengan modal murah meriah :))
Ini foto-foto yang kita buat untuk review produk Dolly Wink Eyeshadow (baca post nya di sini).

Sebetulnya foto produk untuk blog bisa berbagai macam cara, sesuai dengan selera dan style masing-masing. Kadang kita suka foto dengan background kertas putih, kertas kado, atau di ranjang, dll tapi kadang-kadang bosen juga kalo foto di tempat yang sama berulang-ulang. Maka itu kita buat 'tempat' sendiri agar bisa dapetin foto sesuai dengan yang kita mau :)

Yang kita pakai adalah :
1. Kursi bertekstur
Kursi ini harganya murah, sebenernya ini kursi satu set dengan meja makan. Tapi kita suka dengan tekstur kayunya makanya kita pake sebagai background di foto ini :)
2. Bunga plastik
Bunga ini bisa dibeli di pasar, supermarket, atau toko bunga plastik. Ini adalah bunga di ruang tamu kita yang kita pakai. Bunga plastik murah, menarik, dan bisa dipakai berulang-ulang. Kita beli bunganya sendiri tanpa pot atau vas, kemudian di rangkai sesuai warna bunga yang kita mau dan di masukin ke dalam pot yang kita punya.
3. Piring-piring kecil
Piring ini di beli di pasar murah yang menjual piring sisa pabrik, tapi kadang-kadang kalo beruntung kita bisa dapetin piring-piring kecil ini dengan harga sekitar Rp.5.000 dengan motif lucu.
4. Produk yang mau di foto

Kemudian ini pullback-nya XD. Background yang kita gunakan bener-bener produk yang ada di sekitar kita tapi kadang-kadang jarang kita perhatiin, ternyata kalo digabungin jadi satu hasilnya bisa unik :) Cahaya yang kita gunakan adalah cahaya matahari dari jendela arah kanan foto.

Setelah semua barang digabungin di kursi, kita mulai coba-coba bereksperimen menggambil foto dari berbagai sudut.

Ini foto pertama yang kita coba, hasilnya cuma terlihat produk dan background aja. Menurut kita kurang menarik.

Kemudian kita coba susun bunganya di depan agar memberikan kesan 'blur' dreamy yang manis.


Masih merasa belum puas, kita coba dari atas. Ternyata lucu juga :)


Kita pindahin lagi bunganya ke kanan atas, dan produknya ditutup.

Setelah itu kita coba lagi mengambil dari posisi atas, tapi kita mau keliatan piring, bunga, dan produknya. Hasil foto ini kita lumayan suka, tapi ngerasa piring dan bunganya jadi mendominasi produk. Padahal fokusnya adalah untuk foto produk, bukan foto bunga atau piring hehe:P

Karena kita suka dengan foto di atas, maka kita perbaiki sedikit posisinya dengan hanya sedikit saja mengambil bagian foto piring dan bunga. Akhirnya jadilah foto yang kita mau :)

Selesai. Mudah, murah, dan simple :D

__________________________________________________

Ini beberapa contoh foto lain seperti yang kita sebut di awal post :
Foto dengan background kertas (untuk post Peralatan make up yang wajib dibawa saat bepergian).
Hasil foto dengan kertas bisa terlihat bersih dan klasik.

Foto dengan background kertas kado (untuk post Review Etude House CC Cream 8 in 1- Glow).
Cara yang murah untuk dapetin background dengan warna warni dan motif lucu. Tapi sayangnya kertas kado itu kan bisa beli di mana aja, dan biasanya motifnya mirip-mirip antara satu toko dengan toko lain jadi hasilnya pasaran dan bisa mirip dengan blog-blog lain.

Foto dengan background sprei ranjang (untuk post review Etude Sweet Recipe Baby Choux Base - Berry Choux).
Sangat cepat dan simple. Tinggal letakkin semua produk yang mau di foto di ranjang kemudian di foto deh hehe :D

Foto dengan background handuk (untuk post Vintage Inspired Makeup Tutorial).
Hasilnya unik dan klasik, karena tekstur handuk itu menarik :)

Biasanya untuk dapetin ide-ide foto yang menarik, kita sering liat-liat buku (salah satu buku yang kita suka tentang fotografi adalah Fashion Photography 101), majalah, atau pinterest^^

Dari pengalaman kita sendiri untuk dapetin foto yang bagus nggak langsung instant, butuh sering-sering foto, lama-lama baru bisa ngeliat foto mana yang bagus mana yang nggak.

Kadang-kadang ada produk yang packagingnya lucu, kita pikir gampang nih foto untuk produk yang packagingnya udah lucu, tapi waktu di foto hasilnya jelek LOL XD.  Kalo liat foto blog kita di awal-awal gambar fotonya parah banget, walaupun sekarang belum jago-jago banget tapi setidaknya ada kemajuan kalo liat foto-foto yang dulu :P. Setelah hampir 3 tahun lebih foto untuk ngeblog, sekarang kita lebih punya pengalaman sedikit dalam foto produk sesuai style kita sendiri hehe :))

Selama 3 tahun ini, seperti yang kita sering bilang, kita bukan ahli foto (baca : fotografer), cuma pengalaman ngeblog selama 3 tahun yang bikin kita hampir tiap hari harus berhubungan dengan kamera yang bikin kita mau nggak mau harus ngerti sedikit tentang kamera. Dan fotografi itu bukan hal mudah, ada proses panjang yang kita pelajari selama 3 tahun tersebut.

Maka itu kita bagiin tips dan info ini untuk kamu yang mau foto produk untuk blognya atau untuk apa pun, siapa tau bisa membantu. Karena kita selalu denger kalimat 'Write what you want to know (tulislah sesuatu yang ingin kamu ketahui)'. Waktu kita mulai ngeblog, nggak ada yang ngajarin tentang fotografi, jarang juga post/ blog tentang fotografi sesuai style kita, padahal kita butuh tutorial tentang fotografi (kebanyakan forum fotografi di internet, tentang foto dengan model kumpulan cewek seksi LOL :P). Dan post ini adalah post yang seandainya kita tahu dari dulu, pasti fotografi akan lebih mudah untuk kita yang dulu baru awal ngeblog.

Oh ya satu info lagi kamera yang kita pakai masih Olympus EPL 3 yang pernah di bahas di sini. :)) Pengen banget sebetulnya ganti kamera, tapi seperti mengutip kata fotografer terkenal Chase Jarvis, The Best Camera Is The One That's With You, kamera yang terbaik adalah kamera yang kita punya sendiri. Maka itu kita tetep setia dengan kamera mungil kita ini.

Silahkan di share ya kalo kamu punya tips foto :) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar