ShareThis

Kamis, 02 April 2015

Interview : Sukses Buat Usaha Baking Sendiri dengan Pastiche Patisserie

Kali ini kita akan menginterview pemilik Pastiche Patisserie, yaitu Agatha Agnes yang sudah membuka usaha Pie sejak Juli 2014. Kita pernah cobain produk Pastiche Patisserie, dan memang rasanya sangat enak. Waktu itu kita pesan 6 buah pie dan langsung habis dalam sekejap! Kita suka banget yang Peanut Butter dan Double Chocolate. Karena tertarik dengan latar belakang dan resep pie nya yang enak sekaligus usaha bisnis onlinenya. Maka itu kita membawa kamu ngobrol dengan si cantik pemilik Pastiche Patisserie.

Bagaimana awalnya kamu bisa membuka usaha ini dan apa kisah dibalik nama Pastiche Patisserie?
Awalnya dari hobby. Jadi dari dulu memang sudah suka banget sama baking, paling sering browse resep-resep menarik dari internet terus biasanya dipraktekin pas weekend. Soalnya biasanya pas weekend banyak sepupu-sepupu kecil pada datang ke rumah, dan seru aja ngeliatin mereka yang pada suka sama kue buatan aku. Jadinya makin semangat bikin-bikin kreasi yang lain :D

Kalo awal buka Pastiche karena banyak sepupu/keluarga/teman yang tahu kalo aku hobby baking. Dan banyak dari mereka yang uda cobain kue hasil buatanku dan memuji enak. Beberapa teman juga sering nyeletuk untuk coba buka Pastisserie shop sendiri cuma waktu itu masih belum yakin. Dan akhirnya setelah aku mutusin resign dari kerjaan di kantor, mulai terbesit kepikiran buat buka online bakeshop ini. Karena waktu itu aku punya banyak waktu juga di rumah buat fokus praktekin macem-macem resep kue apa yg kira-kira jadi product jualanku, prosesnya lumayan lama juga untuk nemuin racikan/takaran resep yang pas sampai akirnya jadilah signature product jualanku sekarang, yaitu mini pie with creamy pudding filling.

Untuk nama Pastiche sendiri dipilih karena artinya sesuai sama productnya. Jadi Pastiche sendiri berasal dari bahasa France yg artinya dough. Aku suka, karena menurutku semua finishing goods (kue) yg baik pasti berasal dari dough yang baik juga. Karena itu kita selalu bikin semuanya homemade dan fresh, termasuk pie crust (kulit pie) untuk si mini pie nya ini. Fresh karena baru kita buat jika ada pesanan.

Darimana kamu belajar keahlian membuat pie?
Belajarnya dari hasil trial and error sendiri aja cobain praktekin macem-macem resep sendiri. Kalo untuk pie sendiri nyari ilmunya online aja sih, browse resep di internet atau sering liat video di Youtube untuk cari teknik-teknik bikin pie dough yang baik gimana.

Apa kelebihan dari Pie Pastiche sehingga produkmu lebih spesial dari produk lainnya?
Menurutku pie yang baik itu kuncinya di pie crustnya (kulitnya), pasti akan terasa perbedaan rasa dan kualitas antara yang dibuat sendiri dengan adonan/ product jadi yang dijual dipasaran. Karena bikin kulit pie ini lumayan tricky dan butuh perlakuan khusus. Bahan-bahan yg kita pakai juga menentukan tekstur akhir dari si kulit pie. Jadi aku ngga bisa bandingin dengan product lainnya sih, masing-masing pasti punya resep andalan sendiri untuk bakegoodsnya begitu juga dengan aku, tapi yang paling penting adalah aku selalu menjaga dengan memakai bahan-bahan yang semuanya berkualitas baik dan fresh untuk mendapatkan kualitas akhir yang baik juga.


Kita melihat packagingnya lucu banget bagaimana awalnya konsep dan ide Brand Pastiche Patisserie ini bisa muncul? 
Kalo packaging kebetulan aku punya adik seorang designer. Jadi semua urusan packaging/ logo/ design aku serhain semuanya ke dia. Aku cuma tinggal kasih beberapa gambaran/ konsep image Pastiche inginnya seperti apa ke dia terus nanti dia yg buatin designnya.

Terus foto-foto di instagrammu itu lucu-lucu banget juga, gimana biar bisa dapetin foto yang cantik dan menarik seperti itu? Jujur nih kalau kita mampir ke IG kamu rasanya jadi lapar karena lihat fotonya :D
Kalo lapar jangan cuma mampir tapi beli juga dong! :D
Untuk foto sendiri nggak ada pembelajaran khusus sih, basically aku cuma mencoba mengatur susunan objects diatas meja yang mana yang kira-kira tampak menarik buat dicapture hehe. Pemilihan angle foto dan penggunaan property pendukung seperti gelas/ piring/ kain atau bahkan bunga juga penting biar fotonya semakin menarik.

Apa sih produk utamamu, terdiri dari apa aja, dan apa yang paling best seller?
Produk utamanya mini pie with creamy pudding filling. Jadi ini adalah cream puding lembut yang dibungkus dengan kulit pie. Kita sengaja memadukan 2 tekstur yang kontras antara filling pudding yang manis dan lembut dengan kulit pie yang garing. Dan kekontrasaan inilah yang justru menyeimbangkan rasanya. Untuk penyajian mini pie ini paling enak dimakan dalam keadaan dingin, karena puddingnya jadi lebih berasa segar dimakan bareng kulit pienya.

Ada 7 rasa saat ini :
Double chocolate, vanilla cranberry, classic green tea, caramel brown sugar, chocolate banana, blueberry frosting dan peanut butter.

Yang paling best seller adalah rasa double chocolate dan classic green tea.

Bagiamana cara kamu mengirim produkmu ke customer agar pie buatanmu yang cantik-cantik tetap sampai utuh ke customer?
Aku pakai jasa food kurir khusus dari luar dan biasanya mereka sudah diperlengkapi dengan membawa alat yang mendukung untuk pengantaran kue seperti box pendingin, cooler pack dll. Kalau dari aku sendiri dengan memaksimalkan packing product yg aman dan lebih tahan guncangan selama diperjalanan.
Bagaimana sih cara promosi dan pemasaran Pastiche ini agar tetap menonjol dan sukses?
Untuk promosi kita beberapa kali ikut aktif di food bazaar. Selebihnya lewat socmed aja (instagram).

Menurutmu produkmu ini lebih diketahui orang karena social media atau dari mulut ke mulut?
Dua-duanya mendukung sih. Setelah aktif ikut bazaar banyak dari mereka yang mengontak kami utk pemesanan kue kembali. Sementara socmed juga punya peranan besar terhadap bisnis kami, karena di jaman sekarang orang serba aktif di dunia internet jadi ketika ada yang beli produk kami dan memasukkannya ke socmed mereka lalu dilihat oleh para followersnya dari situ penyebarannya juga lebih cepat dan tepat.

Ada nggak tips dan saran untuk para pembaca yang pengen punya usaha sendiri? 
Kalo kalian punya minat dan passion di satu bidang tertentu dan kalian merasa menguasai bidang tersebut, coba aja untuk beraniin diri buat ngembanginnya. Apalagi sekarang dengan jaman serba online semakin memudahkan kita para penjual untuk membuka usaha tanpa harus mengeluarkan modal banyak untuk menyewa tempat usaha.

Jadi paling pertama harus dengan riset atau cari tahu sebanyak-banyaknya tentang faktor pendukung dan resiko dari usaha yang pengen kamu jalanin itu. Kalau sudah coba dengan mulai membuat daftar apa saja yang dibutuhkan; seperti modal usaha/ peralatan pendukung/ cara pengiriman barang/ cara berpromosi/ atau bahkan kondisi pesaing dll.

Kalau dari mental memang rasa takut khawatir itu pasti ada. Tapi kadang ketakutan malah jadi penghalang yang bikin kita nggak maju-maju padahal rasa takut itu adanya cuma di kepala kita sendiri. Nggak usah takut gagal dulu, di dunia ini nggak ada yang bisa menjamin kita akan berhasil atau tidak di suatu bidang tertentu. Karena itu nggak ada cara lain buat cari tahu kalau kita nggak nyobain sendiri dan belajar dari situ. Tapi dengan kondisi tadi ya, semuanya sudah dengan persiapan yang matang dan baik.

Setelah baca ceritamu pasti banyak yang tertarik untuk cobain pie mu, bagaimana cara memesannya? :)
Follow instagram kami yah
@pastichepatisserie.
Utk pemesanan bisa lewat email order.pastiche@gmail.com atau lewat whatsapp 081806099889.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar