ShareThis

Minggu, 30 Agustus 2015

Photography Exercises 18 : Crop pada photography

Seringkali untuk kita sendiri, saat sedang foto sesuatu sering tidak sadar, fotonya main asal jepret, kemudian setelah lihat di komputer baru 'ngeh' ternyata komposisi pada foto kita sama sekali nggak menarik. Salah satu yang kita pelajari selama motret, walaupun hasilnya kurang bagus, tapi masih bisa tertolong dengan bantuan 'crop tool'. Di kamera HP sekarang juga hampir semua aplikasi ada crop tool-nya. :)


Exercise To do :
1. Buka beberapa foto lama yang menurutmu tidak terpakai karena kompisisnya kurang bagus.
Kemudian crop dengan komposisi berbeda sehingga membuat fotomu itu menjadi 'baru'.
Contohnya adalah sebagai berikut:

Foto ini salah satu yang komposisinya berantakan. Kalau kamu lihat sama sekali nggak ada yang fokus karena terlalu ramai dengan banyak 'benda-benda' seperti yang diberi tanda panah.

Agar lebih fokus, kita memutuskan untuk meng-crop kanan kiri foto, seperti mengcrop perahu yang muncul sedikit dan terlihat nggak jelas :P
Setelah di crop hasilnya lebih fokus. Orang yang melihat foto matanya langsung tertuju pada titik yang paling ramai.

Contoh berikutnya adalah foto di bawah ini. Di bagian atas dan bawah (seperti yang ditunjuk tanda panah) tidak memberikan efek apa-apa pada foto ini, menurut kita membuat foto ini kurang kuat fokusnya.

Jadi kita buang atas dan bawah sehingga fotonya jadi arah landscape :) Fokusnya sekarang lebih kuat yaitu pada cookies.

Contoh terakhir adalah foto Eve waktu di siang hari, karena saat itu matahari terik banget, jadi nggak bisa melihat layar kamera dengan jelas. Akhirnya asal foto aja. Ternyata hasilnya banyak hal yang mengganggu di foto tersebut. Salah satunya dinding abu-abu yang muncul di belakang dan semacam kotak putih yang ada di bawah kanan foto. 

Agar komposisinya lebih kuat, kita crop lebih dekat. Sehingga fokus langsung ke wajah :)


Karena nge-crop itu sebenarnya sesuai selera, jadi kamu bisa bereksperimen dengan yang kamu mau. Yang paling penting adalah tanya diri sendiri sebelum crop, apa alasan kamu meng-crop sebuah foto. Apakah mau membuat fokus lebih baik? Atau memperbaiki komposisi yang kurang menarik?
Walaupun latihan ini sangat simple, tapi meng-crop foto bisa membantu kita untuk mendapatkan foto yang kurang menarik menjadi lebih menarik :)

________________________
Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar