ShareThis

Rabu, 25 Februari 2015

Recipe 18 : Blueberry Almond Milk Superfood dan Tips diet

Beberapa waktu lalu aku sempet pasang foto ini di instagram, kemudian banyak yang tanya tentang tips diet. Aku nggak punya tips diet apa-apa, cuma memang sejak awal tahun lalu sampai tahun ini, beratku turun 6 kg. Sebetulnya tujuan utamaku cuma pengen jaga kesehatan, karena waktu berat badanku berat itu aku nggak kontrol sama sekali tentang makanan. Aku pikir masih muda nggak apa-apa makan semau-mauku. 
>.<

Dulu pola makanku kira-kira begini :
jam 8.00 sebelum ke kantor aku makan pagi (makan paginya nasi goreng, soto, spaghetti)   
jam 10.00 di kantor biasanya diajak temen makan lagi gorengan atau jajan bakso
jam 12.00 makan siang
jam 16.00 ngemil lagi cari makanan
jam 19.00 di rumah makan malam
jam 22.00 sambil nonton TV minum susu, makan martabak, makan cemilan, dll

Dalam beberapa bulan beratku langsung naik, cek kesehatan juga kesehatanku nggak bagus >.< Aku shock, dan aku baru tahu turunin berat badan itu susah. Akhirnya kalau kalian lihat tahun lalu, kita berdua cobain 7 Day Smoothie Challenge, yang masih terus berlanjut sampai sekarang. Kemudian untuk makan siangnya kita tambahin makan salad (resep salad kesukaan kita di sini) dengan harapan kita makan banyak sayur.

Sekarang pola makan ku kira-kira begini :
Bangun tidur setelah minum air putih aku minum Extra Virgin Organic Olive Oil 1 sendok makan (beli di sini) untuk kesehatan kulit dan jantung
jam 8.00 makan buah dan minum smoothies
jam 10.00 makan buah lagi (biasanya pisang, jeruk, apel)
jam 12.00 makan siang + salad 
jam 16.00 ngemil kacang, kue, buah, brownies atau apa pun yang ada hari itu
jam 19.00 di rumah makan malam + salad
Sebetulnya setelah makan malam kita berusaha untuk nggak makan lagi, tapi kita berdua doyan makan >.< kita sudah seberusaha mungkin nahan nafsu makan, tapi kita bener-bener suka makan huhu.
jam 21.00 ngemil lagi, kadang-kadang buah, kadang-kadang parahnya bikin indomie, pesen martabak, pesen nasi goreng duk duk. LOL

Sebetulnya kalo kalian lihat, porsi makanku nggak berubah banyak. Hanya saja cemilan berubah menjadi lebih banyak buah. Itu aja. Kalau kurangin porsi makan berat buatku. Tapi hanya dengan merubah cemilan jadi buah dan makan sayur lebih banyak berat badan jadi turun.

Salah satu sarapan yang paling aku suka adalah Blueberry Almond Milk. Aku ini penggemar minum susu, tapi aku alergi susu sapi. Perut suka kembung dan sakit kalau kebanyakan minum susu sapi. Untungnya sekarang ada susu almond yang mulai jadi trend karena dianggap jauh lebih sehat dari susu sapi. Apalagi sekarang susu sapi udah banyak yang nggak bagus, semuanya susu sapi olahan, sehingga gizi dari susu sapi juga udah nggak maksimal lagi. Bahkan di buku Hiromi Shinya : The Miracle of Enzyme, dibilang bahwa manusia nggak seharusnya minum susu sapi. Susu sapi hanya untuk sapi. (Ngomong-ngomong kita sangat rekomendasi kamu untuk baca bukunya yang best seller itu, karena memang bagus banget, bisa beli di Gramedia).

Aku akui sejak aku nggak minum susu sapi lagi, perutku udah nggak suka sakit, dulu aku suka kembung, mual, dan buang-buang angin setelah minum susu, badan juga nggak enak. Aku pikir itu karena aku kecapean. Aku nggak nyangka karena susu. Semua orang bilang susu sehat, bikin otak pintar, tulang kuat. Siapa coba yang pikir ternyata susu sapi bukan susu yang cocok buatku. Kalau Eve memang nggak doyan susu jadi dia nggak masalah hehe.

Jadi sejak itu di rumah udah nggak pernah beli susu sapi yang di supermarket lagi. Sebagai gantinya aku minum susu almond (beli di sini). Ini salah satu resep kesukaanku untuk sarapan.

Blueberry Almond Milk
• 1 Sendok Herbalife Formula 1 Nutrition Shake Mix Wild Berry (beli di sini)
• 2-3 sendok Almond Milk Powder (beli di sini)
• 1 cup blueberry (kalau nggak ada blueberry bisa diganti buah lain)
• air secukupnya, kalau mau dingin tambah es batu^^
• 1 sendok chia seeds (beli di sini)
Note :  Chia seeds memang akhir-akhir ini semakin populer karena semakin banyak orang yang tahu akan khasiatnya. Chia Seeds adalah biji-bijian superfood (makanan sehat yang padat dan kaya akan gizi untuk tubuh) yang mengandung banyak serat, protein, dan antioksidan. Chia seeds dapat menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan dengan mengikat dan membuang toxin yang ada di dalam usus serta dapat membantu mengurangi kolestrol.
• Kalau kamu suka manis, bisa tambah madu.
Cara buatnya sangat mudah masukan semua ke blender selama 2-3 menit sampai semua menjadi halus.
Tuang ke dalam glass vintage glass jar (beli di sini)
 
Jadi deh^^

Kalau kamu mau buat minuman almond milk yang simple, kita pernah bahas di sini 

Jadi kesimpulannya adalah :
• Perbanyak makan buah dan sayuran sebanyak mungkin, setelah kenyang dengan buah dan sayuran otomatis makan nasi dan daging akan berkurang.
• Hindari semua yang digoreng. Kita berdua doyan banget sesuatu yang digoreng, tapi kita mulai kurangin. Misalnya makan yang digoreng seminggu sekali aja. 
• Di rumah selalu siapkan buah, jadi kalo mulut lagi pengen ngunyah makannya buah. 
• Minum banyak air putih^^
• Daripada minum suplemen pelangsing, aku lebih percaya mengganti pola makan untuk dapetin berat badan yang ideal dan hidup sehat. Jadi aku minum Extra Virgin Olive Oil dan Chia Seeds untuk sehari-hari.
Jangan berharap langsung cepet turun drastis. Lebih baik pelan-pelan tapi stabil, daripada turun berat badannya cepet, terus nanti naik lagi.
• Jangan tahan lapar, saat kamu tahan lapar, nafsu makan akan menjadi-jadi yang malah membuat makan lebih banyak. Jadi kalau lapar langsung makan buah.
• Ganti nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah akan buat kamu lebih kenyang sehingga kamu makan nasi lebih sedikit. Nasi merah juga kaya akan serat dan bagus untuk kesehatan.

Yang perlu diperhatikan :
Tips dan resep di atas adalah berdasarkan pengalamanku sehari-hari dan apa yang cocok buatku. Belum tentu cocok buat semua orang ya. :)

Sebetulnya memang yang mau rencana untuk jaga kesehatan dimulai dari aku. Jadi aku minta mama tiap hari siapin sayuran dan buah. Terus jangan masak ayam goreng, cumi goreng, dll. LOL. Pertama-tama mama dan Eve nggak setuju sama sekali, tapi aku tetep ngotot sampai akhirnya sekarang udah jadi kebiasaan makan sayur dan buah. Suatu hari di meja makan Eve bilang, "aku ngerasa sejak pola makan kita seperti ini badan jadi jarang capek dan lebih segar." 

Eve dan mama juga jadi turun sekitar 3-4 kg hehe^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar