ShareThis

Selasa, 27 Mei 2014

Apakah kamu kecanduan dengan make up?



Addicted to Makeup? Maybe You’re a Cosmoholic!
Kalau sista selalu ingin tampil dengan sempurna dan terus menerus membeli makeup, maka kamu bisa dicap sebagai seorang cosmoholic.
Cosmetic holic atau cosmoholic dapat diartikan sebagai seseorang yang mau melakukan apa saja untuk membeli makeup, tanpa memikirkan kualitas dan harga dari produk tersebut. Mereka juga tidak bisa berpergian tanpa menggunakan makeup.

Kamu punya koleksi kosmetik super lengkap mulai dari yang dulu banget sampai yang paling baru. Bukan cuma itu, kosmetik kamu juga banyak yang masih tersegel. Sedangkan yang di lemari biasanya sudah berdebu tuh karena tidak pernah dipakai.

1. Memiliki produk serupa. Misalnya kamu punya 5 eyeliner warna coklat dengan brand yang berbeda dan 5 lipstick yang warnanya sama cuma beda merek saja.
2. Selalu memakai full makeup kemanapun dan kapanpun kamu pergi. Kalau cuma bedakan tipis sih masih wajar tapi ini harus pakai bulu mata palsu segala, waduh.
3. Kamu tidak akan membiarkan orang lain melihat wajah kamu ketika belum makeup.
4. Setiap ada kesempatan kamu selalu berusaha merapikan makeup, padahal ga ada yang salah dengan wajah kamu
5. Selalu mengunjungi counter kosmetik di mall dan menghabiskan waktu berjam-jam disana.
6. Ketika pergi berlibur pasti koper kamu lebih penuh dengan kosmetik daripada pakaian.

Masa sih sampai segitunya? Walau terdengar berlebihan namun itulah yang terjadi ketika seseorang sudah kecanduan makeup. Orang lain bisa saja mencemooh, akan tetapi bagi mereka yang mengalami tentu tahu betapa sulitnya mengontrol keinginan tersebut.
Seperti kecanduan pada umumnya, kecanduan makeup juga ada prosesnya, yakni dimulai dari yang paling ringan. Berikut penjelasan psikolog Tara Adhisti, B.A, M.Psi. dari Klinik LightHouse.

Awalnya kamu cuma memakai foundation dan lipstick yang natural lalu seiring berjalannya waktu, kamu merasa itu kurang sehingga mulai menambahkan bulu mata palsu, eyeliner dan lipstick tebal sebagai daily makeup. Kamu merasa insecure dan tidak percaya diri ketika tidak makeup. Untuk mengatasi hal itu kamu akan terus-terusan memakai makeup kemanapun dan dimanapun kamu pergi, bahkan saat tidur. Walaupun kamu sudah tahu hal tersebut tidak benar namun masih saja dilakukan karena sudah kecanduan.

Kecanduan makeup ini dapat dialami siapapun tanpa memandang usia baik remaja, dewasa, bahkan lansia sekalipun. Seperti pecandu lainnya, para cosmoholic biasanya tidak mengakui bahwa mereka memiliki masalah. Seperti dilansir allwomenstalk.com, berdasarkan survey yang dilakukan oleh Renfew Centre Foundation, dari 1.292 perempuan yang disurvei, 44 persen merasa tidak percaya diri ketika tidak memakai makeup. Sementara sekitar 16 persen merasa diri mereka tidak menarik tanpa makeup. Ada apa sebenarnya dengan kecanduan pada kosmetik ini?

Menurut psikolog Tara Adhisti, “Perempuan yang ingin menyenangkan pasangannya atau menarik lawan jenis, memiliki keinginan yang kuat agar selalu terlihat cantik dan menarik. Walaupun mereka memiliki kosmetik yang cukup banyak, mereka masih tidak bisa menahan diri untuk membeli yang terbaru. Selain itu bisa saja mereka terinspirasi dari idola atau role model yang kebetulan selalu tampil cantik dengan makeup sehingga timbul niat untuk mengikuti.”

Kecanduan makeup ini juga didorong oleh ketatnya persaingan di dunia kerja dimana kecantikan atau penampilan fisik seseorang kerap dijadikan tolak ukur. Hal ini tentu saja membuat kita semakin tidak percaya diri sehingga semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk tampil semenarik mungkin, salah satunya dengan bantuan makeup.

Kosmetik memang membuat perempuan lebih cantik dan percaya diri, namun bila berlebihan tentu akan memberikan efek samping, baik untuk kesehatan fisik maupun psikis. Seperti yang diungkapkan Dr Helen dari Clarity’s Beauty Centre, “Makeup yang berlebihan dapat membuat kita cepat tua, menyerap usia kulit, serta mengundang berbagai masalah kulit seperti iritasi, jerawat, komedo, bahkan kanker kulit. Selain itu jika terbiasa menggunakan makeup, kita akan terlihat asing atau tampak jelek ketika tampil natural. Makanya lebih baik terlihat biasa tanpa makeup, kemudian dianggap begitu cantik saat mengenakan makeup, bukan?”

Biasanya karena terlalu fokus menutupi kekurangan fisik dengan makeup, kita jadi lupa untuk mempercantik diri dari dalam. Padahal seseorang dengan kepribadian yang baik serta percaya diri pasti akan terlihat cantik dan menarik.

Oleh karena itu, yuk mulai sekarang kita coba untuk mengontrol keinginan belanja kosmetik agar tidak berlebihan dan mengubah makeup dengan yang lebih natural. Ketika sedang santai di rumah sebaiknya dimanfaatkan untuk melakukan skincare dan mengistirahatkan wajah dari makeup. Kalau kulit kita sehat dan terawat pasti kita sendiri akan merasa cantik dan lebih percaya diri walaupun tidak memakai makeup. Inner beauty lah yang membuat kecantikan kita bersinar. Be confident and be happy.

_______________________________________________________

Ditulis oleh:
Claralisa Fusheriness – Guest Post
Facebook: Claralisa Fusheriness
Twitter: @claralisa_

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar