ShareThis

Kamis, 20 Februari 2014

Thursday's Tips 56 : 5 Tips belajar make up untuk pemula

Salah satu email yang paling sering kita dapet adalah, gimana sih biar bisa belajar make up sendiri? Kali ini kita rangkum jawabannya berdasarkan pengalaman kita dari yang nggak tau sama sekali tentang make up jadi jatuh cinta sama make up :D


Berikut beberapa tipsnya berdasarkan pengalaman kita :
1. Belajar dari buku, majalah, dan internet.
Buat kita sendiri pertama kali belajar make up adalah dari majalah Jepang. Dulu waktu jaman kita baru belajar make up, masih jarang banget video make up di Youtube. Jadi sumber utama kita adalah majalah Jepang. Majalah Jepang sangat luar biasa jelas dalam memberikan step by step make up tutorial. Best and worst produk pun dipaparkan dengan jelas. Selain itu produk make up yang dibahas di majalah Jepang memang khusus untuk kulit Asia, jadi cocok banget sama kulit kita.

Setelah itu sejak make up video di Youtube mulai menjamur, kita sering mampir ke Youtube buat belajar make up-nya.

Untuk buku, kita suka belajar dari Lauren Conrad, Pony, dan Kevyn Aucoin. Buku sama seperti majalah juga amat sangat membantu karena ada step by step yang bisa diikutin pelan-pelan.

2. Sebelum keluar rumah atau saat senggang ikutin make up tutorial nya.
Setelah liat-liat make up dari buku, majalah, atau internet penting untuk dicoba sendiri ke wajah. Sama seperti waktu kita belajar mobil, seberapa banyak ilmu yang kita pelajari dari buku, internet, video, temen, dll kalau kita nggak sendiri yang ke mobil dan nyetir mustahil bisa nyetir beneran :P

Buku make up Pony kita selalu ada di samping tempat meja rias, jadi sebelum keluar rumah biasanya kita buka salah satu halaman tutorial di buku tersebut dan ikutin step by step nya. Hari ini misalnya kita ikutin halaman 10, besok halaman 11, dst. Sama sekali nggak masalah kalo hasilnya nggak mirip denga tutorialnya, karena biasanya produk yang digunakan lain, dan struktur wajah kita kan juga lain dari tutorialnya. :)

Tapi kalo kamu baru pemula banget dan belum ngerti sama sekali tentang make up, ambil waktu saat senggang, coba-coba sendiri latihan berkali-kali. Jangan langsung waktu mau pergi pesta dan ikutin bukunya (kecuali kalau kamu udah agak mahir dalam ber make up). Takutnya malah hasilnya berantakan kalo kamu mendadak belajar make up.

3. Beli produk make up satu persatu.
Kecuali kamu punya budget yang besar buat make up silahkan beli langsung semua make up. Tapi buat pemula biasanya agak berat beli produk make up semua sekaligus, karena memang kita akui harga make up cukup mahal.

Waktu awal belajar make up, kita nggak langsung punya make up komplit. Pertama kita beli pakai uang jajan adalah lipstick dan blush on. Kemudian karena nyokap baik kita dibeliin juga eyeshadow.

Setelah kerja kita beli lagi maskara, bb cream, bedak, foundation, dll. Kita beli juga nggak langsung sekaligus, misalnya bulan ini bedak, bulan depan bb cream, dst.

4. Jangan berhenti walaupun pertama make up mu diketawain temen/ orang tua/ saudara/dll.
Pertama belajar make up kadang make up kita terlalu mencolok, misalnya eyeshadow biru kita pake tebel banget dengan lipstick pink, terus karena baru pemula pake nya berantakan. Hal tersebut wajar banget karena namanya juga baru belajar.

Misalnya anak kecil baru belajar gambar, anak tersebut sembarangan aja campurin semua warna sesuka dia. Kita pernah liat gambar anak kecil langit warnanya hijau. Tapi setelah terbiasa belajar gambar, dia baru ngerti langit warnanya biru.

Kita inget waktu belajar pake maskara dan eyeliner, make up kita luntur dan diketawain temen. Hal tersebut wajar dan normal. Di tahun-tahun pertama belajar make up, kebanyakan make up kita sering dibilang jelek daripada dibilang bagus hehe ^^

5. Latihan dan eksperimen terus.
Gimana biar pake eyeliner bisa rapi? Buat jawab pertanyaan itu jawaban kita cuma satu : latihan. Semakin banyak latihan semakin bisa rapi pakai make up. Sama seperti waktu kita belajar nulis dulu, kita nulis huruf A aja berantakan dan nggak bisa rapi. Guru TK kita suruh kita puluhan kali menulis huruf A. Sampai sekarang disuruh nulis huruf A sampai tutup mata aja udah bisa rapi LOL :P.

Selain latihan, penting juga buat eksperimen terus sampe akhirnya setelah eksperimen kita bisa nemuin style yang cocok. Pertama kali belajar make up Eve suka banget pakai pakai eyeliner biru untuk mata, karena bikin matanya terlihat lebih 'pop'. Tapi setelah sadar, bahwa warna biru bukan untuk sehari-hari Eve coba pakai eyeliner hitam. Untuk beberapa saat Eve happy dengan hasilnya. Sampai suatu hari, Eve lihat tutorial di internet bahwa eyeliner warna cokelat bisa bikin mata lebih natural. Akhirnya Eve beli lagi eyeliner warna cokelat (sebenernya agak ngerasa 'pelit' juga harus ngeluarin duit buat beli warna lain lagi, takut sayang nggak cocok warna cokelat dan akhir disimpen nggak terpakai). Tapi ternyata sejak hari itu Eve baru tau, eyeliner yang paling cocok sama warna matanya adalah cokelat. Coba kalau waktu itu dia cuma berhenti bereksperimen dengan eyeliner warna hitam saja.
Di mata Eve kalau pakai warna eyeliner hitam, wajahnya terlihat lebih tua dan agak serem XP.
______________________________________

Ngomong-ngomong tapi kita juga bukan ahli make up dan nggak ada rencana mau jadi make up artist. Beberapa waktu lalu ada yang minta kolaborasi dengan salah satu fashion store buat jadi make up artist modelnya. Duh... kita tentu aja dengan sopan menolak secara kita memang bukan ahli make up cuma hobby make up aja hehe^^ Cuma bisa make up buat diri sendiri atau saudara deket LOL :P



Apa tips kamu buat para pemula yang mau belajar make up? :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar