ShareThis

Kamis, 14 November 2013

Thursday's Tips 42 : Cara edit foto dengan mudah

Di post ini kita udah janji mau bahas tentang gimana edit foto. Maka itu kali ini kita akan bahas tentang cara edit foto yang biasa kita lakukan. Basically secara simple-nya kita betulin warna dan bikin fotonya jadi lebih terang.

Ini foto yang mau kita edit. Foto ini formatnya Raw dan baru fresh keluar dari kamera. Sebetulnya secara sekilas kalo belum biasa melatih mata buat edit foto, foto ini keliatannya nggak masalah sama sekali. Gambar kue cokelat. Tapi sebenarnya kalo diperhatiin bener-bener warnanya agak hijau dan kuenya keliatan kurang enak. Karena kita pernah baca, foto makanan yang sukses adalah waktu liat fotonya, makanannya keliatan enak. Sedangkan di foto ini makanannya keliatannya agak pucat dan kusam. 
Maka itu kita mau edit warnanya :) Kalo penasaran liat afternya boleh langsung scroll ke bawah :P 
Oh ya, yang baru pertama kali pake Adobe Camera Raw pasti bingung, tapi sebenernya program software ini sangat gampang dibandingkan Adobe Photoshop yang menurut kita susah dipelajari >.< karena tinggal di geser kanan kiri aja, mirip aplikasi photo gadget.

1. Pertama kita buka fotonya di Adobe Camera Raw 7. Adobe Camera Raw adalah bagian dari Adobe Photosop CS 6. Jadi kalo kamu punya Adobe Photoshop CS 6 kamu bisa edit dengan software Adobe Camere Raw (ACR). Setelah dibuka karena kita ngerasa fotonya kurang fokus ke kue, maka itu kita crop sedikit.

2. Ubah temperature dan tint : untuk merubah warnanya agar tidak terlihat terlalu hijau 
Ubah Exposure : agar warna foto jadi lebih terang
Ubah Clarity : agar foto lebih tajam
Setting angkanya sama sekali nggak perlu sama, karena setiap foto pasti butuh setting angka yang berbeda :) Setelah di setting bisa terlihat gambar di bawah fotonya udah nggak terlalu hijau tapi masih terlihat agak kusam. Ini alasan kenapa kita edit foto di ACR karena warna foto yang hijau masih bisa diselamatkan.

3. Selanjutnya ke Tone Curve pilih Parametic dan setting angkanya sesuai selera. Kita setting seperti pada bawah gambar. Setelah di setting parametric nya bisa keliatan makanannya keliatan lebih legit dan enak :P

4. Lanjutkan ke Tone Curve - Point, untuk membuat gambar lebih terang. Sebenarnya sampai sini udah selesai, kuenya udah terlihat lebih yummy dan warnanya udah terang. Tapi kita akan lanjutin step berikutnya untuk memberikan efek warna pada foto agar terlihat lebih hangat natural (warm).

5. Masih di Point, pilih Channel Red dan setting curve-nya sesuai selera. Kita buat agak melengkung ke atas seperti pada gambar agar hasil fotonya terlihat hangat.

6. Lalu ke Channel Blue dan setting curve-nya ke arah atas agar membuat warnanya balance dengan setting-an warna merah di langkah sebelumnya.
Note : Kamu boleh coba-coba mainkan curve-nya sesuai selera. Nggak perlu ikutin sama persis seperti di tutorial ini.

7. Langkah kedua terakhir ini nggak selalu kita pake untuk setiap foto. Fungsinya untuk memberikan efek lingkaran hitam di sekitar foto. Tapi di foto ini bagus-nya kalo efek vignetting ini diberikan agar pandangan orang yang ngeliat foto langsung fokus ngeliat kuenya. Pilih Lens Corrections - Manual - Lens Vignetting. Kita buat -35. Kalo terlalu besar efek nya, foto akan terlihat nggak natural.

8. Selesai. Biasanya kita buka di Photoshop dan kasih watermark blog My Lovely Sister. Tapi boleh juga langsung pilih save dengan format JPEG dari Program Adobe Camera Raw ini.

Bisa keliatan di gambar ini, fokus editannya adalah :
1. Ganti warna dari hijau ke warna netral
2. Buat warnanya jadi lebih terang
3. Memberikan efek kontras agar kue terlihat lebih enak :P

Ini salah satu cara edit foto yang paling gampang dan simple. Tapi seperti yang kita bilang, setiap foto pasti editannya berbeda :D Contohnya foto yang di foto pada cahaya lampu rumah, nggak akan sama dengan cara edit foto dengan cahaya matahari dari jendela. 
Selain itu yang perlu diperhatikan :
• Edit foto bukan pekerjaan yang gampang, biasanya udah edit lama, udah mau selesai ngerasa kok warnanya salah, editannya kok jelek, dll. Pasti ada tahap-tahap seperti itu, pokoknya semakin banyak sering edit foto, mata kita akan makin terlatih dan terbiasa buat edit foto :D 
• Perlu diingat biar hasil editan fotonya bagus, hasil jepretan kameranya juga harus bagus. Kalo hasil jepretan kameranya jelek, gambar di edit seperti apa pun juga nggak akan terlalu bagus (kejadian ini terjadi berdasarkan pengalaman pribadi selama ngeblog haha)
• Edit foto ini menurut kita seperti seni, nggak ada yang betul dan nggak ada yang salah. Pokoknya kalo kamu ngerasa udah bagus dan ok sesuai selera kamu udah cukup.

Next time, karena lebih banyak prembaca yang menggunakan Adobe Photoshop untuk edit foto, kita juga akan buat post tentang cara edit foto di Adobe Photoshop :).
Beberapa contoh tutorial untuk edit foto dari blogger lain untuk inspirasi:


Gimana cara kamu edit foto? Silahkan di share ya karena kita juga mau belajar hehe XD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar