ShareThis

Sabtu, 31 Mei 2014

Photography Exercises 5 : Blur / Bokeh pada Photography

Kita paling sering mendapat pertanyaan, gimana kok fotonya bisa blur. Salah satu yang menyebabkan blur adalah lensanya. Lensa yang kita punya adalah Olympus M. Zuiko Digital ED 45mm f/1.8 Lens yang pernah kita sebut di post ini.
Sebelumnya kita info singkat dulu kalau kamu ngeliat di lensa pasti ada tulisan :
f/1.2 f/1.4 f/2.0 f/2.8 f/4 f/5.6 f/8 f/11 f/16 f/22. 
Biar gampangnya kita mau bilang semakin kecil angka F nya semakin blur hasilnya. Tapi harga lensanya semakin mahal. 
Contoh harganya kita pakai Canon aja karena lensanya paling lengkap :
Lensa Canon  dengan F/ 1.8 sekitar 1 juta.
Lensa Canon  dengan F/ 1.4 sekitar 4 juta.
Lensa Canon  dengan F/ 1.2 sekitar 17 juta (hasil blur paling bagus, ngiler banget punya lensa ini).
Bisa dilihat untuk dapetin blur yang bagus harganya juga 'bagus' :P

Berikut foto lensa dengan f 1.8 yang sering kita pakai (paling sering nempel di body kamera). Sedangkan yang f 3.5 adalah lensa yang dibeli sepaket dengan kameranya (jarang kita pakai sekarang). 

Jadi seperti yang kita bilang di atas, lensa sangat berpengaruh untuk mendapatkan hasil blur, tapi walaupun pertama kali kita punya lensa Olympus M. Zuiko Digital ED 45mm f/1.8 Lens kita nggak ngerti gimana cara dapetin efek blur atau bokeh yang cantik. Lensa bagus tanpa ilmu sama aja sia-sia :P

Setelah stress dan tanya Mr. Google dan pusing tujuh keliling selama berbulan-bulan, akhirnya kita ngerti cara dapetin efek blur atau bokeh (karena nggak ketemu tutorial yang jelas dan gampang walaupun sebenernya ini adalah masalah gampang). Maka itu kita mau share cara paling gampang dan exercise yang bisa dilakukan untuk dapetin efek blur. 

Exercise To do :
1. Pertama siapkan 3 buah benda dan letakkan secara sejajar. (Di sini kita pakai 3 buah kutek) Posisi kamera harus persis di depan sejajar dengan 3 kutek tersebut. Kalau posisi kameranya agak ke atas atau ke bawah dikit efek blur nya akan berubah. Ambil fotonya dengan fokus pada kutek pink seperti contoh gambar di bawah. Semua kutek nggak terlihat blur, tapi jelas dan tajam.

2. Majukan kutek paling kanan. Ambil fotonya. Langsung ngeliat kan yang kutek ungu blur!

 3. Mundurkan kutek paling kiri, kutek warna hijau. Ambil fotonya (fokus tetap pada kutek pink). Langsung terlihat kutek tengah tetap tajam tapi kutek yang di depan dan belakang kutek tengah langsung blur.
Mulai kebaca kan prinsipnya : benda apa pun yang ada di depan atau di belakang kutek pink langsung blur

4. Lalu setelah itu pindahkan fokus ke kutek hijau. Ambil fotonya. Kutek pink dan kutek ungu langsung blur.

5. Sekarang coba lagi pindahkan fokus ke kutek ungu. Ambil fotonya. Kutek pink dan hijau jadi blur. Blur pada kutek hijau makin 'cantik' (baca : blur banget). Semakin jauh benda yang difokus dengan lensa kamera, makin 'cantik' blur nya seperti efek dreamy^^

6. Langkah berikutnya, keluarkan kutek ungu, dan masukkan bunga di samping kutek hijau. Ambil fotonya. Tadaaa... jadi deh efek blur yang biasa sering ditanya ke kita gimana dapetinnya.

 7. Biar efeknya lebih dreamy kita tambahkan gelas di posisi kutek ungu yang udah dikeluarin.
Gelas minuman seperti ini.


Sebenernya masih banyak cara lain yang menentukan 'kecantikan' bokeh atau blur nya, tapi cara yang paling simple seperti yang kita bahas di atas^^

__________________________________________________
Beberapa contoh foto kita dengan prinsip di atas :
Di post cara mendapatkan glowing skin, caranya sama banget seperti di atas. Hanya saja yang menjadi latar belakangnya adalah shampoo Kerastase. 

Ini contoh di post membuat dekorasi lilin dengan gelas. Bisa terlihat benda yang blur di belakang adalah lampu natal dan benda yang di depan adalah vas bunga.

Begitu juga foto di post Dewytree Sleeping Pack review, yang menjadi efek bokeh atau blur adalah lampu hias natal.

Contoh di post ini, yang menjadi latar belakang blur bokehnya adalah gelas.

Begitu juga di post ini yang blur adalah bunga, pernah dibuat tutorialnya di sini.

Note : Semua foto di atas di foto dengan setting f 1.8
__________________________________________________

Mungkin ada yang tanya kenapa sih harus pake efek blur segala, kalau biasa aja nggak usah pake efek blur gimana. Ini kita berikan perbandingannya :)

Ini tanpa blur. Hasilnya sekilas terlihat ok, nggak ada masalah.

Tapi bandingkan dengan foto berikut ini yang ada blurnya. Foto yang ini lebih menarik karena membuat produk yang di foto menjadi fokus (baca : tidak berebutan fokus sama produk di sekelilingnya).

________________________
Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Buat kamu yang mau ikut latian, silahkan dicoba. Kalo mau share fotonya silahkan share di comment/ Facebook/ Instagram/ Twitter dengan judul Blur / Bokeh pada Photography (jangan lupa tag kita :D).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar