ShareThis

Jumat, 31 Januari 2014

Photography Exercises 1 : Foto dari atas - Flat Lay Photos tutorial

Mulai awal tahun ini, kita buat post khusus baru di tiap akhir bulan dengan tema Photography Exercises. Karena kita ngeblog mau nggak mau, suka nggak suka, harus berhubungan dengan dunia photography. Walaupun memang blog ini hampir 70%-80% isinya tentang make up, tapi ada hal lain yang baru kita sadari, hampir semua post di blog bikinnya harus pake kamera buat foto gambarnya. 
Dari yang dulu fotonya awut-awutan/ burem/ nggak jelas sampe sekarang kita berusaha terus belajar improvisasi gimana biar foto kita lebih jelas dan menarik.

Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll.
Sangat kita akui kita bukan ahli fotografi hanya blogger yang mau belajar foto biar hasil fotonya lebih jelas dan menarik aja. Maka itu yang suka dengan fotografi juga, dengan post ini, yuk sama-sama belajar foto (belajar bareng lebih semangat)^^ Buat yang udah ahli, sangat dipersilahkan masukan, tips/trik, atau kritiknya :)

Kemudian kita juga sadar dalam fotografi objek, terutama untuk ngeblog. Selain ilmu fotografi ada juga ilmu styling (baca : gimana susun benda-benda yang di foto jadi terlihat cantik). Jadi dalam proses belajar fotografi ke depannya kita akan bahas juga styling dan komposisi objek yang mau difoto.

Latihan pertama adalah foto dari atas, simple tapi punya efek yang menarik. Kalo kita perhatiin banyak fotografer yang suka ambil fotonya bener-bener dari atas sehingga hasilnya menarik. Jadi kita coba ambil beberapa foto dengan sudut bener-bener dari atas. (buat referensi coba cek pinterest atau instagram)
Ternyata setelah kita praktekan ada beberapa foto yang gagal banget kalo di foto dari atas, tapi ada juga yang bagus.


Exercise To do :
1. Pertama-tama coba dengan objek yang simple.
Di foto ini, cuma segelas kopi yang di foto dari atas dengan latar belakang putih udah bisa terlihat menarik.

2. Setelah latihan dengan 1 objek, bisa coba tambahkan objek benda yang lebih banyak dan kombinasikan.

3. Eksperimen, eksperimen, dan eksperimen.
Coba ambil beberapa gambar dan difoto langsung dari atas. Ada benda yang bagus apabila di foto dari atas, ada juga yang jadi malah nggak menarik.
Foto makanan bisa jadi lebih menarik dan jelas apabila diambil dari posisi atas

Selain itu majalah dan kosmetik juga cantik di foto dari atas. 

Setelah coba beberapa objek benda, buat kita sendiri, benda-benda di bawah ini kurang menarik di foto dari atas karena bentuknya jadi agak 'tenggelam' ke dalam.

4. Pastikan posisinya benar-benar tegak lurus
Untuk latihan foto dari atas pastikan saat foto dari atas. Posisinya benar-benar tegak lurus dari atas, jangan miring-miring.

Yang perlu diperhatikan :
• Walaupun keliatannya simple foto dari atas, tapi susah buat dapetin gambar yang bagus. Harus sering latihan, perhatiin objeknya, dan liat contoh foto-foto lain juga bagus untuk inspirasi^^
• Nggak perlu punya kamera canggih atau mahal. Cukup pakai kamera HP aja udah cantik.

Buat kamu yang mau ikut latian, silahkan dicoba fotografi apa yang kamu suka dari atas. Kalo mau share fotonya silahkan share di comment/ Facebook/ Instagram/ Twitter dengan judul Photography Exercises 1 (jangan lupa tag kita hehe).

Beberapa post menyangkut fotografi yang sering ditanya :) 
Cara dapetin foto cantik di kamera HP (selfie)
Awesome 10 Female Photographers (inspirasi fotografer wanita yang super keren!)
DIY Photo Backdrop (buat background foto sendiri)
Cara edit foto dengan mudah (edit simple dan cepat)
Cara Mudah Edit Foto Vintage di Photoshop
Mendapatkan Foto Cantik untuk Blog
Tips Mendapatkan Efek Foto Dreamy
Tips mendapatkan foto dengan cahaya keemasan
Pertanyaan tentang Kamera dan Photography (kamera yang kita pakai)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar