ShareThis

Selasa, 27 Januari 2015

Photography Exercises 12 : Agar Foto Portrait Menjadi Lebih Menarik

Karena udah lumayan sering ngeblog dan berkesperimen dengan foto diri sendiri dan orang lain, kita belajar dari pengalaman bahwa ada hal yang bisa membuat foto orang/ model/ diri sendiri jadi menarik. 

Berikut beberapa cara yang membuat foto portrait menjadi lebih menarik

Exercise To do :
1. Perhatikan Eye Contact.
Salah satu yang membuat fotografi menarik adalah kontak mata, maka itu biasanya di cover majalah, semua modelnya selalu fokus pada kontak mata. Hal ini membuat foto instant menarik dan jadi perhatian karena dengan pandangan mata model melihat ke kamera langsung membuat model mempunyai koneksi yang kuat dengan yang melihat foto tersebut.

Walaupun begitu nggak harus melulu sang model melihat ke arah kamera, kadang-kadang biarkan model melihat ke arah lain, hal ini membuat hasil lebih tenang, seolah yang melihat gambar ini bisa mengobservasi apa yang terjadi di dalam foto tersebut.

2. Bermain dengan cahaya
Memang foto yang paling gampang dan nggak repot kalau cahaya ada di depan model, tapi kadang-kadang untuk menghasilkan efek yang unik dan tidak membosankan, coba eksperimen dengan datangnya arah cahaya.
Foto ini di foto dengan cahaya dari belakang sehingga membuat foto terlihat dreamy. Membuat efek foto dan make up jadi lebih unik
Sedangkan foto ini arah cahaya dari samping agak belakang.

3. Coba lifestyle
Biarkan model beraktivitas dengan hal di sekitarnya (nggak usah paksa sang model untuk berpose), biarkan dia melakukan apa yang dia lakukan, kemudian sebagai fotografer kita mengambil moment tersebut. 

4. Buat koneksi saat foto lebih dari satu orang (foto ramai-ramai).
Agar foto dua model atau lebih terlihat menarik di foto, suruh mereka saling berpegangan/ merangkul satu sama lain sehingga fotonya terlihat lebih akrab dan fun^^
Di foto bawah ini kita terlihat akrab karena kita semua saling berpegangan satu sama lain :D Dulu kita sama sekali nggak ngerti tentang hal ini, kita foto ramai-ramai, tapi jaraknya agak jauh satu dengan yang lain sehingga fotonya tidak terlihat 'hangat'.

Walaupun tipsnya simple, tapi kita berharap seandainya ke empat tips di atas kita tahu dari dulu pasti lebih gampang buat kita mendapat foto yang bagus (buat pembaca yang inget foto kita yang dulu pasti lihat perbedaan foto kita yang dulu dan sekarang hehe).

Selamat mencoba^^

________________________
Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar