ShareThis

Rabu, 25 Maret 2015

Photography Exercises 14 : Outdoor photography

Kita akui bahwa kita lebih sering foto di dalam ruangan, tapi kadang-kadang kalau ada kesempatan kita juga suka foto di luar rumah. Biasanya karena agak jarang foto di luar rumah, kita jadi suka grogi kalau foto di luar ruangan. Bingung mau foto apa karena di luar ruangan terlalu banyak tempat yang menarik buat dicoba. 

Pada awalnya kita pikir gampang aja foto di luar ruangan, cari lokasi bagus kemudian motret sana-sini. Tapi ternyata nggak segampang itu, karena hasil fotonya membosankan dan begitu-begitu saja. Kemudian setelah beberapa kali berkesperimen kita punya beberapa hal yang kita sukai saat kita berada di luar rumah.
'
Exercise To do :
1. Foto pemandangan
Kalau kamu pergi keluar rumah, jalan-jalan, liburan, atau memang pemandangan di depan rumahmu indah, silahkan banget ambil foto pemandangan. Tips saat foto pemandangan agar menarik adalah foto di saat yang berbeda-beda. Coba saat pagi hari, sore hari, atau malam hari. Hasil fotomu akan bervariasi dan lebih menarik. 

Foto ini diambil pada tengah hari.
Lalu foto ini diambil di tepi pantai yang menghadap kota pada saat matahari baru saja terbenam. Kamu bisa lihat lampu yang kecil-kecil itu adalah sebuah kota.
Untuk foto ini diambil pada malam hari di Hotel Marriott. Harusnya menggunakan tripod, tapi karena kita nggak bawa tripod kita letakkan kamera di meja agar hasilnya nggak blur/ getar.
Selain itu kamu juga bisa coba foto pemandangan plus orang. Di sini foto pemandangan dan Ai Ni yang lagi duduk, bisa menggambarkan betapa kecilnya Ai Ni dibandingkan dengan alam, sehingga menimbulkan kontras yang menarik.
Salah satu alasan kenapa kita suka foto pemandangan, fotonya bisa kita tambahkan quote dan kita print, kemudian kita tempel di kamar^^ Kalau kamu mau lihat contohnya bisa cek di sini

2. Foto diri sendiri/ selfie atau dengan teman. 
Kadang-kadang para fotografer suka ketinggalan di foto. Kalau kamu punya temen fotografer yang lagi keluar bareng sama kamu, pasti kamu sadar kan bahwa si fotografer itu jarang ada di foto karena dia selalu yang fotoin temen-temennya. Nah biasanya kita pakai timer kamera agar kita berdua masuk di foto.
Saat foto diri sendiri, ada bagusnya juga foto satu tubuh untuk mengingat baju apa yang kita pakai saat itu.
Atau yang paling gampang dilakukan tentu saja selfie sendiri :P

3. Foto barang bawaan
Foto barang-barang belanjaan/ bawaanmu. Kita suka foto barang yang kita bawa, karena nanti setelah beberapa tahun lagi, kita jadi bisa ingat-ingat lagi barang yang kita punya. Menurut kita foto ini menarik, karena sangat personal.

4.  Foto orang sekitar atau keramaian.
Coba lihat sekelilingmu dan perhatikan apa yang sedang dilakukan orang-orang sekitarmu.
Foto keramaian itu selalu menarik. Karena setelah beberapa tahun lagi, kita bisa ingat tentang kejadian di sekitar kita dengan melihat foto keramaian.
Salah satunya foto di bandara ini. Semua orang sedang terburu-buru mau naik pesawat. Bahkan waktu kita foto ini pun kita sedang terburu-buru harus ganti pesawat. Pengalaman yang seru!
Foto ini juga menarik, karena di foto dari kamar hotel di atas. Saat kita lihat foto ini, kita jadi ingat pemandangan dan keramaian di tempat ini.
Selain itu ada bagusnya juga foto orang-orang sekitar lingkungan. Kalau tadi keramaian, sekarang foto suatu hal yang lebih close up. Sehinga kita ingat tentang hal yang terjadi di sekitar kita.
Kadang-kadang saat kita foto-foto biasanya akan ada orang-orang atau anak-anak yang minta ikut difotoin juga hehe^^ Kita sangat suka foto ini, mengingatkan walaupun mereka adalah anak-anak dari latar belakang kurang mampu, tapi mereka sangat bahagia. Mereka duduk di kuburan dan berpose dengan ceria. Lihat anak paling kanan yang pakai baju kuning? Dia adalah penggemar Bruce Lee, dan baju kuningnya mirip banget dengan baju 'yellow jumpsuit' Bruce Lee. Dia selalu pakai baju itu.

5. Foto makanan
Foto makanan apa yang kamu beli atau pesan.
Foto makanan bisa membuat kita ingat, makanan yang dulu kita pernah coba. Dan kita bisa ingat makanan apa yang enak (mungkin nanti mau ngajak temen makan lagi) atau makanan yang nggak enak.

6. Foto Shoot Through.
Di luar itu tempatnya jauh lebih luas daripada di dalam ruangan. Sehingga kamu bisa banyak bereksperimen dengan berbagai hal. Salah satunya adalah foto shoot through ini. Pemandangan tempat ini sebetulnya biasa saja dan agak membosankan. Maka itu Eve mencari ranting dedaunan untuk dijadikan bokeh saat sedang foto Ai Ni. Alhasil foto yang membosankan menjadi lebih dreamy.

7. Foto hal-hal yang biasanya tidak diperhatikan
Coba perhatikan dengan cermat hal sekitarmu. Karena kamu akan bisa menemukan hal-hal menarik. Kamu nggak perlu pergi ke tempat bagus atau mewah untuk mendapatkan foto yang bagus. Banyak fotografer hebat yang foto di lingkungan sekitarnya pun udah bisa mendapatkan foto bagus. Jadi kamu bisa coba ke depan rumahmu dan foto hal-hal yang selama ini nggak kamu perhatikan. 
Contohnya adalah saat tetes hujan membasahi pagar depan rumah kita, kita coba ambil tetesan airnya dari dekat. Foto ini simple banget dan bisa di foto di setiap rumah saat sedang hujan.


Foto di atas adalah foto-foto yang kita harapkan tetap menarik kalau kita lihat walaupun setelah bertahun-tahun kemudian, karena setiap foto mengingatkan kita pada suatu hal. Memang kebanyakan orang sekarang lebih suka foto untuk di post di social media, tapi menurut kita ada baiknya juga mulai foto tentang hal-hal yang bisa mengingatkan kita pada kehidupan kita setelah bertahun-tahun mendatang.

Masih banyak lagi sebetulnya hal menarik saat kita foto di luar ruangan. Tapi ke tujuh latihan di atas bisa membantumu untuk memulai fotografi outdoor :D
___________________________________

Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar