ShareThis

Kamis, 14 Agustus 2014

Thursday's Tips 79 : Tips mengatasi rambut rontok

Semakin bertambahnya umur, semakin mudah rambut rontok. Temen-temen di sekitarku udah ngeluh tentang rambutnya yang makin hari makin rontok, sedangkan buatku sendiri aku udah dari kecil sering yang ngalamin namanya rambut rontok, beda dengan Ai Ni yang rambutnya jarang rontok. Dulu pernah rambutku rontok di area atas kepala, jadi kepalaku ada bulatan bolong karena nggak ada rambut waktu SMA >.< Malu-maluin banget harus pergi sekolah dengan kepala botak sebagian, aku sampe minta nyokap cari cara buat numbuhin rambut kilat, nyokap malah suruh pakai topi aja kalo ke sekolah. Tapi kan mana mungkin ke sekolah pake topi di kelas, memangnya mau upacara LOL XP Maka sejak itu aku lebih hati-hati dalam ngurusin kulit kepala dan rambutku. 


Pengalaman rontoknya itu kadang bener-bener parah, sekali disisir aja langsung rambut yang jatuh banyak banget. Sampe nyokap kalo masuk ke kamar suka 'ribut-ribut' rambut bertebaran dimana-mana karena rontok parah. Di bantal kepala juga suka banyak sisa rambut, apalagi kalo cuci rambut, duh sedih banget ngeliatin rambut berguguran >.<

Memang kalo potong rambut pendek, rambut nggak rontok dan lebih gampang diurus, tapi sebagai perempuan pengen juga dong punya rambut panjang LOL XD Foto ini diambil sekitar beberapa tahun lalu waktu aku nekat potong rambut pendek. Waktu aku mau mulai coba punya rambut panjang lagi, rontoknya semakin menjadi-jadi. Akhirnya setelah research di Google sana-sini aku nemuin beberapa hal yang membuat rambut lebih kuat dan akhirnya aku berhasil panjangin rambut lagi tanpa rontok parah! XD XD

1. Gunakan shampoo dan conditioner khusus anti rontok 
Schwarzkopf Bonacure Hairtherapy Hair Growth Shampoo dan conditioner (beli di sini)
Sebenernya bukan merk yang penting untuk shampoo dan conditioner, tapi masalah kecocokan. Aku pernah beli shampoo yang lebih mahal tapi malah nggak cocok, malah berketombe dan kulit kepala nggak enak.

2. Gunakan hair tonic untuk rambut
Schwarzkopf Bonacure - Hair Growth Fortifying Tonic (beli di sini)
Banyak beberapa jenis hairtonic, tapi aku beli yang khusus untuk rambut rontok. Sama seperti shampoo dan conditioner, merk bukan masalah, kamu boleh pake merk apa pun yang penting cocok. Hair tonic membantu banget untuk menguatkan akar rambut sehingga rambut rontok berkurang^^ Hair tonic ini dari Schwarzkopf Bonacure - Hair Growth Fortifying Tonic ini memang agak mahal, tapi bagus, aku pertama baca reviewnya di sini.

3. Gunakan hair spa
L’Oreal Hair Spa DX Creambath (beli di sini).
Loreal adalah salah satu brand yang pertama-tama mengeluarkan hair spa, kita sudah sejak lama setia sama hair spa dari Loreal, sebetulnya yang rajin melakukan hair spa adalah Ai Ni makanya rambutnya jarang rontok, waktu Ai Ni tau aku rambutnya  rontok, dia saranin untuk coba melakukan hair spa rambut. Hair spa itu cara pakainya dipijat sampai ke kulit kepala sehingga kulit kepala yang lelah, kotor, dan berminyak akan bersih kembali.
Masalah kerontokan rambutku juga salah satunya adalah karena kulit kepala nggak sehat, dan sering ada ketombe karena rambutku memang lebih sensitif apalagi seperti yang aku bilang kalau rambut salah pakai produk aja langsung ketombe tambah parah dan kulit kepala gatal. Saat ini Loreal mengeluarkan seri terbarunya yaitu Hair Spa DX, dan aku pilih yang type DX Creambath dengan kandugan tea tree oil yang mempunya fungsi : anti dandruff, anti oil, anti odor. Dicampurkan dengan serumnya kemudian pijat kulit kepala, rasanya enak^^ Lakukan hair spa 2 minggu sekali.

4. Gunakan sisir yang bisa memijat kulit kepala.
Vess Honey Infused Oval Hair Brush (beli di sini)
Saat menyisir rambut, aku pilih sisir rambut yang agak oval dan berbentuk brush, sehingga saat disisir, kulit kepala ikut terpijat. Saat kulit kepala dipijat peredaran darah pada rambut semakin lancar.
Yang harus diperhatikan adalah karena rambutku termasuk yang gampang rontok, aku sekarang hanya menyisir rambut sehari sekali atau kalau mau keluar rumah, sering menyisir rambut malah membuat rambut cepat rontok. Selain itu hindari menyisir rambut saat rambut dalam keadaan basah karena saat rambut basah, rambut lebih rapuh. Jangan juga menyisir saat rambut kusut, lebih baik saat rambut kusut diuraikan dengan tangan baru disisir :)

5. Pijat kulit kepala
Kai Brush + Massage Brush (beli di sini)
Kalau kamu suka masagge atau pijat refleksi biasanya akan diakhiri dengan pijatan pada kepala, pijatan pada kulit kepala akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi stres pada kulit kepala sehingga membantu mencegah rambut dari kerontokan. Untuk memijat kulit kepala, biasanya kita gunakan sikat mandi yang pernah kita review di sini. Nggak perlu membeli alat pijat kulit kepala baru, cukup gunakan sikat mandi yang bentuknya seperti ini. Sikat ini bisa dilepaskan dari gagangnya sehingga lebih enak digunakan saat memijat kulit kepala. 

6. Hindari mencuci rambut terlalu sering
Semakin sering mencuci rambut, semakin banyak rambut yang rontok, maka itu sekarang aku cuci rambut 2-3 hari sekali. Tapi sejujurnya aku nggak akan betah untuk nggak cuci rambut sering-sering karena rambut terasa lepek dan berminyak. Maka itu aku gunakan dry shampoo. Batiste dry shampoo dari UK (beli di sini) ini merupakan salah satu dry shampoo yang reviewnya bagus. Dibanding merk lain harganya nggak terlalu mahal, dan ada beberapa pilihan aroma sekaligus ukuran. Kita punya yang besar dan kecil karena yang kecil bisa kita bawa bepergian :D Sebetulnya kita seneng banget ketemu dry shampoo ini, karena ini seperti menyelamatkan rambut kita dan waktu juga haha^^ Setelah pakai ini minyak rambut berkurang jauh dan rambut lebih mengembang nggak lepek.

7. Rawat ujung rambut dengan conditioner tanpa dibilas pada ujung rambut.
Schwarzkopf BC Bonacure Hairtherapy Repair Rescue Sealed Ends Treatment (beli di sini)
Nggak semua orang punya rambut yang halus dan lembut seperti rambut di iklan shampoo, banyak wanita termasuk aku punya masalah pada ujung rambut yang pecah-pecah. Untuk membuat rambut nggak semakin rapuh dan pecah-pecah dibagian ujung, aku gunakan perawatan ujung rambut. Repair Rescue Sealed Ends Treatment ini bisa membantu mengembalikan tekstur rambut yang sudah rapuh dan rusak sehingga rambut nggak usah sering-sering dipotong pecah-pecahnya ke salon, dengan begitu rambut semakin cepat panjang.

Cara pakainya cukup digunakan di ujung-ujung rambut saja yang pecah-pecah saja saat rambut basah atau kering nggak masalah:)

8. Minum suplemen untuk rambut 
Sebelum membeli suplemen untuk rambut, aku research dulu di internet. Salah satu vitamin yang membantu untuk menyuburkan rambut adalah biotin. Aku cek di Google banyak orang yang mengaku bahwa setelah minum suplemen dengan kandungan biotin rambutnya nggak rontok lagi dan lebih tebal. Maka itu aku cari suplemen untuk rambut. Nutrimax Hair Shine (beli di sini) ini dibuat khusus untuk vitamin rambut dan mengandung biotin juga. Setelah minum beberapa minggu, aku memang ngerasa rambutku jauh lebih mendingan rontoknya. XD 

9. Banyak makan buah/ sayuran
Jangan lupa makan juga sayur-sayuran dan buah-buahan karena selain bagus untuk tubuh, bagus juga untuk rambut. Maksudku di sini, bukan berarti biasanya makan sayuran 1 sendok, sekarang jadi 2 sendok. Tapi beneran dibanyakin makan buah dan sayuran. Walaupun memang rasanya nggak seenak pizza atau gorengan tapi aku belajar untuk biasain makan buah dan sayuran (lama-lama mulai terbiasa dan menikmati kok^^). Sekarang ini aku punya kebiasaan minum jus buah setiap pagi (pernah di bahas di post ini) dan makan sayuran mentah yang dijadikan salad (untuk resep bumbu salad bisa cek di sini)

10. Gunakan produk perawatan sebelum menggunakan hair drier atau ala catok/ curly.
Aku setiap keluar rumah biasanya pakai alat catok, memang pasti banyak yang bilang nggak bagus nyatok rambut terus, tapi kalo nggak dicatok rambutku susah diatur dan nggak karu-karuan. Jadi wajib banget nyatok rambut. Berdasarkan pengalamanku sendiri, nggak masalah buatku untuk catok rambut setiap hari, tapi gunakan produk ala catok yang bagus (punyaku pernah review di sini), alat catok yang bukan dari ceramic malah akan membuat rambut rontok parah. Kemudian hal lain yang paling penting adalah gunakan treatment rambut (Schwarzkopf BC Bonacure Oil Miracle Finishing Treatment- beli di sini) sebelum di catok. Wajib banget pake miracle oil ini sebelum catok, sama halnya seperti kalo mau masak harus pakai minyak biar nggak gosong :P

11. Gunakan masker rambut
L'Oréal X-Tenso Pro-Keratine and Incell Treat Mask 500 ml (beli di sini)
Walaupun yang ini sepertinya nggak ada hubungan dengan rambut rontok, tapi aku suka pakai maskeran. selang seling dengan hair spa, misalnya minggu ini hair spa, minggu depan maskeran. Kalau hair spa fokusnya untuk kulit kepala, sedangkan yang ini untuk ujung rambut yang pecah-pecah. Jadi digunakan setelah keramas kemudian dioleskan pada setengah bagian ujung rambut ke bawah, tunggu sekitar beberapa menit dan bilas. Dengan memakai masker rambut, rambut lebih lembut dan gampang diatur, jadi waktu disisir dan keramas nggak kusut, rambut rontok jadi berkurang banget!


Beberapa tips lain :
• Hati-hati saat pergi ke salon yang belum kamu kenal, karena kadang mereka menggunakan produk yang tidak cocok dengan rambut. Aku punya beberapa pengalaman tentang hal ke salon, waktu itu aku pernah smoothing, dan yang smoothing kurang bisa, hasilnya rambut semakin rontok parah. Pernah juga, aku pengen styling rambut di salon, tapi rambutku diperlakukan dengan kasar, saat rambut basah langsung dicatok aja yang bikin rambutku malah tambah rapuh dan rontok >.<
• Sebagus dan semahal apa pun produk shampoo/ treatment untuk rambut, tapi kalau kamu nggak menjaga rambut, seperti menyisir rambut saat rambut basah, keramas setiap hari, atau mencatok/ blow tiap hari tanpa menggunakan perawatan, dll maka rambut akan lebih rapuh.
• Stres juga sangat mempengaruhi rambut rontok, coba untuk menghindari rasa stres dan stay happy. Cek post kita tentang 12 cara lebih bahagia

Yang perlu diperhatikan :
Semua tips di atas adalah pengalamanku sendiri, tiap orang berbeda-beda dengan masalah rambutnya. Ada yang rambutnya rontok karena keturunan, ada yang memang karena stress atau sakit, ada yang karena salah menggunakan shampoo atau treatment, dll. :) Kalau aku sendiri adalah karena memang kulit kepalaku dari kecil lebih rapuh dan gampang rontok kemudian nggak memperhatikan kondisi rambut dengan menggunakan produk yang nggak cocok akhirnya rambut tambah parah rontoknya.
Aku nggak bilang mana produk yang bagus mana yang nggak, karena untuk setiap orang memang berbeda-beda. Cara dan tips di atas adalah berdasarkan pengalamanku aja yang selama ini dari remaja punya masalah rambut rontok hehe.

Kalau kamu punya pengalaman rambut rontok silahkan di share ya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar