ShareThis

Sabtu, 26 April 2014

Photography Exercises 4 : Inspiration


Sama seperti make up, fotografi juga seni. Banyak make up tutorial terinspirasi dari make up orang lain (bisa dari film, majalah, video klip, dll). Begitu juga dalam fotografi. Kali ini, latihan yang mau kita lakukan adalah ambil inspirasi dari karya orang lain dan terjemahkan dengan imajinasimu sendiri maka jadilah karya baru :D

Foto pertama terinspirasi dari lukisan Girl with a Pearl Earring, lukisan karya Johannes Vermeer. Suka banget juga sama filmnya yang diperanin Scarlett Johansson XD!

Foto kedua terinpirasi dari foto Sue Bryce yang ini dan ini. Kita suka dengan foto-foto yang dibuat Sue Bryce. Sue Bryce adalah fotografer yang punya studio foto khusus untuk glamour photography. Sue Bryce bilang bahwa banyak wanita yang datang ke studionya dan bilang saya nggak percaya diri karena saya jelek, sudah tua, nggak fotogenik. Tapi setelah difoto sama Sue Bryce langsung para wanita itu jadi cantik karena Sue Bryce bisa mengeluarkan apa yang terbaik dari para wanita tersebut. Wajib cek gallery before afternya di sini.

Exercise to do : 
1. Pilih foto/ lukisan yang kamu suka dan amati kenapa kamu suka foto itu. 
Pelajari apa yang membuat itu menarik dan 'menangkap' hatimu waktu kamu melihatnya.
Contoh 
Untuk lukisan Girl with a Pearl Earring, kita suka dengan :
• Ekspresi matanya dan gerakan tubuhnya yang sedang berbalik
• Latar belakangnya yang gelap
• Antingnya! :P

Untuk foto kedua yang terinspirasi dari Sue Bryce :
• Bajunya cuma dari kain aja tapi bisa bikin kesan mewah
• Efek fotonya yang simple tapi membuat hasil fotonya luar biasa.
• Warna fotonya yang feminine

2. Interpretasikan dengan imajinasimu sendiri.
Contoh :
Pada lukisan Girl with a Pearl Earring, kita suka dengan ekspresi dan gerakan tubuhnya, tapi menurut kita, kita lebih suka versinya kalau pakaian yang digunakan lebih anggun.

Pada foto kedua, kita ambil kain putih tulle kemudian dililitkan ke pinggang Ai Ni. Untuk kesan yang lebih santai dipadukan dengan kaus tanpa lengan biasa dengan warna feminine.

3. Buat fotonya.
Saat mau foto yang teinspirasi dari Girl with a Pearl Earring tersebut, kendalanya adalah gimana foto dengan background gelap, akhirnya setelah browsing di internet baru tau (nah di sini kita dapet ilmu baru). Foto dengan background gelap bisa dibuat dengan cahaya. Jadi kita foto gambar tersebut di depan kamar yag lampunya mati hehe. Lampu kamar dimatikan kemudian Eve bediri tepat di pintu kamar dan Ai Ni di luar kamar motret, lampur di luar harus nyala. Sama sekali nggak pernah terpikirkan oleh kita.
Untuk foto kedua kita cari-cari cahaya di rumah yang paling terang tapi harus lembut agar kesan fotonya tetap feminine sesuai imajinasi kita. Kita nggak mau pakai lampu flash untuk foto yang soft ini >.<

Dari contoh kedua foto yang dihasilkan di atas banyak yang kita pelajari, tapi 'aha' momentnya adalah :
1. Untuk mendapatkan background gelap, hanya butuh cahaya gelap. Di sini kita belajar ilmu lighting baru.
2. Hati-hati saat memotret rambut, warna rambut menghilang dalam latar belakang. Apalagi rambut Eve hitam dan latar belakang hitam, bisa-bisa nggak keliatan warna rambut dan warna latar belakang. Tapi untungnya di foto yang kita buat masih agak terpisah warna rambut dan warna latar belakang.
3. Ternyata untuk buat sesuatu yang bagus nggak perlu mahal. Foto di atas keliatannya kayak bukan foto di rumah sempit yang kecil, walaupun kenyataannya memang iya. Gambar pertama di foto di depan kamar. Foto kedua di foto di tempat jemuran baju karena cahayanya bagus XP XP. Nggak perlu tempat mahal untuk bikin foto yang kelihatan mahal.

Tips :
• Waktu mencoba pasti ada kalanya setelah kita buat fotonya nggak puas, ngerasa kok nggak sesuai bayangan kita. Tapi justru saat kita ngerasa apa yang kita buat nggak bagus, di saat itulah kita sedang belajar. Intinya jangan berhenti kemudian menyerah.

________________________
Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Buat kamu yang mau ikut latian, silahkan dicoba. Kalo mau share fotonya silahkan share di comment/ Facebook/ Instagram/ Twitter dengan judul Komposisi Negative space (jangan lupa tag kita :D).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar