ShareThis

Jumat, 28 Februari 2014

Photography Exercises 2 : Komposisi Rule of thirds


Komposisi Rule of thirds adalah garis panduan yang membuat gambar terbagi menjadi 3 horizontal dan 3 vertical sehingga terbentuk 9 ukuran kotak yang sama. Untuk mudahnya bisa lihat gambar di bawah ini.

Menurut penelitian, mata manusia secara alami tertarik untuk menjelajah, terutama pada titik 'persimpangan' seperti dalam Komposisi Rule of Thirds.
Bisa di lihat di foto ini, Eve (with her naked face :P) berada di posisi persimpangan titik 2 dan 4, membuat gambar ini lebih menarik.

Sebagai perbandingan, kenapa harus menggunakan komposisi ini? Kenapa nggak sembarangan aja meletakkan gambar di tengah?

Kita ambil contoh gambar donat ini (yup kita suka makan donat :P). Anggap saja donat ini adalah model kita yang menjadi bintang utama dalam pemotretan kali ini.
Saat donat ini diletakkan di tengah, mata kita langsung memandang ke tengah gambar. Iya cuma lihat ke tengah donat. Nggak liat kemana-mana lagi. Jadi gambar ini bisa disebut nggak terlalu menarik. >.<

Lalu, setelah mengenal komposisi yang paling gampang dari fotografi yaitu rule of thirds, kita meletakkan donat di ke dua titik kiri. Mata akan melihat ke donat bagian atas (sekitar titik kiri atas) terlebih dahulu dan kemudian akan menjelah ke donat bagian bawah (sekitar titik kiri bawah), kemudian ke space putih dan kain.

Setelah kenal kompisis rule of thirds tadi, kenapa nggak kita eksperimen sedikit membuat gambar ini lebih 'ramai'. Tambahkan vas bunga di bagian kanan sesuai titik rule of thirds (nggak perlu pas banget dengan titik, agak melenceng sedikit nggak masalah kok^^). Sekarang mata memandang dari donat atas, donat bawah, ke vas bunga, dan kain. Maka itu gambar ini jauh lebih menarik dan bikin orang secara nggak sadar memperhatikan gambar ini lebih lama dibanding gambar pertama, hanya donat di tengah gambar.

Eksperimen lagi dengan foto ini tapi di ambil dari posisi atas seperti yang kita pernah bahas di Photography Exercises 1, tetap dengan menggunakan rule of thirds (dan ingat donat masih jadi model penting kita saat ini). Di gambar ini mata akan tetap melihat ke donat terlebih dahulu, kemudian ke vas bunga, baru menjelajah ke tempat lain.
Tapi yang perlu diperhatikan kenapa mata kita lihat ke donat dulu adalah karena gambar vas bunga nya buram (blur) maka otomatis mata akan fokus ke bagian yang paling tajam terlebih dahulu. Apabila vas bunganya nggak buram, otomatis mata akan melihat vas bunga terlebih dahulu.

Beberapa contoh lainnya :
 

Walaupun di foto ini Eve terlihat seperti di tengah gambar, tapi sebenarnya mata Eve ada di komposisi garis Rule of thirds.

Apabila kamu sering perhatiin foto post review produk di blog, kita sering banget pakai komposisi rule of thirds :D

Exercise to do : 
1. Sebelum memotret bayangkan ada garis imajinasi yang ditarik sebelum kamu mengambil gambar.
2. Latihan mengambil foto dari posisi landscape (mendatar) dan portrait (tegak).

Yang perlu diperhatikan :
• Walaupun komposisi ini sangat terkenal dipakai dalam dunia fotografi, bukan berarti semua foto harus di foto dengan komposisi ini.

Komposisi rule of thirds ini nggak hanya sering digunakan dalam dunia fotografi tapi sering dipakai juga di :
• Film
Perhatikan di film sering banget yang shooting mengambil gambar subjek nggak langsung di tengah, tapi mengikuti kompisisi rule of thirds
• Lukisan 
Sejak jaman dahulu banyak pelukis-pelukis terkenal menggunakan komposisi ini. salah satu contohnya bisa dilihat di link ini.
• Design 
Dari design majalah, koran, poster, dll sering banget menggunakan komposisi ini untuk menarik perhatian pembaca.

______________________________________

Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Buat kamu yang mau ikut latian, silahkan dicoba. Kalo mau share fotonya silahkan share di comment/ Facebook/ Instagram/ Twitter dengan judul Komposisi Rule of thirds (jangan lupa tag kita :D).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar