ShareThis

Kamis, 04 September 2014

Thursday's Tips 82 : Tips Sukses jadi Beauty Blogger Indonesia


Kemarin waktu search tentang beauty blogger di Google ternyata banyak banget muncul kata kunci, menjadi Beauty Blogger yang sukses, menjadi Beauty Blogger yang terkenal,  menjadi Beauty Blogger yang kaya, dll.

Ternyata banyak yang mau menjadi blogger, dari blogger fashion. lifestyle, beauty, food, dll. Kita inget waktu jaman dulu pertama kali mulai ngeblog di tahun 2010, blogger Indonesia masih sedikit. Apalagi beauty blogger. Jadi karena Beauty Blogger Indonesia masih sedikit akhirnya kita lebih sering mampir ke blog-blog luar dengan Bahasa Inggris, maka itu terpikir kok sedikit banget ya blogger dengan Bahasa Indonesia. Ada beberapa blogger Indonesia tapi tulisannya Bahasa Inggris juga, padahal nggak semua orang Indonesia Bahasa Inggrisnya jago. Maka itu terinspirasi nulis dalam Bahasa Indonesia. Di awal ngeblog sempet pakai Bahasa Inggris, tapi karena memang ehm... ceritanya mau berbakti kepada Bangsa ya udah ditulis pakai Bahasa Indonesia aja LOL. Biar orang yang belum lancar banget Inggrisnya bisa sedikit belajar dari blog kita.

Memang konsekuensinya setelah nulis pakai Bahasa Indonesia, jadi pembacanya lebih banyak dari Indonesia, lupakan sementara untuk 'go international' secara memang kita bukan menulis blog untuk jadi terkenal. Walau ternyata setelah belakangan banyak juga pembaca yang dari luar Indonesia :)

Kembali lagi ke judul Tips Bagaimana cara menjadi sukses untuk Beauty Blogger. Menurut kita kesuksesan sama sekali relatif. Ada yang bilang kalau suskes itu banyak uang, ada yang bilang hidupnya mapan, ada juga yang bilang terkenal, dsb. Terserah tiap orang sih. Tapi kesuksesan beneran sangat relatif. Inget baru-baru ini Robin Williams yang keliatannya sukses bikin orang bahagia, ternyata dirinya 'nggak sukses'. Meninggal dengan depresi. Ternyata uang, nama baik, ketenaran, kemapanan bukan jaminan jadi sukses.

Jadi sukses itu apa? 
Setiap orang bebas jawab sesuai kehendak masing-masing. Tapi kita juga punya jawaban sendiri.
Kita nggak pernah mikir blog ini bakal seperti apa saat kita nulis pertama kali, nggak mikir juga ternyata bisa bawa pengalaman baru buat pribadi kita masing-masing. Setelah perjalanan ngeblog hampir 4 tahun ini kita jadi mikir definisi sukses. 

Buat kita blog kita sukses saat ada pembaca yang curhat ke kita dan bilang bahwa : 
• Saya dari yang nggak bisa make up sama sekali jadi cinta make up gara-gara sista. Sekarang banyak yang bilang saya cantik
• Sis terima kasih, setelah baca blognya saya jadi bisa merawat diri. Sekarang sama suami makin mesra.
• Beneran loh sekarang kulit saya jadi lebih halus dan mulai merawat kulit. Dulu jerawatan parah suka nggak pede, tapi sekarang udah lebih baik. Jadi percaya diri banget.
• Dulu saya nggak percaya diri, minder, dan sekarang setelah baca apa yang kalian tulis saya mengerti bahwa saya ini cantik dan berharga

Itu garis besarnya seperti itu. Tapi setelah baca curhatan seperti itu mata bisa berkaca-kaca, hati jadi hangat, dan seharian bisa happy. Rasanya sukses bisa nolong orang lain.
Senengnya nggak bisa diganti sama uang. Karena saat nolong orang dan orang itu tertolong kita jadi tahu bahwa diri kita yang biasa-biasa begini ternyata bisa berguna bagi orang lain. 

Itu definisi sukses kita. Sukses bikin satu orang lagi lebih bahagia adalah kebahagian kita.

Kedengarannya memang muluk-muluk dan lebay. Tapi jujur, waktu awal ngeblog saat dipanggil ke event atau dapat produk baru dari sponsor yang mahal rasanya seneng. Tapi senengnya bisa tahan berapa lama? Paling kalau ke event seneng bisa ketemu temen-temen seharian. Kalau dapat produk untuk di review juga paling seneng beberapa hari, tapi terus bosen. Maka itu kesuksesan definisi kita adalah bisa nolong orang lain. 

Buat kita walupun misalnya yang baca blog kita cuma satu orang dan dia merasa hidupnya berubah. Itu artinya kita udah sukses XD

Berikut tips sukses jadi blogger versi kita :
1. Jadi diri sendiri
Waktu kita pertama kali ngeblog, belum banyak blogger Indonesia lain. Jadi lebih gampang jadi diri sendiri. Karena nggak ada yang banding-bandingin. Sekarang setelah banyak. Sering banget blogger-blogger itu dibanding-bandingin. Misalnya nih kita pernah di komen sama pembaca, "sis aku nggak suka blogger A, jarang review, lebih sering tutorial." Itu misal loh. Terus kita jadi maksa-maksa ikutin blogger A.
Misalnya lagi, "sis aku nggak suka blog kamu ngomonginnya make up melulu, sekali-kali tentang kuliner dong." Akhirnya kita memaksakan diri ikut buat blog tentang kuliner. Lama-lama capek deh...
Maka itu apa pun kata orang jadilah diri sendiri. Inget pepatah 'Walaupun kamu adalah buah jeruk yang paling enak sedunia, tapi nggak semua orang suka makan jeruk.'
Nggak perlu ngikutin keinginan orang lain yang bertentangan dengan keinginanmu sendiri. Percayalah kamu unik apa adanya! Saat jadi diri sendiri justru kamu akan berbeda dengan orang lain dan itu yang membuat blogmu menarik.

2. Say 'NO' to Plagiarism
Jangan pernah sekali pun meniru blog orang lain, copy paste, atau di copy dan di edit sedikit terus kamu ngaku itu karyamu. Kita ngomong begini karena ini adalah saran kita dan kita menanggap kamu adalah 'saudara perempuan' kita. Jadi kita ngomong dari sister ke sister.
Saat kamu jiplak karya orang lain. Cepat atau lambat kamu akan ketahuan. Saat kamu ketahuan mencuri karya orang lain, saat itu nama mu akan jatuh. Ingat kata-kata ini : Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar.
Jadi blogger sukses? Bisa makin jauh cita-citamu kalau kamu mencuri hasil karya orang. >.<

3. Nulis, nulis, dan nulis.
Karena ngeblog memang kebanyakan isinya tulisan. Jadi kamu harus konsisten untuk menulis. Tulis apa yang kamu suka, yang kamu minati, dan yang menurut kamu bisa berguna untuk orang lain.
4. Photography itu penting
Mau nggak mau memang sangat kita akui, fotografi di dalam dunia ngeblog itu adalah sesuatu yang penting. Paling gampangnya begini, apabila kamu nggak sengaja mampir di sebuah blog baru terus kamu ngeliat blognya, tentu kamu akan perhatiin fotonya. Apabila blog tersebut punya foto yang bagus pasti kamu betah lama-lama main ke blog tersebut kan :D
5. Sharing is Caring
Jangan malu-males-pelit untuk berbagi ilmu, saat nulis Perjuangan melawan jerawat misalnya, siapa yang mau coba mamerin muka yang ada jerawatnya di dunia maya karena semua orang lihat. Kalau punya jerawat dalam kehidupan sehari-hari maunya ditutupin. Tapi karena waktu nulis kita ngerasa siapa tau pengalaman kita berguna buat orang lain, walau agak ehmm... malu-maluin pamer jerawat tapi asal bisa nolong orang ya sudah akhirnya kita buat post tersebut.
Ternyata post tersebut merupakan popular post kita sampai hari ini, dan banyak blogger lain juga mulai menceritakan perjuangan melawan jerawat versinya^^
Waktu Ai Ni tulis To My 17 Year Old Self juga duh malu banget cerita curhat tentang masa lalunya yang agak kurang enak. Tapi tetep ditulis juga karena ternyata itu adalah salah satu post yang bisa 'kena' buat setiap orang. Ternyata banyak yang ngalamin hal yang sama dan bisa lebih kuat dan bermakna dalam menjalani hidup :)

Sukses itu perjalanan seumur hidup. Apabila kamu sudah merasa sukses dan kamu berhenti di titik tertentu. Itu artinya kamu menuju kemerostoan. Kesuksesan itu harus terus berkembang dan semakin bertumbuh :)

Satu hal lagi jangan pernah membandingkan kesuksesan kamu dengan orang lain. Memang ada orang yang terlihat lebih sukses, hebat, cepet majunya, dll tapi tiap orang berbeda-beda kamu nggak tahu dia mengalami apa, bekerja sekeras apa, serajin apa, seberapa besar tantangan yang dihadapinya. Pokoknya paling penting lakukan yang terbaik setiap harinya. Tetap fokus. Membandingkan hanya membuat energi kamu menjadi negatif dan nggak bisa konsentrasi mencapai tujuan. Seperti orang yang lomba lari kalau dia fokusnya ngeliatin kanan kiri saingannya, pasti dia bakal jatuh. Sebagai pelari yang lomba dia harus melihat ke arah garis finish!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar