ShareThis

Kamis, 25 September 2014

Thursday's Tips 84 : Tips Buat Kamu Yang Mau Magang

Sepupu kita udah mau lulus, dan saatnya dia lagi cari kerja magang. Dia sempet pusing cari-cari kerja magang walaupun akhirnya dapet juga ^^ Kita jadi inget cerita kita dulu waktu mau cari kerja buat magang. Maka itu kita buat tips buat kamu yang mau magang atau pun baru pertama kali mau melamar kerja.

Saat pertama kali magang, biasanya ada perasaan deg-degan, duh mau cari dimana ya, kerjanya kayak apa, temen-temen dan lingkungannya kayak apa, betah nggak ya, jauh nggak, kerjanya susah nggak, dll...


Berikut 5 tips :
1. Kirim CV sebanyak mungkin ke tempat lamaran kerja. 
Fokuskan dulu ke tempat magang yang kamu mau, tapi jangan berhenti disitu aja, kirim juga ke tempat-tempat lain sehingga kesempatan magang semakin banyak. Jaman sekarang kirim lamaran kerja gampang banget, tinggal kirim melalui email dan kamu tinggal menunggu di rumah. Nggak seperti jaman orang tua kita dulu kalau membuat lamaran harus diketik satu-satu, tulis tangan dan dikirim ke kantor post. Kita pernah denger ada orang yang dulu cari magang sampai harus nulis puluhan kertas CV dan pegel banget tangannya LOL. Harus keluarin juga uang untuk prangko. Sekarang tinggal copy paste aja deh dan kirim gratis.

2. Saat datang interview bersikaplah sopan dan baik. 
Kamu boleh tulis kemampuan kamu dan kehebatan nilai kamu saat kuliah di CV, tapi saat datang melamar kerja orang akan melihat kepribadian kamu dulu. Apakah nantinya kamu enak diajak kerja sama. Misalnya begini deh paling simple. Kamu punya tugas kuliah, dan harus cari temen sekelompok. Apakah kamu akan mencari temen yang pinter banget tapi sifatnya jelek dan nggak bisa diajak kerja sama atau kamu mau cari temen yang rajin dan baik walaupun kepintarannya biasa-biasa saja. Saat sebuah perusahaan mencari karyawan, mereka mau membangun sebuah tim yang solid dan baik. 
Jadi datanglah dengan pakaian rapi dan sopan. Jangan pakai rok terlalu mini atau pakaian yang terbuka. Make up cukup tipis dan simple. Jangan lupa datang dengan senyuman dan sikap positif walaupun saat nanti kita melamar kerja orangnya jutek banget, pokoknya tetap senyum dan ramah kepada semua orang. Walaupun kamu nggak kenal orang tersebut, siapa tahu nanti dia akan jadi atasan atau temen baik kamu. :D

3. Tenang dan relax
Nggak usah khawatir nggak dapet tempat magang asalkan kamu rajin nyarinya, pasti nanti akan ketemu sendiri. Jangan menyerah! :D 
Nggak usaha kecewa kalau kamu tidak mendapatkan tempat yan sesuai kamu ingini.
Apakah perlu mencari tempat magang sesuai passion atau minat?
Karena namanya magang biasanya kan cuma sebentar, memang walaupun begitu enak juga dapet tempat magang yang akhirnya bisa jadi tempat kerja kalau cocok. Tapi kamu nggak usah terpaku dengan hal tersebut. Walaupun nanti misalnya kamu diterima di tempat yang nggak cocok dengan passion atau minat kamu, tapi kamu akan dapat pengalaman baru. Misalnya dulu Ai Ni kerja di bagian yang nggak cocok di perusahaan kecil, tapi disitu Ai Ni belajar banyak tentang hal-hal kecil. Karena kalau di perusahaan kecil semua hal harus bisa, dari yang kerjaan kita sampai bukan kerjaan kita harus kita lakuin dan dari situ pengalaman akan banyak banget didapetin.

4. Berdoa 
Saat berdoa cari kerja atau lamaran bilang ke Tuhan, 'Tuhan aku mau cari tempat magang. Menurut Tuhan aku harus magang dimaa? Biar Tuhan yang carikan. Karena aku percaya Tuhan akan siapkan aku tempat terbaik.'
Saat udah berdoa begitu kita nggak usah panik dan bingung lagi, percaya Tuhan akan siapain tempat magang yang terbaik^^.

5. Setelah mendapat kerja, kerjalah sebaik mungkin.
Selama pengalaman magang cerita dari temen-temen, ada yang magangnya sibuk banget, ada yang santai dan nggak ngapa-ngapain. Tapi yang penting kamu berusaha melakukan terbaik kalau diberikan kerjaan. Bertanya kepada orang apakah ada pekerjaan yang bisa dibantu.
Jangan berpikir karena saya digaji kecil bahkan nggak dibayar ya udah saya datang tepat waktu pulang tepat waktu dan kerja di kantor santai-santai. 

Misalnya di kantor kecil kamu disuruh-suruh nulis-nulis email sederhana, merapikan file-file kantor, atau pekerjaan simple lainnya yang bikin kamu mikir aku ini anak kuliah dari sekolah ternama dan bidangku keren banget tapi kok kerjaanku cuma dikasi kerjaan seperti office boy/ office girl. Saat kamu mendapat kerjaan kecil tetap lakukan dengan baik. Ingat prinsip ini, kita nggak tahu bahwa nanti kamu suatu hari akan jadi apa, nanti hal-hal kecil tersebut akan membantu kamu di masa depan. Siapa tahu kamu akan punya usaha sendiri dan harus menangani dari hal kecil sampai besar. Di saat itulah kamu akan siap dan ngerti semuanya.

Ada satu kisah menarik dari pengalaman magang temen kita. Temen kita ini ambil jurusan interior dan mendapat tempat magang di salah satu perusahaan Interior. Tetapi kemudian, bos nya minta tolong temen kita ini untuk membantu menjadi sekretaris bos nya karena sekretaris nya harus cuti hamil. Pertama kali yang ditawarin adalah anak magang lainnya, tetapi karena orang ini menganggap itu bukan bagian dari perkerjaan yang dia minta (interior designer) makanya dia menolak. Dan akhirnya temenku yang harus gantiin jadi sekretaris. Pada akhir masa magangnya, mendadak temenku ini dikasih bonus yang lumayan besar dari bosnya karena mau mengambil posisi sekretatis dadakan tersebut. Sama sekali nggak rugi kan? :) Memang sih uang bukan segalanya, tapi menurut kita apapun yang ditugaskan ke kita jangan pernah langsung pesimis dan menolak. Mungkin kalian merasa dimanfaatkan sebagai anak magang, tapi sebenernya kita justru jadi belajar banyak hal. Jangan pernah hitung-hitungan.  ^^

Buat kamu yang pernah magang apa tipsmu?^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar