ShareThis

Selasa, 25 Maret 2014

Tanya My Lovely Sister 7 : Apakah mungkin jerawat, kulit gelap, dan kulit kusam bisa hilang?


Aku lupa udah pernah janji mau share perubahan kulitku dari dulu yang jerawat parah, bruntusan, gelap, dan kusam jadi lebih baik sekarang. Sebelumnya aku cerita dulu, kulitku awalnya nggak ada masalah seperti yang aku bilang di post ini, aku sempet 'cuti' dari My Lovely Sister selama 6 bulan karena pergi keluar kota untuk mengikuti kegiatan pelatihan karakter. Sejak itu kulitku nggak karu-karuan. Masalahnya selama 6 bulan itu sering jemur-jemuran kena panas, aku nggak sempet perawatan, airnya kurang cocok sama kulitku, makan pun nggak dijaga (nggak makan buah, makan seadanya >.<). Jadi akhirnya kulitku yah parah.

Ok kira-kira inilah fotoku waktu itu. Kulitku bener-bener gelap, makanya waktu balik Jakarta temen-temenku kaget banget. LOL :P Bukan foto yang kubanggain buat dipajang di sini. Tapi seperti itulah keadaannya.

Memang karena di sana mana mungkin perawatan kulit apalagi maskeran atau luluran segala :P :P Waktu itu kita ditugaskan untuk tinggal di rumah penduduk di daerah Merbabu. Kondisinya waktu itu masih banyak debu sisa letusan Gunung Merapi. Rumah mau dibersihkan berapa kalipun tetap aja banyak abunya, apalagi kondisi badan, rambut dan wajah. Mau mandi berapa kalipun tetap aja nggak akan bersih maksimal. Jadi mau perawatan itu sebenernya malesss banget >.<
Ini saat ikut bantu jualan pasar murah XD
Malam sebelum jualan kita bungkus-bungkus dulu berasnya. Kelihatannya seru dan enak tapi capeknya minta ampun. Ini uda setengah sebelas malam. Dingin, capek dan ngantuk  XP
Tapi pengalaman tersebut merupakan salah satu pengalaman indah yang nggak mungkin kulupakan serunya :D

Kembali ke cerita sebelumnya. Lalu para pembaca ternyata perhatian sama kulitku di post-post belakangan ini, kok kulitku dulu yang beruntusan, kusam, dan jerawatan jadi lebih baik. Temenku juga pernah tanya kok kulitku sekarang bisa jadi mulus tanpa ada bekas jerawatnya, padahal sebelumnya berjerawat parah.
Aku lupa mau share di post ini, sebenernya udah lama aku pengen share, tapi sekarang aku baru sempet nulis postnya hehe^^

Pada awalnya aku beneran bingung harus pake skincare apa, mau ke dokter tapi kok serem denger kejadian-kejadian yang kurang menyenangkan yang diceritakan pembaca (banyak pembaca yang curhat ke kita sejak ke dokter kulitnya halus sih halus tapi jadi tipis, sensitif, dan gampang merah). Sempet sedih juga waktu itu pas pulang ngeliat kulit Ai Ni yang putih bersih, sedangkan kulit wajahku "amburadul" seperti ini, hiks... Tapi akhirnya setelah ganti-ganti produk beberapa kali aku temuin beberapa produk yang cocok sama kulitku.

Masalah utamanya adalah begini, aku udah perawatan dan jerawat hilang. Tekstur dan kekenyalan wajah juga sudah meningkat jauh, tapi beberapa saat kemudian jerawatnya muncul lagi-muncul lagi. Misalnya aku waktu itu parah banget jerawatnya di bagian pipi, kemudian aku perawatan terus.

Tapi jerawat di pipi udah berkurang, eh di dahi malah ikut muncul >.<

Kejadian itu terjadi beberapa bulan. Sempet pengen nyerah, karena pakai apapun jerawat tetep muncul terus. Tapi pikir lagi semakin nggak dirawat, pasti semakin parah. Ai Ni juga terus bantu untuk cari perawatan kulit bisa hilangin jerawat-jerawat ini. Sampai akhirnya kondisi kulitku stabil, nggak jerawatan dan beruntusan. Paling cuma kalo lagi masa menjelang mau menstruasi bisa muncul jerawat kecil satu atau dua di wajah. Tapi nggak separah dulu lagi jerawatnya sampe besar-besar, perih, dan bernanah!

Produk yang aku pake memang beda sama Ai Ni yang pernah di share di post ini. Walaupun kita kakak adik tapi type kulit kita sangat berbeda, produk yang aku pake sama Ai Ni cocoknya juga beda.
Yang kuperhatikan dari kulitku yang parah jadi membaik adalah butuh waktu, ketekunan mencari produk yang cocok dan sabar. Kulit kita juga butuh masa masa pembuangan racun dan membersihkan diri dari dalam. Ini kesimpulan yang aku dapat. Kenapa jerawatku muncul terus, karena di dalam wajahku masih banyak kotoran yang menumpuk. Jadi ketika dirawat, kulitku terus menerus mengeluarkan kotoran yang di dalam dalam bentuk jerawat (seperti detox). Nyatanya setelah beberapa bulan terus perawatan, jerawat juga jarang banget muncul. Kalaupun muncul juga kecil dan cepat sembuh.

Banyak yang pengen hasilnya instant dalam 1-2 minggu udah mulussss, tapi berdasarkan pengalamanku yang instant nggak bagus (contoh : makanan instant :P). Kulit butuh proses pemulihan jangka panjang secara perlahan. Dari dalam dan dari luar, vitamin kulit juga sangat membantu mempercepat penyembuhan kulitku.

Kondisi kulitku saat ini. Masih ada jerawat kadang-kadang muncul. Ini salah satunya jerawat kecil muncul di bawah bibir bagian kanan, tapi udah nggak pernah lagi sampai parah-parah banget seperti dulu.
.

Foto terakhir bareng Ai Ni, kulitku udah agak sedikit mendekati kulit Ai Ni. Tapi aku tahu memang karena aku dari kecil kulitnya lebih gelap dari Ai Ni nggak mungkin bisa seputih Ai Ni, setidaknya tapi kulitku lebih bersih dan nggak super kusam lagi^^

______________________________________________________
Langkah perawatannya adalah rajin skincare setiap hari :) 

Produk yang digunakan berdasarkan urutannya :
1. Dewytree Cleansing Oil 
Sangat penting double cleansing setiap hari apalagi kalau pakai make up. Jadi setiap malam setelah pulang ke rumah, aku bersihin dulu wajah pakai Cleansing Oil untuk membersihkan sisa make up karena sabun cuci muka aja nggak cukup.
2. Koji Mascara Off (review di sini)
Tissue pembersih make up untuk membersihkan sisa-sisa  make up khusus dibagian mata yang susah dibersihkan.
3. Dewytree 3 Effect Moisture Foam
Setelah pakai cleansing oil dan tissue pembersih aku pakai sabun cuci muka lagi.
4. Dewytree Brightox Multi Cleanser (review di sini)
Aku sering kombinasi juga dengan sabun cuci muka brightox multi cleanser ini karena aku suka scrub nya yang bisa mengangkat sel kulit mati sekaligus membersihkan wajah tanpa bikin kulit sensitif.

5. Secret Key Starting Treatment Essence
Aku nggak pakai toner cair, jadi aku pakai produk ini sebagai toner pembuka pori-pori, walupun sebenarnya ini bukan toner, tapi essence. Aku males pakai toner terus pakai essence lagi. Jadi aku pakai ini aja hehe bisa jadi toner sekaligus essence.^^ Harganya nggak semahal SKII Facial Treatment Essence tapi cocok buat sehari-hari :)

6. Secret Key Snail EGF Repairing Emulsion.
Nggak nyangka ternyata kulitku lumayan cocok sama produk yang mengandung snail dan EGF. Aku kasih tau satu rahasia, waktu aku males perawatan aku cuma pakai Emulsion ini ke seluruh wajah aja LOL :P
7. Dewytree EGF Cream (review di sini)
Produk ini membantu regenerasi penyembuhan kulit lebih cepat. Ini salah satu produk yang sangat menolong untuk menyembuhkan beruntusanku ^^ Salah satu produk best seller dari Dewytree.
8. Dewytree Argan Premium Eye Cream (review di sini)
Walaupun aku lebih muda dua tahun dari Ai Ni, tapi kerutan lebih gampang muncul di kulitku. Maka itu setiap kulit orang beda banget walaupun kita ini kakak adik. Jadi perawatan mata penting buatku. Aku oleskan di bagian kantung mata dan juga bagian rawan keriput lainnya, seperti di garis senyum.
9. Secret Key Multi Cell Night Repair Ampoule (review di sini)
Sebelum tidur aku nggak pakai Sleeping Pack tapi pakai Sleeping repair ini. Mirip seperti sleeping pack, tapi teksurnya lebih ringan dan gampang menyerap.

Kemudian selain skincare rutin harian, aku pakai juga produk masker, peeling, dan minum vitamin wajah :)
Langkah berikutnya dipakai tiap hari tapi bergantian seperti yang pernah dibahas Wajah bebas kusam dalam seminggu

10. Sum 37 White Award Bubble De Mask (review di sini)
Perawatan harian kulitku nggak pakai produk khusus untuk memutihkan atau mencerahkan. Maka itu aku untuk masker pilih yang mencerahkan. Masker ini unik karena berbusa^^

11. Reina Natural Cereals Cleanser
Untuk pori-pori terutama di bagian hidung, dahi, dan dagu aku pakai masker ini. Karena masker ini juga berfungsi sebagai scrub makanya masker ini sering aku gosok-gosok di bagian hidung yang berkomedo agar komedo jarang keluar. Masker ini juga bisa membantu mengencangkan kulit yang kendur dan bahannya natural seperti cereal.

12. Dewytree Mask
Dewytree masker ini ada banyak type, ada yang buat jerawat, kulit kusam, kulit sensitif, dsb. Dipakai bergilir.

13. Lassie'el Gold Crystal Eye Brightening Treatment
Nggak cuma wajah yang butuh masker tapi mataku yang udah muncul garis-garis harus dirawat agar nggak tambah parah. Masker ini harganya murah dibanding masker mata lainnyaXD

14. Dewytree Fresh Peeling Gel Lemon (review di sini)
15. Dr. Chuk-Chuk Peeling (review di sini)
Kedua produk peeling di atas wajib dipakai untuk mengangkat sel kulit mati. Apabila sel kulit mati nggak bersih dan nempel di wajah. Pakai produk mahal dan sebagus apa pun nggak akan maksimal, karena terhambat dengan sel kulit mati tersebut.

Kulit juga butuh vitamin, selain perawatan dari luar juga butuh perawatan dari dalam.
Aku minum suplemen vitamin agak lama baru kelihatan hasilnya, tapi untuk Ai Ni, dia minum suplemen kulit beberapa hari udah kelihatan hasilnya. Tiap orang berbeda-beda. :) Jadi buat kamu yang mikir kenapa aku minum suplemen kulit tapi nggak keliatan hasilnya mungkin kamu type kulitnya mirip kulitku^^
16. Coll age (review di sini)
Seperti yang aku bilang sebelumnya di atas kulitku gampang muncul kerut terutama di bagian garis senyuman dan mata. Kolagen adalah produk yang bisa mengurangi kerutan. Jadi suplemen dari dalam juga membantu untuk menjaga kulit.
17. Nutrafor White Beauty (review di sini)
Nutrafor ini berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit wajah dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar sekaligus memberikan vitamin dan nutrisi pada kulit agar kulit jadi lebih halus.

18. Dewytree Brightox Multi SUN CREAM 
Terkahir yang paling penting setiap keluar rumah wajib pakai sunblock walaupun mendung atau cerah. Sunblock sangat penting untuk mencegah penuaan dini, flek, kulit kusam dan kanker kulit. Yang paling penting kulit lebih cepet gelap dan terlihat hitam apabila tidak memakai sunblock sebelum keluar rumah.
__________________________________________________
Saat awal-awal lagi parah jerawatnya aku pakai sabun cuci muka Gen Java dan kalau ada jerawat meradang aku olesin pake Dewytree AC Dew Clean Balm.

Dibanding Ai Ni kulitku jauh lebih sensitif dan lebih susah kalau milih skincare buat wajah. Tapi setelah kulit wajahku lebih sehat dibanding dulu, sekarang kulitku lebih nggak sesentif dulu. 

Banyak yang pengen mukanya bebas jerawat dan lebih cerah tapi sering menyerah melakukan perawatan atau maunya instant. Aku info lagi karena ini penting, aku untuk dapetin kulit yang sekarang butuh proses yang panjang dan lama sekitar 8 bulan lebih. Sekitar 10-11 bulan sampai semua bekas jerawat dan beruntusannya hilang. Nggak semua produk cocok untukku, ada beberapa produk yang aku udah beli tapi ternyata nggak cocok, jadi aku coba cari produk lain sampai akhirnya nemuin yang pas. :))

Saat kulitku parah dan jerawatan, aku mikir, apa mungkin jerawat, kulit gelap, dan kulit kusam bisa hilang? Karena saat-saat seperti itu aku rasanya udah mau nyerah, jangan-jangan kulitku nggak bisa kembali normal dan aku harus belajar menikmati jerawat di kulitku selamanya yang perih, bernanah, dan besar-besar itu >.<

Tapi setelah aku liat fotoku sendiri yang dulu, aku kaget juga ternyata bisa. Nggak ada salahnya kamu foto dirimu yang waktu jerawatan, dan kemudian tiap beberapa bulan foto lagi liat perkembangannya.

Ingat satu hal lagi produk yang aku gunakan bukan produk khusus jerawat dan belum tentu cocok sama semua orang.^^

Tips lain yang perlu diperhatikan :
• Saat jerawat sedang banyak jangan dipegang-pegang
• Jangan pegang wajah saat tangan kotor
• Double Cleansing itu wajib banget apalagi kalau kamu pakai make up
• Lebih banyak makan buah dan sayuran untuk membantu mempercepat regenerasi kulit yang rusak

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar