ShareThis

Kamis, 11 Juni 2015

Thursday's Tips 102 : Tips yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kulit sehat

Kita sering mendapat pertanyaan kenapa setelah melakukan perawatan, tapi kulit masih nggak terlalu ada perubahan. Awalnya kita juga bingung kenapa, tapi setelah cukup lama ngeblog kita mendapat pengalaman dari para pembaca, teman, dan diri kita sendiri. Ada faktor lain yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kulit sehat.

Air
Air adalah hal yang paling penting bagi kehidupan. Air yang diminum dan air yang dipakai sangat berpengaruh pada kesehatan. Karena Mama suka baca buku kesehatan, kita sekarang minum air mineral, dulu kita minum air isi ulang. Tapi air isi ulang itu kalau dituang ke dispenser, dispenser kita jadi licin dan berlumut dan suka berpasir di bawahnya (kita nggak bilang semua air isi ulang, tapi air isi ulang yang biasa kita dulu pesen seperti itu). Sejak itu kita ganti air Aqua, sejak minum air Aqua dispenser di rumah selalu bersih dan nggak ada sisa licin-licinnya apalagi pasir. Bayangin aja apabila kita minum air yang 'licin' terus menerus tubuh pasti ada dampak pada tubuh.
Hal lain lagi adalah, setelah pindah rumah, kulit Ai Ni jadi parah karena air di rumah sekarang airnya keras dan berbau menyengat. Jadi yang sekarang dilakuin Ai Ni adalah setelah mencuci muka, semprot Avene Facial Mist banyak-banyak ke wajahnya. Avene ini memang cuma air biasa, tapi air yang sangat baik, sehingga banyak yang review bahwa bahkan jerawat aja bisa sembuh sama Avene ini (padahal isinya cuma air). Kualitas air itu ngaruh banget kan.


Lingkungan
Waktu Eve yang kulitnya baik-baik saja kemudian pindah ke lingkungan baru seperti yang dibilang di post ini, kulit Eve langsung berubah drastis. Lingkungan dimana kita tinggal sangat mempengaruhi kondisi kulit kita. Kita pernah mendengar orang yang kuliah di Korea kulitnya di sana halus dan nggak bermasalah, tapi setelah liburan pulang ke Indonesia kulitnya langsung jerawatan.
Waktu Ai Ni yang kulitnya lagi sensitif terus liburan ke luar negeri, kulitnya yang sensitif dan merah langsung halus dan mulus di sana, bahkan karena liburan jadi males melakukan perawatan pun nggak masalah. Tapi waktu balik lagi ke Jakarta kulitnya kumat lagi >.<
Tapi walaupun begitu bukan berarti kita harus pindah tempat tinggal, jadi yang harus diperhatikan adalah merubah skin care yang biasa digunakan.

Stress
Pernah punya temen yang lagi happy karena jatuh cinta atau dapat rejeki mendadak, pasti wajahnya langsung cerah dan cantik. Kamu yang jadi temennya pun pasti ngerasa kok kulit wajahnya berseri-seri, atau mungkin kamu juga pernah ngalamin hal itu. Tapi kalau temenmu yang tadinya happy terus patah hati atau mengalami masalah (apalagi masalahnya bisa berbulan-bulan) kulitnya pasti langsung terlihat lebih kusam bahkan tua.
Waktu remaja Ai Ni mengalami banyak masalah dalam hidupnya (baca post ini kalau kamu pengen tahu^^), waktu itu Ai Ni baru berumur 16-17 tahun, tapi wajahnya udah kelihatan kaya nenek-nenek. Bener-bener pucat, kusam, dan jelek >.< Nggak ada cowok sedikit pun yang mau ngelirik karena tampangnya udah seperti nenek tua, dulu pernah ada acara drama Ai Ni disuruh jadi pemeran nenek karena mirip. Sekarang setelah hampir 10 tahun kemudian, kulit wajah Ai Ni jauh terlihat lebih sehat dan muda dibanding masih remaja LOL. Padahal kata orang cewek remaja itu masa cantik-cantiknya. Malah sekarang Ai Ni sering dikira beberapa tahun lebih muda dari umurnya, jadi banyak cowok yang jauhhhhh di bawah umur Ai Ni deketin dia karena dikira seumuran. Pas sebut umur biasanya mereka shock. Agak awkward juga sebetulnya :P
Kita pernah tulis tips agar lebih bahagia di post ini

Makanan
Sekarang untuk makanan, kita agak mengurangi yang goreng-gorengan dan berusaha lebih banyak makan buah (baca post tips diet di sini). Selama makanan dijaga wajah masih nggak masalah. Kalau kita selama seminggu misalnya makan yang 'panas-panas' seperti gorengan, KFC, es krim, seafood , mie instant tanpa diselingi buah dan sayur terus menerus. Langsung tenggorokan sakit, dan tiba-tiba jerawat bisa muncul. Yang paling parah bisul juga bisa muncul di tangan, punggung, telinga, leher, dll. Kalau bisul kecil muncul sedikit aja sakitnya duhhhh, bisa nyeri banget.
Yang harus diperhatikan adalah kalau kamu mau merubah pola makananmu, kamu harus lakukan dengan serius. Hanya dalam 1 bulan nggak akan merubah apa-apa. Setelah 6 bulan ke atas baru terlihat perubahan yang signifikan. Ada orang yang nggak suka makan buah atau sayur, ada pembaca bilang makan jus buah mau muntah. Dulu Eve juga begitu, tapi lama-kelamaan setelah menjadi gaya hidup akhirnya terbiasa dan sekarang malah cari-cari buah kalau di rumah nggak ada buah.


Kurang Tidur
Sejak lembur terus karena kerjaan di My Lovely Sister Studio, keelastisan kulit turun drastis. Karena ketika tidur terutama pukul 10 malam sampai 1 pagi kulit sedang beregenerasi. Tapi kita malah di depan komputer bekerja. Pagi-pagi kulit langsung kelihatan jelek dan kasar. Nah kalau udah begini kita perlu namanya bantuan Sleeping Pack (favorit kita Dewytree Sleeping Pack review di sini) dan Beauty Oil. Sebelum tidur kita pakai terlebih dahulu sleeping pack atau beauty oil banyak-banyak ke seluruh wajah.

Pekerjaan
Ada orang yang contoh kerjaannya guru olah raga di lapangan atau bertani yang setiap hari harus kena panas. pasti kulitnya nggak akan sama dengan orang yang kulitnya bekerja di dalam ruangan.
Berbeda lagi dengan orang yang kerjanya di depan komputer dari pagi sampai malam, pasti kantung mata nya akan terlihat lebih gelap. Atau misalnya pekerjaan artis, dulu kita pernah nonton di Youtube, ada artis yang main film kungfu, jadi dia harus di pedalaman hutan berbulan-bulan. Sama sekali nggak ada waktu tidur, paling cuma tidur 3-4 jam atau tidur di sela-sela shooting. Subuh-subuh udah di full make up sampai jam 12 malam, kemudian baru bisa tidur sebentar, dan subuh-subuh harus full make up lagi selama berbulan-bulan harus begitu. Tentu aja walaupun artis bukan berarti kulitnya 'baik-baik' saja.
Maka itu misalnya kamu kerjanya harus berada di lapangan, cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan sunscreen setiap hari dan olesin terus setelah beberapa jam. Pulang ke rumah lakukan peeling, scrub, atau luluran. Atau misalnya kita kerja di depan komputer seharian, biasanya kantung mata kita itu bisa hitam banget apalagi sering tidur malam ngerjain design di My Lovely Sister Studio. Jadi kita wajib sering-sering maskeran dan pakai krim mata kalau nggak kantung mata bisa terlihat 'hitam membiru' banget.


Keturunan
Kulit Eve jauh lebih gampang gelap dibanding Ai Ni. Memang dasarnya kulit Eve lebih gelap, tapi kalau kena matahari sebentar aja langsung lebih gelap lagi. Kalau Ai Ni jadi merah setelah kena panas. Walaupun kita kakak adik tapi kulit kita berbeda banget. Maka itu cara penanganannya pun berbeda.
Kita juga punya temen, masih lebih muda jauh dari kita, tapi di matanya udah ada kerut yang jelas. Kita juga pernah melihat ada anak kecil baru 4-5 tahun tapi punya kantung mata yang sangat besar dan hitam. Padahal anak itu kelihatan sehat dan lincah, tapi memang ada beberapa orang yang dari kecil punya kantung mata yang lebih jelas dibanding yang lain.
Maka itu sangat perlu diperhatikan setiap kondisi masing-masing orang, karena Eve kulitnya gampang gelap, Eve lebih rajin menggunakan whitening body lotion, dan karena Ai Ni kulitnya gampang merah, dia pakai produk yang bisa untuk kulit sensitif.

Kesehatan 
Salah satu faktor yang menentukan kulit seseorang adalah kesehatannya. Peredaran darah yang tidak lancar adalah salah satu yang menyebabkan orang tidak sehat. Maka itu sekarang banyak yang melakukan terapi totok wajah (massage). Kita cukup suka melakukan ini, dan biasanya setelah di totok wajah, wajah lebih cerah dan segar. Hanya saja sekali totok wajah cukup mahal, bisa sekitar Rp 50.000- Rp 100.000. Dan agar hasilnya maksimal dilakukan seminggu 1-3 kali. Kalau harus terus ke salon buat totok wajah sebulan bisa keluar Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000. Jadi kita pakai alat ini Smart Patting Ceramic Lifter (beli di sini). Bisa berfungsi sebagai alat pijat dan alat mengencangkan. Caranya cuma ditekan tombolnya dan akan ada getaran yang bisa memijat wajah sekaligus melancarkan peredaran darah. Alat ini jauhhhh lebih murah daripada harus totok wajah setiap minggu. Bisa dipakai kita berdua dan Mama setiap hari. Cukup dipakai 5 menit aja^^ Gampang dan lebih hemat. Menurut kita ngaruh banget setelah dan sebelum melakukan massage wajah.

Perawatan dari dalam
Apabila skin care saja nggak cukup, kamu bisa lakukan perawatan dari dalam. Sejak bertambah umur, produksi collagen pada tubuh berkurang, maka itu sekarang kita minum tambahan suplemen kolagen agar kulit lebih kencang dan ada cadangan kolagen dalam tubuh. Memang sekarang hasilnya nggak akan terlalu terlihat tapi setelah nanti umur 30 tahun ke atas kita khawatir apabila nggak dijaga dari sekarang, keriput di kulit akan muncul lebih cepat.


Memang banyak hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, tapi bukan berarti kita harus menyerah pada keadaan. Apabila memang tuntutan pekerjaan, misalnya seperti kita harus lembur, kita akan jaga dengan makan banyak buah, sayur, dan minum suplement. Atau rajin-rajin melakukan massage wajah. :D

Satu hal lagi yang mau kita bilang semua info di atas adalah berdasarkan pengalaman kita, bukan berarti 100% betul ya dan bukan berarti harus diikuti semua cara kita. Di sini kita hanya sharing pengalaman aja :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar