ShareThis

Senin, 29 September 2014

Photography Exercises 9 : Teknik Fotografi untuk Memotret Makanan

Photography Exercises kali ini adalah atas request pembaca tentang foto makanan. Foto makanan itu menurut kita agak sulit tapi sangat menarik, sebetulnya kita agak ragu buat tema dengan teknik foto makanan, karena masih banyak kesalahan dan kesulitan dalam foto makanan. Tapi walaupun begitu kita tetap mencoba buat post ini^^ Kalau ada masukan dari teman-teman, terutama yang udah ahli jangan segan-segan untuk memberi masukan hehe :P

Exercise To do :
1. Cobalah foto agak sedikit 'berantakan'.
Sekarang ini memang lagi nge-trend foto yang kelihatannya berantakan. Alasan di balik foto tersebut sangat simple, seolah makanan yang di foto udah dinikmati. Misalnya foto kue di bawah ini seperti udah diambil satu oleh seseorang dan terlihat buah blueberry nya yang berjatuhan menimbulkan noda pada piring.

2. Foto sedekat mungkin dengan objek.
Salah satu trik foto makanan yang paling kita suka adalah foto sedekat mungkin dengan objek. Dengan begini orang yang melihat foto tersebut akan melihat makanan seolah dekat banget sehingga bikin jadi ngiler LOL XD

3. Hati-hati dengan produk yang memantulkan cahaya.
Misalnya seperti foto gelas, piring/ garpu/ sendok silver. Seperti contoh di bawah ini adalah garpu silver, jadi waktu di foto agak sulit cari posisi yang pas agar pantulan kita yang lagi foto nggak ada di garpu tersebut.

4. Latihan dengan menggunakan props.
Misalnya foto di bawah ini kita menggunakan props kertas berenda dan gantungan bintang untuk membuat kue ini terlihat lebih menyatu dan 'girly'.

Atau misalnya di minuman ini yang kita buat untuk post ini, kita gunakan prop seperti Strawberry Pocky dan marshmallow hati agar terlihat lebih menarik.

Tapi walaupun begitu bukan berarti harus ribet dan cari prop yang cantik atau heboh. Sebetulnya yang simple juga bisa kok, misalnya seperti contoh di bawah ini. Kue ini kelihatannya membosankan, jadi kita kasih lilin biar ada sesuatu yang menarik.
Saat foto makanan dengan props, yang harus diperhatikan adalah props nya harus nyambung. Jangan misalnya kamu foto kue, terus props nya sayuran yang nggak nyambung hehe

5. Perhatikan white balance.
Menurut kita white balance adalah hal yang cukup sulit dalam hal fotografi. Gimana bisa mendapatkan white balance yang tepat itu butuh latihan mata untuk melihat ketepatan warna dan butuh komputer yang sudah dikalibrasi juga. Maka itu banyak banget jual alat-alat untuk mendapatkan warna white balance yang benar-benar real sesuai warna asli seperti misalnya expodisc.

White balance yang terlalu warm/ orange.

6. Ambil makanan yang ada di kulkas untuk latihan.
Untuk medapatkan foto makanan yang terlihat bagus nggak perlu makanan yang mahal, mewah, atau unik. Cukup yang ada di kulkas aja. Misalnya buah apel, lemon, beras, sayuran hijau, kacang-kacangan dll.
Di sini kita lagi punya banyak apel di rumah, maka itu kita keluarkan dari kulkas buat latihan foto hehe.

7. Eksperimen terus!
Banyak yang mengira orang yang foto makanannya bagus itu memang udah hebat dari sananya. Tapi setelah sering mampir ke forum fotografi, ternyata di balik foto yang bagus itu ada latihan dan eksperimen yang terus menerus. Kita berpikir mereka sekali foto langsung hasilnya bagus, padahal ada ratusan dan ribuan kegagalan di balik foto mereka yang tentu aja nggak mereka pamerkan di blog/ website (baca : ada di hard disk).
Sama seperti orang mahir main piano, banyak dari mereka latihan dengan sangat rajin. Bahkan yang udah berbakat pun masih terus latihan. Latihannya bisa berjam-jam nonstop. Begitupula dalam eksperimen dalam fotografi jangan baru foto 5-6 kali langsung udah berhenti. Terus foto sampai puluhan ratusan kali sampai tangan, kaki, dan punggung pegal hehe :P

Cobalah foto makanan dari depan terlebih dahulu. Kita suka foto ini, tapi nggak bisa terlihat apa isi makanan di botol tersebut.

Maka itu kita coba foto agak miring.

Setelah itu kita coba foto lagi dari atas. Hasilnya jadi banyak pilihan kan, nah kamu bisa memilih sesuai yang kamu suka^^

Salah satu hasil foto makanan yang paling kita suka adalah foto dari atas karena jadi jelas banget makanannya seperti apa dan dari segi simetri juga terlihat lebih rapi dan simple^^ tapi ini kembali lagi ke selera si fotografer.

8. Hindari menggunakan flash.
Ini salah satu kesalahan kita waktu belajar foto makanan. Kita ini awam dalam menggunakan flash, jadi hasilnya makanan terlihat kontras banget dan warnanya terlalu keras. (Foto sayuran di bawah ini menggunakan flash.)

Biar lebih amannya maka itu kita menggunakan natural light yaitu cahaya matahari. Sebetulnya kamu boleh banget pakai flash kalau kamu udah mahir. Karena memang banyak fotografer yang bisa menggunakan flash kamera dengan sangat mahir seolah-olah seperti cahaya matahari. Tapi 'ilmu' kita masih belum sekeren itu hehe jadi biar gampang kita masih menggunakan cahaya matahari yang murah meriah dan pasti semua orang bisa mendapatkan^^

_______________________________

Foto makanan itu memang paling gampang buat latihan foto, karena makanan bukan sesuatu yang sulit di dapat. Bisa banget foto makanan yang di rumah yang sudah ada, cuma tinggal kita style sedikit sudah bisa jadi menarik. Misalnya seperti foto di post ini. Semua makanan adalah homemade buatan kita sendiri, hanya cupcake yang dikasih dari temen. 

Tips :
• Salah satu cara sederhana untuk sering latihan yang bisa dilakukan adalah saat makan siang/ pagi/ malam siapkan kameramu di meja makan (kamera HP juga nggak masalah kok) dan mulai foto makananmu setiap hari. Biar lebih semangat share foto makananmu di social media sehingga kamu bisa mendapatkan kritik, saran, dan pujian seperti waw makanannya enak banget ya haha :D
• Untuk inspirasi kamu bisa juga cek Best Food Blog Awards.

Contoh di foto dengan kamera HP.

Contoh di foto dengan Kamera Olympus ELP 3.



Note : Belajar foto makanan itu menurut kita salah satu kesulitannya adalah jadi laper terus bawaannya, apalagi yang suka makan kaya kita (diet jadi makin susah huhu). Dulu kalo ada makanan langsung dimakan. Sekarang nunggu dulu di foto, jadi sambil foto sambil ngiler LOL LOL XD XD
Bahkan setelah nulis post ini pun kita langsung cari makanan di kulkas karena 'tiba-tiba laper' padahal udah setengah 12 malem. Awww >.<

________________________
Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Buat kamu yang mau ikut latihan, silahkan dicoba. Kalo mau share fotonya silahkan share di comment/ Facebook/ Instagram/ Twitter dengan judul Teknik Fotografi untuk Memotret Makanan (jangan lupa tag kita :D).


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar