ShareThis

Kamis, 20 Maret 2014

Thursday's Tips 60 : 8 Tips Merawat Kamera Digital

Salah satu post yang cukup sering direquest adalah post yang berhubungan dengan kamera dan photography. Kali ini kita kumpulin semua tips yang kita dapetin dari temen, saudara, internet, dan tukang kamera di toko untuk merawat dan menjaga kamera.

1. Pasang Screen Protector.
Ketika pertama kali beli kamera, wajib beli juga sekalian dengan screen protector agar layar LCD kamera tidak lecet. Kalau sudah lecet harga kamera bisa jatuh saat mau dijual lagi dan saat memotret pun akan terganggu dengan penampilan layar.

2. Pasang UV Filter
Pada awal kita beli kamera, kita nggak kepikir buat beli UV Filter. Tapi ternyata UV Filter ini sangat penting karena berfungsi untuk menjaga permukaan depan lensa kamera dari debu/ pasir/ goresan/ dsb. UV Filter ada beberapa macam jenis dan harga. Yang harganya mahal bisa membantu meningkatkan kualitas gambar terutama untuk fotografi pemandangan. Tapi yang harganya murah malah bisa mengurangi kualitas gambar karena akan muncul semacam haze atau pantulan (terutama saat foto lampu misalnya lampu jalanan). Kita sendiri beli yang standard aja sekitar Rp 100.000 - Rp 200.000. Karena jarang foto di luar ruangan. Kebanyakan foto produk dan ehmm...  diri sendiri :P 

Temen kita juga pernah cerita waktu kameranya nggak sengaja terjatuh, lensa kameranya nggak rusak karena ada UV Filter nya. Memang UV Filternya akhirnya pecah. Tapi mendingan UV Filter yang nggak seberapa pecah dibanding lensa kamera yang bisa jutaan >.<

3. Gunakan pembersih khusus lensa dan kamera.
Memang bisa sih kamera yang kotor di bersihkan pakai kain biasa. Tapi lebih amannya beli pembersih khusus lensa. Lenspen ini salah satu yang direkomendasikan di toko kamera (waktu kita ke sebuah toko kamera, ngeliat mas-mas yang jualan bersihin kamera pake ini, terus ke toko kamera lain lihat juga dipake yang ini, akhirnya kita beli yang ini hehe :P).

Harganya nggak sampai Rp. 100.000. Bisa dipakai untuk membersihkan layar HP atau gadget lainnya juga loh.


Lenspen ini ada dua sudut, satu sudut kuas untuk membersihkan debu, satu sudut lagi adalah cleaning tip yang mengandung karbon. Karbon berrfungsi untuk membersihkan kotoran minyak bekas jari yang menempel (biasanya susah dibersihkan dengan kain saja). Inget nggak biasanya orang sering bersihin kaca pakai koran. Karena tinta koran mengandung karbon yang bisa membersihkan dan menyerap minyak. Begitu juga ujung lenspen ini mengandung karbon yang sama. Untuk info lebih lengkap cara membersihkan kamera dengan lenspen bisa dilihat di video ini. 

Saat membersihkan kamera pastikan bersihkan juga bagian yang sering terlupakan, yaitu bagian baterai dan pinggir-pinggir kamera lainnya. Untuk membersihkan sensor atau bagian dalam kamera langsung ke bagian service kamera, jangan bersihin sendiri. 

4. Gunakan Card Reader saat mentransfer File dari kamera ke komputer.
Saran ini juga kita dapetin dari penjual di toko kamera. Dengan mentransfer file menggunakan card reader, kamera lebih aman apabila komputer kamu ternyata ada virus. Kecepatan transfer dengan menggunakan card reader juga lebih cepat dibandingkan dengan dari kamera langsung ke komputer.
Card reader ini agak susah dicari di toko kamera, biasanya harganya lebih mahal. Lebih baik beli card reader ini di toko komputer karena pilihannya lebih banyak, harganya pun lebih murah.

5. Apabila kamera sudah tidak digunakan dalam waktu yang lama, lepaskan kamera dari baterai.
Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari bocornya baterai sehingga bisa merusak kamera.

6. Hindari menukar lensa ditempat yang berdebu.
Apabila sensor kamera kamu kemasukkan debu, hasil foto akan bisa muncul bercak-bercak. Saatnya untuk membersihkan ke service center. Maka itu lebih baik menghindari menukar lensa di tempat berdebu (apalagi di daerah gurun pasir atau pantai yang anginnya kencang).
Kemudian saat menukar lensa, biasakan kamera ke arah bawah untuk mengurangi masuknya debu.Tips ini yang kita juga pelajari di toko kamera.

Saat yang jual kamera ngeliat kita masukin kamera seperti ini, dia kaget. Dia bilang bahaya nih. Kemudian dia ajarin cara memasang kamera, lebih baik memposisikan kamera ke arah bawah seperti gambar di atas.

7. Simpan kamera di tempat yang kering.
Waktu pertama kali punya kamera, kita nggak punya dry box/ cabinet untuk menyimpan kamera di tempat yang kering. Jadi disaranin sama temen simpan ke dalam tempat plastik untuk makanan (seperti lock and lock/ tupperware ) dengan silica gel kemudian tutup rapat kotaknya.

Silica gel ini bisa dibeli di toko kamera dan toko obat. Masukkan silica gel ke dalam plastik transparan dan tusuk-tusuk plastiknya dengan jarum agar kantungnya berlubang. 

Sekarang setelah kamera dan lensa bertambah banyak, kita simpen kamera di dry box. Cara ini lebih praktis karena dry box punya pengatur suhu. Saat kita menggunakan silica gel dan dimasukkan ke dalam 'kotak makanan' plastik, suhunya susah dikontrol. Karena ketika kotak tempat menyimpan kamera tersebut dibuka tutup pasti suhu kotak berubah lagi menjadi suhu ruangan. Maka itu penting menggunakan dry box biar nggak repot, masukan aja kameranya dan dry box bisa mengatur suhu yang kering untuk tempat tinggalnya kamera.
Enaknya punya Dry box ini, kita juga bisa menyimpan baterai, memory card, lampu flash, dan semua peralatan kamera dengan rapi dan aman.
Apabila kamu memang suka fotografi dan serius di dunia fotografi, belilah dry box yang agak besar. Karena kamera dan lensamu akan bertambah nantinya hehe :P

8. Gunakan kamera sesering mungkin!
Waktu ikutan kelas fotografi bersama Olympus di sini, ada salah satu peserta yang tanya gimana menjaga kamera agar nggak cepet rusak. Jawabannya adalah gunakan kamera sesering mungkin karena kamera yang jarang terpakai akan berjamur dan jadi rusak.^^

Kalau kamu tertarik dengan post yang berhubungan dengan photography bisa cek di sini dan yang pengen tahu kamera yang kita pakai untuk ngeblog pernah kita tulis di sini :)

Punya tips lain untuk merawat kamera? Silahkan di share ya XD!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar