ShareThis

Rabu, 02 September 2015

Thursday's Tips 108: Kalau kamu mau mulai punya blog juga baca tips ini^^



Waktu kita tanya di Instagram sama para blogger, apa sih yang membuat kamu memulai sebuah blog, jawabannya macem-macem. Karena memang tiap orang pasti punya alasan sendiri untuk memulai sebuah blog. Buat kita sendiri alasan kita ngeblog karena kita pengen menulis jurnal harian kita sekaligus berbagi buat orang lain. Itu 5 tahun yang lalu, ketika blogger masih belum sebanyak sekarang. Nah di post ini, kita akan kasih 7 tips buat kamu yang pengen mulai ngeblog :)

1. Jangan takut untuk mulai.
Jangan khawatir kalau kamu pertama kali ngeblog, mungkin kamu punya pikiran, siapa nanti yang baca. Apa orang tertarik mampir ke blogku? Tips kita adalah untuk memulai sesuatu kamu harus punya keberanian dan lakukan menulis blog kamu secara konsisten. Nggak perlu nulis yang berat atau ribet. Tulis yang santai simple yag kamu suka, tapi yang paling penting harus tekun. Misalnya tulis seminggu sekali atau dua kali. Mungkin bulan pertama belum ada yang berkunjung tapi setelah 4-5 bulan kamu pasti akan melihat hasilnya. Ngomong-ngomong blog kita ini, pada 6 bulan pertama hampir nggak ada yang baca loh tapi kita tetep nulis. Kita nggak sangka sekarng sudah dikunjungi hampir 10 juta kali. Coba kalau waktu itu kita berhenti nulis di awal-awal pertama ngeblog

2. Dari awal pikirkan blog kamu sebagai brand.
Itu artinya sejak pertama ngeblog kamu harus bersikap seperti apa kamu mau dikenal orang. Kita ngelihat banyak banget blogger yang nulis isi blognya dengan kata-kata komplain, negatif, dan gerutu. Komplain dan gerutu hanya akan membuat orang pergi (baik di dunia nyata maupun di dunia maya). Punya temen yang selalu ngeluh? Pasti kalau dia muncul kamu akan kabur :P
Selalu tulis dengan hati-hati seperti apa kamu mau dikenal orang. Ingat apa yang kamu tulis dan bagikan di internet bisa jadi permanen tatoo yang nggak bisa dihapus.

3. Mulai dengan apa yang kamu suka.
Jangan karena semua orang misalnya nulis blog tentang beauty, terus kamu juga memaksakan diri nulis dengan beauty, padahal kamu suka banget nulis tentang travel. Tulis apa yang kamu suka, orang yang punya kesukaan sama denganmu akan datang dengan sendirinya.

4. Bangun koneksi.
Saat awal ngeblog sangat bagus untuk memulai koneksi dengan cara mengunjungi blogger lain, memberikan komen. Ada baiknya juga untuk memberikan link balik ke blog kamu. Cara ini jauh lebih sopan dan asyik dibandingkan kamu minta orang lain follow blog kamu^^

5. Lakukan sekarang dengan apa yang kamu punya.
Saat kita awal ngeblog kita pun menggunakan semua sarana sederhana yang kita punya. Misalnya dulu kita pakai kamera poket yang kurang bagus. Setelah dua tahun ngeblog, nabung dari uang gaji di kantor baru kebeli kamera yang lebih baik. Menurut kita lebih penting memulai dengan apa yang kamu punya, kalau kamu cuma punya kamera HP, gunakan saja kamera itu untuk ngeblog. Jangan menunggu nanti saja kalau sudah punya kamera canggih atau sudah bisa design layout yang cantik. Kalau seperti itu akhirnya malah tertunda-tunda terus.

6. Cari inspirasi dari blogger-blogger yang kamu suka.
Pada awalnya mungkin kamu bingung mau menulis apa, kamu bisa mencari inspirasi dari blog lain, Mencari inspirasi bukan berarti meniru blog orang lain tersebut. Tapi kamu mencari ide, kemudian mengembangkan idenya sesuai dengan kreasi kamu sendiri. Ada waktu-waktu di mana kita stuck dan nggak tau mau post tentang apa lagi. Biasanya kita akan mampir ke blog-blog favorit kita untuk refresh pikiran dan mendadak ide-ide baru bermunculan. Hal ini juga membantu kita untuk melihat dunia luar, tidak hanya berfokus tentang kita. Makanya kita tiap bulan selalu ada post tentang click click click yang isinya link-link dari blog/ website favorit kita ^^.

7. Terus berkembang.
Kalau kamu sudah mulai terbiasa ngeblog, blog akan menjadi rutinitas. Satu hal yang penting, jangan pernah puas, terus mau belajar dan berkembang. Salah satu quote Steve Job favorit kita adalah stay foolish, stay hungry. Karena saat kita sudah tidak mau lagi belajar hal-hal yang baru, kita akan ketinggalan dengan dunia yang terus berkembang. Lama-lama justru kita akan menjadi mundur dan tertinggal. Aku (Eve) inget banget, dulu Ai Ni sering bilang, aduh foto kita kok jelek banget ya. Kemudian aku bilang, ya kita kan bukan professional wajar lah nggak bagus. Ai Ni akan bilang, ya kita juga harus belajar untuk lebih baik lagi, masa mau gini-gini aja.
Bener banget, nggak cuma soal ngeblog kalau kita melihat sesuatu yang lebih bagus, jangan malah terintimidasi terus malas belajar, justru kita harus push diri kita untuk bisa mencapai hasil seperti yang kita suka itu.

Yang paling penting have fun! Kalau kamu buat ngeblog hanya karena lagi ngetrend dan pengen ikut-ikutan orang lain, lama kelamaan ngeblog bisa jadi beban. Apalagi ngeliat orang lain yang misalnya baru mulai tapi udah bagus blognya :) Yang terpenting ngeblog itu menjadi diri sendiri dan happy with yourself :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar