ShareThis

Kamis, 13 Agustus 2015

Thursday's Tips 106 : 7 Tips Bersosialisasi di Social Media dan Dunia Maya


Kita udah ngeblog sejak 5 tahun lalu, udah banyak pengalaman yang kita lalui selama itu. Salah satu yang kita pelajari dan menurut kita sangat penting adalah cara kita bersosialisasi di social media. Menurut kita, walaupun di dunia maya tetap harus ada etikanya sendiri ^^
Berikut adalah etika yang menjadi standard saat kita menulis sesuatu di dunia maya:

1. Ramah dan Sopan
Yang ini menurut kita penting banget buat tetap ramah dan sopan saat bersosialisasi, apalagi di social media kita nggak ketemu orangnya langsung. Gampang aja buat kita ngomong sembarangan, toh orangnya nggak kita kenal juga. Tapi sebetulnya banyak orang yang nggak sadar, dibalik social media itu adalah orang juga. Jadi kita memperlakukan seperti kita mau diperlakukan. :)

2. If you can't say something nice, don't say anything at all
Pikirkan perasaan orang lain juga, kalau kamu pengen memberi komentar karena kamu melihat sesuatu yang menurut kamu salah atau nggak benar gunakan kata-kata yang ramah dan sopan. Misalnya ada blogger pemula yang menulis tutorial cara memakai eyeliner, tapi tutorialnya nggak jelas fotonya karena menggunakan kamera HP biasa, menurut kita nggak perlu ngomong kata-kata seperti, "ya ampun nih blog parah banget, nggak bisa buat tutorial kok mau buat tutorial." (yup ada loh orang yang ngomong seperti itu). Buat kita sendiri, apabila kita melihat post itu, kita mungkin nggak akan beri komentar, tapi kalau memang kita mau komentar kita akan ngomong, "wah terima kasih ya udah buat tutorialnya. Tapi fotonya terlalu kecil agak bingung ngeliatnya hehe. Terus buat tutorial ya^^" Kita inget dulu waktu awal-awal ngeblog, banyak foto kita yang jelek dengan kamera seadanya ditambah dengan tulisan kita yang kurang berkualitas, tapi pembaca baik banget sama kita, nggak kritik yang aneh-aneh, malah tetep sabar dan kasih masukan positif. Jadi kita ngerti perasaan orang yang baru awal-awal ngeblog. XD Beri setiap orang kesempatan, dan orang yang udah tulis blog tersebut, walaupun masih pemula, tapi dia udah meluangkan waktunya buat nulis dan ngajarin orang loh. Tanpa bayaran. Dia menggunakan waktu luangnya untuk mengajari orang lain. :)

3. Tetap positif pada kritik atau komentar negatif
Dimanapun, baik dunia nyata atau dunia maya, yang namanya komentar negatif, hater, atau orang-orang yang bikin kesel nggak bisa dihindari. Hanya satu yang bisa kita lakukan, pilih sendiri reaksi kita. Yang paling gampang adalah silahkan dibalas dengan kata-kata yang nggak enak juga. Atau kamu punya pilihan dijawab dengan kalimat positif (kita akui, sama sekali nggak gampang membalas hal negatif dengan positif). Tapi menurut kita, sama sekali nggak perlu untuk marah-marah pada komentar yang bikin sakit hati (sampai kadang bikin nggak bisa tidur LOL). Boleh aja kesel, namanya manusia pasti kalau dingomongin sembarangan bisa kesel. Itu sangat normal. Tapi nggak perlu emosi kita diluapkan di dunia maya. Ingat apa yang kamu tulis di dunia maya adalah permanen tattoo, nggak bisa dihilangkan. Walaupun mungkin kamu delete, tapi siapa tahu ada temen kamu yang udah save (print screen) tulisanmu. Kalau ada yang komentar pedas, langsung ingat tips pertama, jawab dengan ramah dan sopan.
Ingat juga, mungkin orang berkomentar negatif sedang mengalami hari buruk sehingga dia melimpahkannya ke orang di dunia maya. :) Jadi nggak perlu ditanggapi dengan membalas.

4. Jangan menulis dengan semua huruf besar atau dengan banyak singkatan
Kita pernah terima comment dari orang yang banyak singkatan, sejujurnya kita bingung dan nggak ngerti dia tulis apa. Kalau sudah seperti itu kita bingung harus jawab apa LOL.
Begitu juga dengan menggunakan huruf besar semua (capital), itu seperti kita bicara sambil berteriak terhadap orang tersebut.

5. Dengarkan
Untuk blog ini, banyak banget masukan, usulan, dan pertanyaan dari pembaca, kita seneng banget dengan semua hal tersebut, dan hal tersebut bikin kita ada ide buat bikin post yang up to date sesuai yang pembaca mau. Misalnya seperti post make up Korea dan BB Cream. Post-post tersebut kita buat karena kita berusaha mendengarkan pembaca kita. Kita mendengarkan semua, tapi nggak semua bisa kita lakukan. Misalnya banyak pembaca yang minta kita sering buat review, karena keterbatasan waktu dan ehm dana juga :P kita nggak bisa buat semua request review. Tapi kita akan berusaha minimal seminggu sekali pilih produk yang kita suka di Monday's Love Pick.

6. Jangan memaksa dan mengancam
Nggak cuma di dunia maya aja, di dunia nyata, kalau ada orang yang suka maksa juga pasti bakal dijauhin. Nah ada beberapa orang yang kadang suka maksa, untuk difollow back, untuk retweet, untuk nulis komen di blog nya, misalnya:
Ada orang yang tiba-tiba muncul di time line yang kita nggak kenal dan langsung ngomgong :
Kak udah ku follow ya, kalau kakak nggak folow aku unfollow.
Kak Follow akunku ya, akun yang ini, ini, dan ini.

7. Jujur, rendah hati, dan berlaku apa adanya.
Menurut kita penting buat jujur dan terbuka pada pembaca, misalnya kalau ada pembaca yang tanya kita nggak tahu, jawab saja nggak tahu. Nggak perlu pura-pura tahu agar terlihat hebat. Penting juga jujur saat menulis sesuatu, kita nggak menulis produk yang menurut kita nggak cocok dengan kita, misalnya ada sponsor yang minta kita tulis produk tapi ternyata produknya nggak sesuai dengan kita, maka kita akan bilang sesuai opini kita. Tapi tetap dengan bahasa yang sopan dan bukan dengan kata-kata negatif. Misalnya ada produk yang nggak cocok, kita akan bilang, produknya bagus, tapi sayangnya karena kulit kita kombinasi sedangkan produknya untuk kulit berminyak jadi hasilnya kurang cocok. Dengan bahasa yang tetap positif dan tidak bikin si sponsor kesal. Karena biar bagaimana pun sponsor tersebut juga sudah meluangkan waktu dan produknya untuk kita :) Kita harus memikirkan apabila kita di posisi sponsor tersebut.
Tapi ingat, karena ini di dunia maya, kadang ada domba, kadang ada serigala. Bukan berarti kamu harus terbuka dengan memberikan data diri dan hal-hal pribadi yang bisa membahayakan keselamatan ya. Be smart and be safe!

Buat kamu sendiri apa tips yang penting saat bersosialisasi di Social Media?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar