ShareThis

Jumat, 05 September 2014

Tanya My Lovely Sister 9 : Apakah boleh ganti-ganti skin care?

Apakah boleh ganti-ganti skin care?  Kita sering dapet pertanyaan itu dan sekarang baru sempet nulis di post ini penjelasannya^^
Kita nggak tau apakah jawabannya sama buat semua orang. Tapi buat kita, selama ini nggak masalah. Untuk jelasnya Ai Ni akan cerita tentang pengalamannya :)

Kita jelasin singkat dulu gambar di bawah dari kiri ke kanan. 
1. Awal - pertengahan 2011.
• Ini masa-masa belum kenal skin care, pakai aja skin care yang kelihatan bagus dan menarik tanpa dengerin kondisi kulit.
• Nggak peduli banget tentang sunblock/ peeling/ masker

2. Akhir 2011 - awal 2012
• Karena mendadak jerawatan, jadi super panik kemudian mulai mau belajar lebih jauh tentang skin care, dan ternyata setelah menggabungkan beberapa jenis skin care, dengan campur-campur merk yang dijelasin di post ini utuk masalah jerawatnya kulit Ai Ni udah nggak jerawatan lagi :)

3. Pertengahan 2012
• Karena kulit Ai Ni udah nggak masalah, Ai Ni pengen kulitnya jadi lebih putih dan pakai Dewytree seri Whitening seperti yang diceritakan di post ini.
• Mulai lebih rajin pakai peeling, masker, scrub
• Setelah produk Dewytree yang whitening  habis Ai Ni sempet pakai THOW, tapi karena agak nggak sesuai budget hehe, akhirnya pakai Atomy di akhir tahun 2013

4. Akhir 2013 - awal 2014
Ai Ni pakai Atomy skin care yang pernah dibahas di sini.

5. Pertengahan 2014
Masih pakai Atomy dan diselingi dengan Dewytree Whitening seri White Dew Upgrade (review di sini).
Sejujurnya selama pake semua produk di atas kulit Ai Ni berubah banget, justru karena ganti-ganti itu jadi semua produk yang digunakan saling melengkapi. Misalnya kalau untuk whitening, Dewytree whitening mencerahkan banget, tapi setelah pakai Atomy kulit jadi lebih kenyal dan sehat. Jadi sekarang malah selang-seling pakai Atomy dan Dewytree whitening, misalnya pagi pakai Atomy malah pakai Dewytree, atau hari ini pakai Atomy, besok pakai Dewytree, seperti itu. Karena dengan seperti itu kulit Ai Ni sekarang selain putih juga lebih kenyal.

Sebetulnya ini karena Ai Ni suka aja pakai dua skin care yang berbeda, tapi nggak perlu pengalaman Ai Ni ini dijadiakan acuan yang benar atau salah :)

Semua foto di sini Ai Ni menggunakan make up, kecuali di foto jerawat (akhir 2011-2012). Yang mau kita bilang lagi adalah, walaupun pakai make up tapi kulit nggak terawat, make up juga nggak akan terlihat bagus. Untuk hal ini kita sangat terinspirasi dengan wanita Korea yang make up nya tipis dan natural tapi udah bagus, karena kulit mereka yang memang udah terawat^^

______________________________________________
Kembali lagi ke kisah perjuangan melawan jerawat.
Banyak banget yang tanya ke Ai Ni kok pakai produk untuk hilangin jerawat campur-campur gitu? Untuk jawabannya sendiri, kulit Ai Ni yang ngejawab. Semua jerawatnya hilang karena perawatan yang campur-campur gitu :)
Kok bisa begitu?
Kalau menurut kita, untuk kasus jerawatnya Ai Ni misalnya nih, Ai Ni kan cocok banget dengan Loreal toner white perfect, tapi nggak cocok dengan krim white perfectnya karena bikin kulit keset. Kalo tetep dipaksain malah kulit Ai Ni jadi nggak karu-karuan. Akhirnya Ai Ni cari krim lain yaitu Laneige Water Bank Essence dan Loreal Revitalift. Manjur banget buat kulit Ai Ni.
Contoh lain lagi Ai Ni cocok sama serum BRTC Vitamin C, tapi nggak terlalu sreg di kulitnya sama krim atau sabunnya dari BRTC Vitamin C.

Untuk masalah boleh atau nggak itu kembali ke kulit masing-masing. Kunci utamanya adalah mendengar kebutuhan kulit. Kalau tetep maksa mau pakai rangkaian perawatan A misalnya, tapi kulit nggak cocok sama krimnya tapi cocok sama serumnya ya udah ganti krim lain, nggak perlu maksa pakai semua produk yang satu merk.

Kalau udah ketemu yang cocok, biasanya kita males ganti-ganti. Misalnya kita udah cocok dengan Kose Softymo Cleansing Oil, THOW Jasaeng, dan Dewytree Brightox multi cleanser, kita tetep pakai itu sampai sekarang. Bahkan Kose Softymo Cleansing itu udah kita pakai dari sekitar 3-4 tahun yang lalu.
Tapi kadang-kadang kulit juga punya reaksi seperti ini, misalnya Ai Ni mau setia pakai SK II FTE, tapi entah kenapa, sekarang kalo pakai produk itu malah kulit jadi nggak cocok.  Malah jadi kasar saat dipegang. Aneh banget memang, padahal itu dulu produk andalan Ai Ni untuk masalah jerawatnya.

Hal tersebut dikarenakan karena kulit memang berubah, dari faktor umur, lingkungan, makanan, stress, hormon, air, tempat tinggal, dll. Jadi nggak perlu dipaksain untuk setia sama satu produk apabila memang kulit udah nggak cocok (kecuali kalo punya suami/ istri kali baru harus setia seumur hidup LOL :P)

______________________________________________

Jadi sebagai catatan kasus tiap orang nggak sama, bukan berarti yang cocok dengan satu orang cocok dengan orang lain. Kita pernah baca buku tentang cara merawat wajah di toko buku yang ditulis oleh seorang ahli, tapi cara dia tersebut nggak cocok sama cara kita merawat wajah, malah bikin perih dan kusam wajah kita. Maka itu kita selalu mendengarkan kebutuhan kulit kita sendiri dan nggak terlalu 100% harus ikutin pendapat orang lain, boleh mendengarkan pendapat orang lain, tapi tetap kembali lagi mendengarkan kulit kita tersebut, yang penting wajah dan kulit seneng aja hehe^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar