ShareThis

Sabtu, 02 Agustus 2014

Photography Exercises 7 : Background pada fotografi

Taukah kamu hanya dengan mengganti background, suatu foto bisa sangat terasa beda mood-nya? Kali ini kita akan membuat efek yang berbeda hanya dengan warna background. Latihan ini sangat cocok buat kamu yang kehabisan ide untuk bikin mood foto kamu lebih menarik dan kreatif tanpa harus susah ^^


Exercise To do :
1. Pertama siapkan objek yang kamu mau foto
2. Kemudian ganti warna backgroundnya (bisa coba kain/ papan/ selimut/ karton/ dll)
3. Foto objek yang sama tapi dengan background berbeda; background gelap dan terang
3. Pelajari bagaimana hanya dengan mengubah warna background bisa membuat mood dalam foto berubah

Contoh 1

Contoh 2
 


Contoh 3

Contoh 4

Contoh 5

Setelah selesai buat perbandingan fotonya, pilih mana yang lebih kamu sukai (background warna gelap atau terang).
Untuk foto kali ini, kita lebih suka yang menggunakan warna background gelap karena rasanya lebih cocok dengan objeknya yaitu almond milk^^. Tapi hal ini nggak ada yang benar atau salah, masalah selera aja.

Memang nggak semua punya selera dan kesukaan yang sama, yang paling penting pilih sesuai dengan selera kamu. Artikel yang ditulis oleh Chase Javis salah satu photographer yang namanya sudah terkenal Stop Trying To Get Everyone To Like Your Work bener banget.^^ Jangan berusaha memaksa semua orang suka dengan type dan gaya fotomu.

Walaupun latihan ini sangat simple, tapi kamu akan bisa melihat dan merasakan perasaan yang berbeda saat mempelajarinya. Semakin banyak kamu latihan foto pasti hasil foto kamu akan semakin berkembang. Yang membuktikan hasil foto kamu makin berkembang adalah biasanya saat lihat foto kamu yang dulu kamu ngerasa foto kamu yang dulu nggak sebagus foto yang sekarang.

Sebagai contoh sekarang kalo kita ngeliat foto kita di  Photography Exercise 1 yang diambil 7 bulan yang lalu), kita ngerasa foto kita jelek banget padahal dulu waktu foto ngerasa bangga sama hasil foto kita tersebut, sekarang ngerasa jelek >.<  Maka itu seperti yang kita bilang itu artinya ada kemajuan. Kalo misalnya kita ngerasa foto kita yang dulu sama yang sekarang nggak ada perbedaan artinya belum ada kemajuan hehe. :D

Memang setiap orang berbeda, ada yang cepet belajarnya, ada yang lama. Sejujurnya kita akui, kita termasuk yang agak lama belajarnya dibandingkan orang lain, kalo ngeliat orang lain yang baru belajar foto tapi hasilnya udah keren banget rasanya iri juga haha. Walaupun begitu prinsip kita adalah yang penting tetep belajar terus, nggak menyerah!  Yuk sama-sama belajar hehe XD XD
______________________

Jangan lupa baca juga cara membuat almond milk dan kurma di post ini.

______________________

Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Buat kamu yang mau ikut latihan, silahkan dicoba. Kalo mau share fotonya silahkan share di comment/ Facebook/ Instagram/ Twitter dengan judul Background pada photography (jangan lupa tag kita :D).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar