ShareThis

Selasa, 05 Mei 2015

Interview : Membuat Aksesoris Gemstone - hobby yang bisa menjadikan uang

Kali ini kita akan interview dengan Cindy Sally salah satu pembuat gemstone dan pemilik online shop Richi Chronicle Handmade Gemstone Jewelry . Pada awalnya kita tertarik untuk interview karena kita sangat penasaran dengan gemstone yang dibuat Cindy. Selama ini kita selalu taunya kalau beli aksesoris yang udah jadi dan jarang dengar yang handmade. Kemudian waktu Cindy minta kita endorse produknya kita juga melihat bahwa aksesoris gemstone yang dibuatnya ternyata nggak hanya menarik tapi penuh arti maka itu kita sangat tertarik.  Produknya sudah kita review di sini kalau kamu penasaran. 

Setelah interview dengan Cindy, kita makin kagum dengan dirinya, yang bisa membuat hobbynya menjadi suatu bisnis. Dan Cindy juga nggak pelit-pelit bercerita tentang pengalamannya dalam membuat gemstone.

Bisa diceritakan sekilas bagaimana awalnya kamu bisa membuka usaha ini dan apa kisah dibalik nama richi_chronicle? Apa yang membuat kamu termotivasi untuk membuat usaha ini?
Jadi kenapa aku bisa buka online shop ini, awalnya ada sahabat aku yang kasih tau aku soal birthstone. Karena aku ulang tahun di bulan januari, birthstone aku itu garnet. Dari situ aku jadi nyari gelang garnet. Tapi ternyata di sini (indonesia) agak susah cari model lucu-lucu yang pake batu garnet itu. Nah awalnya dari situ itu aku mau buat sendiri gemstone untuk aku. Terus pas beli material-material nya malah jd beli banyak gemstone yang lain karena bagus-bagus. Aku termotivasi untuk buka onlineshop ini sebenernya karena liat web-web luar negri yang sekarang lagi trend banget handcrafted jewelry. Aku yang asalnya lulusan arsitek, aku suka banget ngedesain-desain. Jadi aku coba untuk buat dan jual. Awalnya nggak pede sih karena biasanya aku susah laku kalo jualan online. Tapi ternyata cukup banyak peminatnya. Aku seneng banget.

Kenapa bisa namanya richi_chronicle?
Richi itu sebnernya nama singkatan aku dan seseorang.. Haha jadi aku sering pake nama richi sebagai nick/identitas aku di dunia maya. Chronicle itu aku hubungin dengan material utama aku yaitu gemstone yang masing-masing punya makna dan history yang unik.

Berapa lama persiapan online shop sampai akhirnya jadi online shop yang menjual gemstone?
Persiapan ini sebenernya sebentar. Aku baru banget beli semua material itu sekitar pertengahan maret 2015. Lalu aku mulai buka di onlineshop di instagram sejak akhir maret. Nahh.. Tapi mikirnya ini yang lama. Jadi sebelum aku beli semua aku udah persiapin duluan apa aja yang perlu aku buat. Seperti nama, identitas produk, branding image, kumpulin followers di instagram, packaging, dll. Tapi baru ada di pikiran dan di catatan. Setelah materialnya sudah ada baru deh aku coba-coba buat semua.

Sebenarnya apa sih gemstone itu? Bisa nggak dijelaskan secara singkat tentang gemstone? Kenapa kamu memilih membuat aksesoris dengan gemstone bukan yang lainnya?
Gemstone/ batu permata adalah batu mineral yang terbentuk dari proses geologi. Di dalamnya terkandung satu atau beberapa unsur kimia. Kalo aku baca beberapa situs, di dalam ilmu astrologi, gemstone ini berguna sebagai remedial untuk meningkatkan kekuatan planet. Nahh dari situ aku dapetin nama-nama produk yang ada hubungan dengan planet dan alam semesta. (Contoh : 'milkyway' , 'vortex' , 'eclipse')
Alasan aku milih aksesoris gemstone karena :
1. Aku suka warna-warna gemstone yang punya karakter masing-masing dan unik.
2. Aku suka filosofi ataupun yang orang bilang ada energi positif yang terkandung dalam setiap gemstone. Karena itu aku berusaha jual gemstone yang natural bukan yang sudah ditambah pewarna/ disepuh. Aku pengen pembelinya ngeliat warna aslinya yang bikin gemstone itu sendiri jadi menarik.

Untuk inspirasi gemstone ini kamu cari dimana karena kan untuk membuat aksesoris butuh kreativitas tinggi sehingga hasilnya terus menarik.:D
Awalnya aku liat dari website luar negeri, ada salah satu web yang juga banyak ngejual barang-barang handcrafted dari seluruh dunia. Dari situ aku terinspirasi dan pengen bisa buat juga. Setelah itu aku kreasiin sendiri sama imajinasiku. Karena kalo keseringan liat takutnya desainnya jadi nggak orisinil. Hehe

Darimana kamu mempelajari  membuat gemstone? Kita melihat produk gemstone yang kamu buat unik dan cantik-cantik, sudah berapa lama belajar membuat gemstone?^^
Sebenernya sebentar banget belajarnya.. >.<
Awalnya bikin salah terus2an dan desainnya kurang bagus. Tangan juga pada sakit dan jadi kelupas waktu proses buat. Tapi semakin banyak nyoba aku jadi tau celahnya. Jadi makin lama bisa makin bagus bentuknya.. Awalnya pletat pletot.. Hehehe
Ya kira-kira setengah bulan itu belajarnya, dengan cara coba2 sendiri >,<

Berapa lama sih membuat satu aksesoris dari gemstone ini? Apakah prosesnya sulit?
Sesungguhnya... Prosesnya sangat sebentar. Kira-kira 10 menit. Yang sulit itu lilitannya terkadang suka nggak sama. Dan kalo lilitannya nggak sama, diliatnya juga keliatan beda. Kalo udah salah lilit ini yang bikin jadi lama. Bisa sampe lebih dari sejam ngulang lilitan sampe terlihat bagus dan sesuai sama yang udah aku foto.

Apakah customer boleh merequest order sesuai yang mereka mau? Misalnya warna, bentuk, dan gemstone sesuai yang mereka mau?
Customer tidak bisa merequest warna, bentuk dll. Karena kan gemstone ini ada banyak banget macam dan bentuknya. Kalo direquest terlalu susah untuk aku atur. Tapi untuk beberapa kasus tertentu aku sanggupin. Seperti beberapa customer sempet ada yang order batu rose quartz untuk cincin jenis vortex. Aku ga pajang fotonya tapi aku memang sedia batu rose quartz. Jadi aku sanggupin. Ada juga yang minta batu rose quartz juga untuk desain gelang sunny citrine. Itu juga aku sanggupin karena kebetulan materialnya aku ada. Tapi untuk size cincin dan gelangnya aku terima custom size ^^
Maksudnya ada nama vortex, eclipse, atau milkyway itu apa sih?
Vortex itu kan artinya pusaran. Karena cincin yang aku buat nyerupain pusaran air/angin. Aku namain vortex.
Kalo yang eclipse ada metal beads nya satu pasang. Dan letaknya kan segaris dengan batu nya. Aku namain itu eclipse = gerhana. Karena gerhana kan terjadi saat posisi matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis sejajar. Hehe
Kalo milkyway karena aku pakai double sepasang metal beads. Anggapannya seperti planet-planet yang ada di dalam bimasakti. Jadi aku namain milkyway=bimasakti.

Kamu bilang baru memulai usaha Gemstone, apa tantangan awal saat memulai menjual aksesoris gemstone ini?
Tantangannya ini membangun image dari aksesoris yang aku buat. Karena kebanyakan aku liat orang Indo ini kadang suka meragukan hasil handmade. Aku takut banget tanggepan customer jelek sewaktu barangnya sampe. Membangun kepercayaan dan menggali lagi desain yang unik yang buat aku jadi tantangan tersulit waktu awal bangun olshop ini.

Bagaimana cara kamu mempromosikan produkmu? Apakah melaui teman, keluarga, atau social media? Kita melihat walaupun produkmu masih baru tapi sudah banyak peminatnya dan followermu di Instagram sudah cukup banyak padahal baru launching bulan lalu:)
Jadi sebelum launching aku memang udah lebih dulu siapin instagram dan kumpulin followers, semua cara aku lakuin untuk perkenalin produk aku. Aku juga jual melalui carousell. Sekarang aku mulai buka di tokopedia dan bukalapak juga. Untuk awal ini aku emang pengen sebanyak-banyaknya orang bisa tau tentang brand aku. Aku juga sekarang lagi ngadain giveaway biar orang-orang lebih kenal apa sih richi_chronicle itu.
Kalo sebarin ke temen dan keluarga emang ada juga tapi semua jarang yang pake instagram paling cuma beberapa.. Dan yang beli produk aku bukan temen aku sendiri malahan. Nggak kenal semua.

Apa kelebihan produkmu dibanding produk kompetitor?
Kalo ditanya kelebihan desain sih bingung juga ya... Karena menurut aku design handcrafted seperti ini biasanya tergantung customer liatnya gimana. Kalo lebih sreg ke design aku pastinya akan beli dari aku terus. Semua design handcrafted menurut aku ada karakternya masing-masing. Meski meniru pun beda yang buat pasti hasilnya juga beda.
Tapi yang pasti dari awal aku udah persiapin diri untuk jual produk yang dikategorikam 'baik'. Jadi dari pemilihan material aku pertimbangin bahan-bahan yang susah untuk karat dan nggak bikin alergi. Seperti cincin yang aku jual sekarang materialnya itu ada anti tarnishnya dan ada lapisan silvernya. Meskipun nantinya pasti bisa berubah warna karena proses oksidasi (logam silver pasti mudah teroksidasi) tapi material yang aku pake itu akan susah berkarat asal dirawat dengan benar (jangan sering kena sabun atau parfum), kalau air nggak masalah. Lapisan silver ini juga selain bikin cincinnya jadi keliatan mengkilat, juga untuk meminimalisir orang-orang yang alergi perhiasan selain emas/perak.
Aku memang berusaha cari material yang anti karat. Tapi aku nggak bisa claim semuanya nggak akan berkarat. Seperti yang materialnya dari rantai bronze itu. Bisa jadi karat kalo keseringan kena air dan kimia-kimia lain seperti sabun, parfum, dll. Yang ada lapisan silvernya lebih tahan. Hehe.
Selain dari desain dan material aku juga siapin packaging khusus yang aku buat sendiri, jadi kalo produk aku nggak jelek-jelek banget untuk dijadiin kado. Hehe ^^

Sampai saat ini apa produk best sellermu?
Yang pertama : amethyst vortex ring, yang kedua : garnet vortex ring.

Kamu sendiri paling suka gemstone seperti apa?
Aku paling suka tentu sama birthstone aku yaitu garnet. Nggak tau cuma perasaan atau gimana. Sejak aku pake garnet eclipse ring ini (yang fotonya aku post di post pertama aku di instagram ) aku jadi merasa beruntung. Sebelumnya aku sempet merasa putus asa dan nggak bersemangat karena suatu hal.

Ada nggak tips dan saran untuk para pembaca yang pengen punya usaha sendiri tapi masih khawatir dengan kendala nggak laku dan bingung cara promosi produk?
Tips aku jangan takut untuk mencoba. Salah nggak apa. Jatoh juga nggak apa. Bangkit lagi aja. Habis bangkit pastinya akan jadi lebih baik.
Kalo pikiran buntu nggak bisa mikir ide kreatif. Tinggalin dulu aja, lalu lihat dari sudut pandang yang lain. (aku menemukan ide ini juga tanpa aku sangka-sangka sendiri, dan semua jalan begitu aja )
Saran lainnya harus tekun. Pengalaman aku pas ada orderan bertubi-tubi. Aku nggak sempat post foto di ig atau sounding di sana sini (karena aku kerjain semua sendiri mulai dari desain, foto, post, bales komen, bikin packaging,sampe kirim paketnya ). Karena aku stop sounding itu aku ga dapet orderan lagi. Jadi harus tekun sekali apalagi baru merintis seperti aku. Awalnya memang berat. Tapi harus coba berusaha dan jangan setengah-tengah usahanya. Good luck semua^^

Untuk pemesanan aksesoris gemstone ini 

Contact : 
richi_chronicle@gmail.com 
769E1995 
line : @richi_chronicle
http://carousell.com/richi_chronicle

Gunakan voucher RICHIMLS10 untuk mendapatkan diskon 10% berlaku sampai 30 Juni 2015. :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar