ShareThis

Rabu, 30 September 2015

Photography Exercises 19 : Memotret Pantai

Kali ini, kita akan kasih tips foto di pantai. Dulu awal tahun kita sempet liburan ke pantai juga, tapi fotonya nggak bagus dan nggak ada yang kita suka. Kemudian setelah bulan lalu sempet liburan ke pantai lagi, kita cari ide dan belajar dulu di internet, gimana dapetin foto di pantai yang bagus, sekalian latihan belajar foto-foto di pantai. Kalau kamu mau coba berikut langkahnya.


Exercise To do :
1. Pilih waktu yang tepat.
Foto di pantai bisa dapetin hasil warna foto yang bagus di waktu-waktu yang tepat karena jam sangat berpengaruh dengan warna langit dan warna air. Foto ini diambil sekitar jam 5.30 sore.
Kemudian setelah 15-20 menit kemudian, warnanya berubah menjadi warna ungu yang cantik. Hanya beda sedikit saja waktunya, hasil foto bisa berbeda.

2. Foto refleksi pada air
Salah satu yang paling menarik di pantai adalah foto bayangan/ pantulan di pantai. Misalnya foto ini, Ai Ni dan sepupunya punya pantulan di air yang membuat foto ini menjadi lebih unik.

3. Coba backlight
Foto backlight adalah salah satu style foto kesukaan kita karena membuat foto terlihat lebih dreamy dan warnanya jadi lebih samar-samar. Caranya adalah posisikan cahaya matahari di belakang subjek.

4. Candid photography
Foto teman-temanmu yang sedang beraktivitas tanpa kamu suruh mereka gaya atau melihat kamera. Hasilnya lebih ceria dan segar. Di foto ini Eve fotoin Ai Ni yang sedang have fun dengan para sepupunya.

5. Cari tempat kreatif
Foto di pantai nggak melulu harus berhubungan dengan laut, kamu bisa coba cari area dekat-dekat pantai yang tempatnya bagus dan menarik. Foto di bawah ini diambil di area dekat pantai.

6. Selfie/ potret dirimu.
Kalau kamu yang bawa kamera (baca: jadi fotografer) pasti fotomu yang paling sedikit masuk di dalam kamera karena kamu kebanyakan fotoin orang lain. Nah biar kamu sendiri nggak tertinggal di kamera, boleh banget foto selfie. Atau minta orang lain fotoin kamu. Kalau kamu bener-bener niat boleh juga bawa tripod.

7. Foto sekitar atau keramaian.
Pantai itu kadang sepi, kadang ramai. Tergantung lokasi dan waktunya. Kalau siang hari saat panas banget, pasti sepi, tapi akan mulai ramai setelah agak sore. Atau kalau lokasinya benar-benar ramai, biasanya jam berapa pun juga ramai. Nggak peduli ramai atau sepi, nggak ada salahnya foto area sekitar keindahan pemandangan pantai.

Seru banget foto di pantai, rasanya semua tempat bagus, apalagi kalau pantainya berwarna biru dan langitnya juga biru. Tapi walaupun semuanya bagus, kadang-kadang setelah dipotret hasilnya biasa banget di kamera. Maka itu, butuh latihan berkali-kali buat dapetin foto yang bagus :D

________________________

Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar