ShareThis

Kamis, 02 Oktober 2014

Tutorial : Make up natural untuk pemula ala Korea

Make up kali ini adalah make up request dari pembaca yang sering minta Ai Ni untuk buat make up tutorial sehari-harinya seperti foto-foto Ai Ni di instagram. Maka itu kali ini kita buat postnya.

Make up ini awalnya terinspirasi dari make up Korea, tapi walaupun begitu nggak 100% terinspirasi dari Korea juga sih, karena kita suka baca majalah Jepang, jadi make up ini boleh dibilang terinpirasi dari Korea tapi ada sedikit inspirasi dari Jepang juga hehe^^ Kombinasi gitu deh :P Kalau kita baca majalah Jepang yang dulu dan yang sekarang make up tutorial mereka beda banget, sekarang make up Jepang tapi make up nya diajarin ke arah natural. Kalau dulu kan make up mata di tutorial majalah Jepang tebal banget dan make up-nya kelihatan berat. Sekarang lebih soft mirip juga sama make up Korea, alisnya juga dibuat lebih rata dan nggak tinggi, memberikan efek imut-imut. Menurut kita namanya make up trend nggak ada yang 100% original dari mana, semua pasti saling melengkapi dan menginspirasi. :D

Yang pengen tau make up nya yuk langsung simak aja post ini.


Oh ya di tutorial ini Ai Ni menggunakan soft roller di rambut, kalo kamu mikir ada apa dengan rambut Ai Ni itu karena dia pakai soft roller hehe. Caranya adalah semprotkan beauty water pada rambut yang kering sampai rambut agak sedikit basah (tapi jangan basah banget) kemudian roll rambut dengan soft roller (tutorial di sini) sekitar setengah jam (lebih lama lebih baik). Hasilnya rambut jadi curly bergelombang gitu setelah soft roller dilepas. Cepet dan simple banget buat ngurusin rambut Ai Ni yang tebal dan susah diatur. Biar awet spray dengan hair spray setelahnya.

Ok langsung aja ke langkah tutorialnya :)
1. Aplikasikan Dewytree Lemon Peeling Gel (review di sini) pada kulit wajah yang kering untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga kulit tidak kusam.
Gosok peeling gel ke seluruh wajah dengan lembut dan bilas dengan air.

2.  Untuk mendapatkan wajah dewy, cerah, dan kelihatan muda seperti foto di bawah ini maka itu aku menggunakan masker Illi Green tea brightening mask (review di sini). Aku selalu ngeliat wajah orang Korea itu dewy dan terlihat kenyal dengan make up yang ringan. Saat wajah glowy, wajah otomatis akan terlihat lebih 3D dan ramping karena wajah glowy memantulkan cahaya. Jadi bisa melewati bagian shading wajah untuk make up sehari-hari^^
Masker ini ada dua, satu untuk area mata dan satu untuk area mulut.
Terasa kulit jauh lebih dewy dan segar setelah maskeran XD Love it so much^^

3. Berikutnya aku lanjutin pakai Cathy Doll water splash essence (review di sini). Apabila kamu sudah cek reviewnya kamu bisa lihat perbedaan before after setelah menggunakan water splash ini. Di sini aku pakai Cathy Doll water splash karena aku buru-buru dan nggak sempet kalau harus pakai skin care Atomy yang biasa aku pakai. Jadi jangan bingung kok tiba-tiba aku ganti skin care lagi, bukan ganti skin care tapi biar cepet dapetin muka instant cerah aku pakai produk ini :P
Baurkan ke wajah sampai terasa butiran air pada essence ini keluar .

4. Karena aku pengen make up ringan, jadi aku pakai CC Cream. Sampai hari ini masih banyak yang tanya apa bedanya CC Cream dan BB Cream Tenang kalau kamu masih bingung karena kita pernah buat postnya di sini.
Aku mengaplikasikan Etude Super Collagen CC Cream dengan kuas Masami Shouko 318 khusus untuk mengaplikasikan produk cair termasuk CC Cream, foundation, dan BB Cream. Kenapa aku pakai kuas dan nggak pakai tangan? Alasan paling simple nya adalah aku males tanganku lengket kena CC Cream :P. Tapi dengan menggunakan kuas dengan type 318, kuasnya bisa membaurkan BB Cream ke bagian yang sulit dijangkau dengan tangan, seperti di area dekat hidung, bawah mata. Karena kuas ini bentuknya unik dengan fiber yang ada di ujungnya membuat kuas ini dapat menutupi pori-pori pada wajah untuk mendapatkan coverage yang lebih flawless. Ehmm siapa coba yang nggak mau wajah -nya kelihatan mulus :P

5. Lanjutkan dengan Cathy Doll concealer (review di sini) buat menutupi bagian kantung mata dan highlight wajah.

Jadi aku oleskan di dahi, ke dua bawah mata, tulang hidung, atas bibir, dan dagu. Baurkan dengan tangan, Yang bikin aku suka dengan concealer ini, ringan banget, dan ampuh mengcover kantung mata :D

6. Glowy skin bukan berarti muka berminyak. Maka itu gunakan Atomy compact powder (review di sini). Setelah coba ganti-ganti bedak. Menurutku paling enak bedak Atomy ini karena tipis teksturnya. Jadi nggak bikin muka berat walaupun sebelumnya udah pakai cc cream.

Karena kulitku kombinasi, pertama aku pakainya di area dahi dan hidung aja agak tebal sedikit (tapi bukan berarti tebal banget ya). Kemudian tanpa mencolek puff ke bedak lagi aku menggunakan sisa bedak yang sudah dipakai untuk dahi dan hidung tadi, aku tepuk-tepuk lembut di kedua kanan kiri pipi. Kalau mukamu berminyak wajib menggunakan bedak full coverage di seluruh wajah. Bedak dan minyak wajah akan menyatu menghasilkan kilau glowy yang cantik. Sedangkan apabila mukamu kering. boleh cuekin langkah ini :D

7. Alis yang warnanya lebih sedikit muda dari rambut sangat wajib digunakan untuk mendapatkan look yang cute dan terlihat muda. 
Ehm... karena aku biasanya bukan type cewek yang teliti dan rajin urusin alis, jadi aku cuma pakai Dolly Wink Eyebrow mascara no. 3 (review di sini) aja digosok ke alis dengan arah rata. Otomatis alis langsung terlihat rapi dan rata.
Pengakuan : aku nggak suka alis yang terlihat rapi banget dengan menggunakan pensil alis, sampai kelihatan banget garisnya. Aku lebih suka yang soft dan terlihat agak 'berantakan'.

Maksudku alis yang seperti di majalah-majalah Jepang yang seperti ini. Ini adalah foto dari majalah Vivi (beli di sini), bukan seperti Kim Kardashian yang rapiiii dan sexy banget. Alis ini bener-bener masalah selera. Ada yang suka cupcake, ada yang suka cheese cake. Nggak ada yang benar atau salah, kembali ke selera masing-masing LOL

8. Karena make up ini temanya simple dan natural, aku shadingnya tipis-tipis aja menggunakan Koji Dollywink Otona Eyebrow Powder  No 2 dengan kuas Masami Shouko 206.
Aplikasikan pada area seperti gambar. Dengan cara ini akan membuat efek tulang hidung yang lebih tegas tapi tetap soft dan hampir nggak kelihatan bahwa kamu melakukan shading hidung.

9. Sejak ketemu Sleek MakeUp i-Divine Eyeshadow Palette warna Au Naturel (review di sini), aku hampir tiap kali pakainya ini. Semua warnanya natural cocok banget sama style aku yang sekarang memang suka make up natural ala perempuan Korea hehe^^
10. Aplikasikan warna Nougat di bawah alis dengan Masami Shouko 206.
Kemudian aplikasikan warna Toast di seluruh kelopak mata.
Berikan garis tipis pada garis mata dengan warna Regal (aku pakai kuas Masami Shouko 216).
Agar mata terlihat fresh dan cerah gunakan lagi warna Nougat di ujung dalam mata.

11. Untuk make up mataku terlihat natural, aku pakai eyeliner pencil warna cokelat kemerahan, Rose drawing Creamy Pencil BR 404. Aku suka banget warna dari eyeliner ini karena warna cokelatnya ada unsur merah sehingga membuat mata terlihat lebih menarik tapi tetap natural banget!
Aplikasikan di dalam garis mata seperti pada gambar.
Kemudian akhiri dengan menggambar di garis mata seperti foto di bawah ini.

12. Jepit bulu mata dengan Masami Shouko eyelash curler (review di sini). Aku suka pakai ini karena pas buat mataku dan bisa buat bulu mataku tahan curly nya^^ Harganya juga murah. 
Jepit 2-3 kali.

13. Untuk mengakhiri make up mata ini, gunakan Dolly Wink Otona Mascara (review di sini) untuk bulu mata atas dan bawah, biasanya aku sampai di sini sudah selesai. Kecuali lagi rajin pakai bulu mata palsu, tapi biar make up tutorial ini lengkap aku lanjutin langkah berikutnya.

14. Untuk bulu mata, karena ini make up natural aku pilih Doly Wink Sweet Cat No. 10 (review di sini). Aku nggak akan bahas panjang lebar lagi bulu mata ini karena aku SUKA banget XD
Kita pernah membuat post cara menggunakan bulu mata palsu di sini.

15. Selanjutnya untuk pipi aku pakai blush on warna kesukaanku Cathy Doll Vit C Cookie Blusher (review di sini), warnanya cantik banget dengan shimmer tipis yang halus bikin pipi terlihat bercahaya dan imut-imut. Pokoknya sejak pakai blush on ini wajahku langsung bersemu merah cute gitu deh haha :D

Kalau baca tutorial make up di internet atau majalah pada umumnya biasanya diajarin pakai blush pada tulang pipi atas, jadi dipakainya saat kita harus senyum lebar. Tapi cara itu nggak cocok buatku. Aku lebih suka pakai dengan kuas besar Masami Shouko Professional Brush 12 kemudian diaplikasikan seperti lingkaran. 

16. Langkah terkahir untuk dapetin bibir ala ulzzang aku pakai lip tint dan tambahan lip gloss agar bibir terlihat sehat. 
Di sini aku pakai lip tint Cathy Doll 2 in 1 Vit C Tint dan Gluta Gloss Milky Pink (review di sini). Jadi aku pakai lip tint di tengah bibir, kemudian lip gloss di seluruh bibir.

17. Langkah terakhir ini sangat penting, untuk dapetin mata yang besar dan cute aku menggunakan skot mata nuddy eyelid (beli di sini).

Aku memang suka pakai skot di akhir make up.

Perbedaan setelah menggunakan skot nuddy eyelid dan sebelum. Walaupun efeknya simple tapi ngaruh banget buat bikin mata terlihat lebih 'pop'.

Akhirnya done XD XD Tinggal lepasin soft roller dan jepit rambut ke belakang!!!

Note : Semua produk yang aku pakai adalah produk kesukaanku sendiri dan yang paling aku sering pakai buat sehari-hari. Memang walaupun peralatan make up ku banyak, tapi biasanya aku pakai yang itu lagi, itu lagi hehe :P :P

Di foto post ini aku pakai softlens Candy Bulle Grey Lens (review di sini).

________________________________________

Dengan make up tutorial yang prinsipnya sama, tapi tanpa menggunakan bulu mata palsu ini hasilnya.

Walaupun aku nggak memakai bulu mata palsu, tapi sebagai gantinya gunakan Dolly Wink White Pencil Eye Colour di bawah mata (review di sini). Efek ini untuk memberikan mata terlihat lebih besar walaupun tidak menggunakan bulu mata palsu.

Ngomong-ngomong di foto ini aku ngambil pas minggu lalu saat Jakarta macet parah. Bisa lihat mobil di belakang ngantri, dan aku sengaja foto deket-deket Eve buat gangguin dia yang lagi nyetir di depan (aku duduk di belakang) sampai Eve risih hehe. Karena macetnya parah dan bener-bener bosen banget LOL

Walaupun memang seperti yang aku bilang aku banyak inspirasi dari make up Jepang, tapi aku juga banyak dapet inspirasi dari make up Korea. Tapi banyak yang bilang hasilnya lebih mirip Ulzzang, maka itu aku beri judul Make up natural untuk pemula ala Korea hehe^^
__________________________________________

Kalau kamu pengen dapetin dan suka tutorial yang seperti ini tapi lebih jelas, lengkap, dan banyak. Kamu wajib baca majalah Jepang (beli di sini). Karena aku memang belajar make up rata-rata yah dari majalah :D


Akhir kata, tulis tutorial yang panjang gini bener-bener butuh waktu seharian dari foto sampai nulisnya, sempet bikin komputer error juga karena fotonya yang banyak dan pundak kaku karena panjang banget ngetiknya LOL XD XD. Tapi mudah-mudahan kalian bisa belajar dari tutorial ini. Kita sengaja cari waktu luang buat tutorial ini karena BANYAK banget yang request make up sehari-hari Ai Ni yang sekarang. :) Tapi kita seneng banget waktu post ini selesai, mudah-mudahan kamu juga seneng dengan post ini^^
Satu hal lagi, untungnya kita punya blog ini berdua, kalo nggak, nggak ngebayangin gimana sambil buat tutorial, sambil foto diri sendiri. Untung ada Eve yang fotoin semua post tutorial ini :>   :> 

Beli kalung di sini
Beli soft roller di sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar