ShareThis

Minggu, 08 Maret 2015

Interview : Cantik alami dengan Evete Naturals

Kali ini kita akan interview dengan Pembuat Brand Evete Naturals yang mulai terbentuk sejak Juli 2014, dan launching pertamanya di bulan September 2014.

Setelah cobain produk mereka dan suka dengan produknya yaitu Lip Balm dan Body Butter (review Evete lip balm di sini dan review Evete Body Butter di sini) kita jadi tertarik untuk interview mereka, karena kita kagum dengan kreativitas mereka yang bisa membuat produk buatan dalam negeri seperti produk bertaraf internasional. Dengan interview kali ini, mudah-mudahan bisa semakin meningkatkan apresiasi pembaca terhadap Brand Lokal^^

Kemudian buat temen-temen yang pengen coba membuka usaha kreatif sendiri siapa tahu juga bisa terinspirasi dengan jawaban mereka karena kita tahu banyak orang Indonesia yang kreatif dan ingin membuat lapangan usaha sendiri tapi masih ragu, maka itu kita sengaja mengadakan tanya jawab dengan Evete Naturals. Yuk disimak :D


1. Siapkah sajakah Team dari Evete Naturals ini?
Team  Evete Naturals saat ini terdiri dari 3 orang, Erma, Vania dan Triska
Vania yang di Tangerang bertanggung jawab untuk mengelola social media Evete Naturals, mengembangkan strategi marketing dan juga berperan sebagai customer service.
Erma dan Triska yang berdomisili di Yogya, bertanggung jawab untuk memproduksi produk- produk Evete, mengemas dan mengirim pesanan ke customer dan juga in charge of product development.
Khusus untuk Erma dia tim kreatif Evete! Handal banget dalam menangani hal-hal kecil, seperti design box dan packaging Evete. Triska bertanggung jawab atas financial Evete.

2. Bagaimana sih awalnya konsep dan ide brand Evete ini dibuat? Butuh waktu berapa lama?
Awalnya, ide brand Evete ini muncul karena kesenangan kami terhadap kosmetik dan juga gaya hidup yang sehat. Kami ingin brand yang dikenal karena produk nya yg berkualitas tentunya, yang dibuat dari bahan baku terbaik dari alam. Simple formulations namun efektif, karena semua bahan mempunyai khasiatnya masing masing. Great texture. Honest dan open tentang ingredients yang kita gunakan dan asalnya darimana. Jadi akhirnya kita menjunjung konsep brand yang simple, natural dan honest. Membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk mematangkan brand Evete dan memformulasikan produknya.


3. Kita melihat packagingnya bagus banget^^, bagaimana bisa terinspirasi dengan packaging nya yang keren habis?
Inspirasi packaging nya didapat dari konsep brand Evete itu sendiri, clean-white look untuk menonjolkan kesan simple, natural dan honest.
Dari kemasan juga kami berharap bahwa kesan pertama nya adalah produk evete itu berkualitas dan diolah dengan standar yang tinggi. 
Kami menyadari betapa penting nya kemasan, jika produk berkualitas bagus namun packagingnya kurang sepertinya sayang sekali, karena akan lebih sulit untuk membuat orang percaya.
Kalau untuk ilustrasinya, kami bertiga ingin sekali Evete Naturals punya keunikan dan khasnya tersendiri, jadi dalam membangun Evete Naturals ini kami meminta tolong salah satu teman dekat untuk membantu dalam membuat ilustrasi-ilustrasi tersebut.
Kami juga memiliki kesadaran bahwa copyright itu penting banget, sehingga tidak mau asal ambil/ comot gambar di google. 

4. Dimana kalian belajar cara membuat produk homemade ini? Apakah ada yang sekolah farmasi atau kreativitas sendiri saja? 
Belajar bikin product homemade self-taught sendiri, banyak mencari informasi dari internet, baca jurnal-jurnal kosmetik dan juga mencari informasi agar produknya cocok dengan iklim Indonesia. Gak ada yang berlatar-belakang khusus farmasi/ botanical, bertiga dari jurusan teknik kimia. Tapi dari dulu sudah tertarik di cosmetic science.Namun terpakai juga sedikit- sedikit ilmu teknik kimia nya hehe. Soalnya di teknik kimia juga mempelajari dasar2 ilmu kimia organik dan proses2 di industri. Mempelajari sifat-sifat bahan dan juga HSE.


5. Sekarang kan banyak banget juga produk lain yang punya konsep alami, menurut kamu apa yang menjadi perbedaan produk Evete dengan Brand lainnya?
* Honesty, brand evete sangat mementingkan honesty dan openness.
Kami sangat percaya bahwa customer punya hak untuk tau apa sih yang ada di dalam produk yang mereka beli. That’s why our full ingredient list is very important for us.Kami mencantumkan ingredient list dengan urutan kadar tertinggi hingga terendah. Nothing hidden! Hehe. We are also very open about where we source our ingredients from.
* We are OCD when it comes to product texture! Kadang texture produk itu agak dikesampingkan dengan produk alami. Kami sih dari dulu ingin texture nya semirip mungkin dengan produk komersial, jadi alami namun tetap nyaman untuk digunakan. Sebelum launching produk, dulu kami melakukan puluhan trial komposisi dan metode sehingga didapat texture yang diinginkan.
* Quality control! Value yang sangat penting bagi kami adalah menjaga setiap batch produk keluar dengan standar kualitas yang sama. yang membedakan evete dari produk lain adalah kualitas. Kami selalu memastikan bahwa bahan yang kami gunakan adalah bahan yang bagus. bahan yang kami gunakan semaksimal mungkin memang bahan yang sangat berguna untuk tubuh. bahan yang kualitasnya terpercaya, murni dan memang skin safe. selain kualitas bahan, tentunya juga kualitas produk.
Kami tidak hanya menjual produk sekadar untuk mencari profit, tetapi juga memang berguna bagi pemakai testimoni dan kepuasan pelanggan merupakan semangat tersendiri bagi kami untuk terus memberikan yg terbaik bagi customer.

6. Dalam 1 bulan bisa menjual berapa produk dan apa sih produk yang paling laris?
Best selling tiap bulan berubah-ubah, tapi yang jelas favorit itu lip balm lemon ginger dan body butter lavender. Lip balm chocolate mint juga sedang naik daun hehe. Mungkin karena unik dan tidak ditemukan ditempat lain. 

7. Bagaimana sih cara promosi dan pemasaran Evete agar tetap menonjol dan sukses?
Kalo promosi onlinenya bervariasi sekali ya, cukup kagum dengan banyaknya bantuan promosi jaman sekarang, kami mencoba berbagai macam promosi, kirim ke blogger untuk review (seperti ke mylovelysister ini!), endorse, paid promote, dll. Promosi offlinenya lebih cenderung lewat kerabat, teman terdekat dahulu. Mereka sangat membantu sekali untuk menyebarkan Evete Naturals from mouth to mouth

8. Ada nggak saran untuk pembaca yang pengen juga memulai usaha kreatif seperti kalian? 
Saran buat pembaca kalo ingin memulai usaha : berani aja!
Dikonsep, trus langsung action, jangan lama lama ragu, nanti idemu bisa keduluan orang lho. Hehe
Satu quote yang kami suka "decide that you want it more than you are afraid of it"

Keren banget kan Evete Naturals ini, walaupun saat ini hanya 3 orang, tapi produk mereka super awesome!

Kalau kamu tertarik produknya, kamu bisa cobain untuk beli produk Evete di sini. Khusus untuk bulan Maret akan ada diskon 10% body butternya (selama persediaan masih ada). :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar