ShareThis

Rabu, 27 November 2013

Thursday's Tips 44 : Cara Mudah Edit Foto Vintage di Photoshop

Setelah post tentang cara edit foto kita dengan menggunakan Adobe Camera Raw, sekarang kita akan lanjutin ngebahas tentang edit foto dengan Adobe Photoshop.

Foto yang mau kita edit adalah foto yang sama dari post sebelumnya, foto before ini udah diedit dari Adobe Camera Raw dan di save as JPEG (bisa cek di post ini tutorialnya), kemudian akan kita edit di Photoshop dengan efek vintage favorit kita XD. Jadi buat para pembaca yang hasil fotonya format JPEG bisa ikutin langkah ini^^

1. Buka Adobe Photoshop kemudian pilih Menu Window - Layers (shortcut F7). Di menu layer pilih Create New Fill or Adjustment Layer (yang bentuknya lingkaran hitam putih di bawah menu Layer) - Curves. Edit curves-nya seperti bentuk S.

2. Kemudian namakan layer tersebut Contrast. 

3. Kemudian lanjutkan lagi Create New Fill or Adjustment Layer - Solid Color dan ganti angka warnanya e5b3a0.

4. Beri nama layer tersebut pink. Kemudian ubah menjadi soft light dengan opacity 33%.

5. Pilih lagi Create New Fill or Adjustment Layer - Selective Color - Pilih Warna Yellow dan ganti angka settingnya seperti pada gambar (setting angkanya boleh diubah-ubah sesuai selera).

6. Beri nama layer ke 3 tersebut Warm. Ubah Opacity menjadi 80%.

Selesai! Dengan cara yang sangat simple, kita langsung dapetin hasil foto yang lebih warm dan vintage. Tapi kita mau kasih tau ada satu langkah lagi efek yang suka kita buat di foto. Bikin foto efeknya lebih matte. Akhir-akhir ini lagi ngetrend efek foto 'matte' (nggak cuma make up dan fashion aja yang ada trend-nya, efek foto juga ada loh hehe).

7. Efek matte ini nggak semua orang suka, tapi kita suka dan banyak editan foto kita efek matte seperti ini. Jadi langkahnya adalah  Create New Fill or Adjustment Layer (yang bentuknya lingkaran hitam putih di bawah menu Layer) - Curves - Setting Curve di ujung kiri naik ke atas seperti pada gambar. Semakin naik semakin matte. Kita mau hasil matte nya soft aja, jadi curve-nya nggak terlalu naik :)

Ini hasil akhirnya.

Note :
Kita punya kebiasaan buat layer baru untuk meng-edit foto karena nggak mau ngerusak foto aslinya. jadi nanti kalo nyesel editnya, kita masih bisa ganti editannya :)) jadi menurut kita cara ini sangat aman hehe.

__________________________

Berikut foto perbandingan dari awal.
Di before gambar pertama ini adalah gambar langsung keluar dari kamera.

Setelah dibetulin warnanya di Adobe Camera Raw. Tutorialnya di post ini.

Setelah di edit vintage (tutorial di post ini sampai langkah ke 6).

Setelah diedit sampai langkah ke 7 (efek matte, tutorial di post ini sampai langkah ke 7).



Buat kamu yang mau download action Photoshop ini bisa ke link ini^^ Apabila merasa terlalu terang setting opacity-nya bisa dirubah sesuai selera :)

Kalo dari tutorial ini ada yang kalian bingung, boleh tanya di comment ya :D


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar