ShareThis

Senin, 16 November 2015

Monday's Love Pick 120: Overnight Muesli Superfood

Sejak baca buku The Miracle of Enzyme yang dulu pernah kita sebut di post ini, gaya makan kita mulai pelan-pelan sedikit berubah. Kita berusaha lebih banyak mengkonsumsi makanan raw yang banyak enzim yang baik buat tubuh. Jadi di buku itu dijelaskan bahwa manusia punya enzim pangkal, tapi karena faktor stress, makanan yang nggak sehat, polusi, dan lain sebagainya, enzim pangkal semakin menipis sehingga kita jadi mudah sakit, dan apabila enzim pangkal sudah habis maka akan terjadi penyakit yang sulit disembuhkan seperti kanker,dll. 

Nah karena itu kita butuh untuk terus menjaga enzim dalam tubuh agar tidak habis. Caranya adalah dengan mengkonsumsi raw food (saat ini sedang jadi trend karena orang-orang udah ngerti tentang hidup sehat) yang banyak mengandung enzim sehinga akan menambah cadangan enzim pada tubuh kita untuk keperluan metabolisme tubuh. Salah satu faktor penentu memang dari makanan yang kita konsumsi. Makanan yang bisa membuat enzim pangkal kita habis, atau bisa membuat enzim pangkal dalam tubuh kita tetap terjaga. 

Makanan yang baik dimakan mentah dan mengandung banyak enzim adalah sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dll.

Sejak orang-orang mulai memperhatikan gaya hidup sehat maka sekarang mulai musim dengan yang namanya overnight oat. Agar terjaga semua vitamin dan enzimnya tidak hilang saat dimasak, maka, oat tersebut tidak dimasak dan dimakan mentah dengan cara harus direndam dulu. Perendaman bisa dilakukan 1- 10 jam (lebih lama lebih baik).
Untuk overnight oat agar lebih banyak vitamin dan gizi plus enzimnya, oat tersebut digabungakan dengan biji-bijian, buah kering, kacang, dll sehingga disebut dengan nama muesli.

Saat ini sudah banyak overnight muesli yang dijual secara online, tapi harganya itu loh mahal banget! 1 botol bisa Rp 40.000 sampai Rp 60.000. Maka itu kita buat resep kita sendiri, dan kamu pun bisa buat juga.

Makanan ini bisa dinikmati sebagai pengganti sarapan (bikin perut kenyang banget!) atau kalau kamu mau diet mengurangi berat badan atau pengen punya gaya hidup sehat, konsumsi juga pagi dan malam sebagai pengganti makan malam.


Overnight Muesli Superfood ini sudah terdiri dari:
Rolled Oats menurunkan kolestrol 
Chia Seeds sumber Omega-3
Pumpkin Seeds menjaga imunitas tubuh
Almond mencegah osteoporosis
Cashew sumber antioksidan
Corn Flakes  & Raisins sumber energi
Apricot  kesehatan mata
Dried Cranberry sumber serat, Vit C, & E

Kita sengaja menyiapkan dengan takaran setengah, karena ketika ditambah air, overnight muesli ini akan menjadi banyak sampai penuh^^
 

Cara membuatnya gampang, anak-anak pun bisa bikin^^


 1. Tuang air (atau susu soya/ almond milk) kira-kira seperti pada gambar. Masukan ke dalam kulkas bawah (bukan dibekukan ya), dan tunggu 1- 10 jam (overnight) campuran muesli ini akan mengembang dengan sendirinya.
2. Setelah semalaman dimasukan ke dalam kulkas, campuran muesli ini mulai mengembang sampai hampir setengahnya. Aduk dengan sendok.
 3. Silahkan langsung dinikmati!

Optional:
Tambahkan madu atau susu kental manis sesuai selera agar rasanya lebih manis.
 Aduk dan nikmati :D

Boleh juga tambahkan buah-buahan sesuai selera. Bisa peach, mangga, tergantung kamu sukanya buah apa. Di sini kita tambahkan potongan buah pisang :D

Beli di sini:
Overnight Muesli Superfood 50gr
Overnight Muesli Superfood 350gr


Kita sengaja menjual produk ini karena kita banyak banget dapet pertanyaan gimana jaga berat badan biar nggak gemuk. Seperti yang kita sering bilang (kalau kamu ikutin blog ini terus pasti tau) kita ini suka banget makan dan berat badan kita berdua sudah turun sekitar 5-6 kg setelah mengganti pola makan. Kita tidak mengurangi jumlah makanan tapi kita mengganti jenis makanan yang lebih sehat. Makanan yang sehat akan membuat berat badan menjadi ideal dan lebih langsing. Tanpa sadar berat badan akan turun sendiri tanpa harus terus menerus dikontrol sudah makan berapa hari kalori yang sudah diasup. Eve pernah coba diet dengan cara menghitung kalori tiap hari, tapi rasanya lama kelamaan jadi males ngitung. Akhirnya jadi gagal diet dan berat sama sekali nggak berubah, malahan jadi naik karena kalap begitu melihat makanan enak, hihi.

Selain itu dengan menjaga makanan yang kita konsumsi, tubuh jadi nggak gampang capek juga. Berasa banget ketika dulu kita makan sembarangan, setiap minggu pasti suka terserang flu. Kalau pekerjaan lagi banyak, flunya bisa parah sampai sakit kepala. Tapi sejak kita jaga makanan kita, walaupun saat ini kita ini sering banget lembur dan tidur sampai jam 1 pagi karena banyak yang harus dilakukan tetapi uda jarang banget sama yang namanya sakit.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kita pernah dengar tentang kesaksian makanan sehat, dulu ada orang yang suka banget makan sembarangan seperti daging, gorengan, seafood setiap hari. Kemudian karena gaya hidupnya begitu bertahun-tahun, akhirnya dia jatuh sakit, dan dokter kasih dia obat dan banyak vitamin. Tapi hal tersebut nggak bikin dia sembuh, malah sakitnya parah. Setelah itu dia mencoba mengganti gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan sehat, dalam beberapa bulan kesehatannya membaik. 

Kita hidup di jaman 'terserah kamu mau makan apa aja', dan nanti kalau sakit kita makan obat untuk sembuhin. Padahal obat-obatan nggak pernah bagus buat tubuh.  Sekarang muncul generasi raw food living yang mulai peduli dengan apa yang kita makan.

Mungkin ada yang merasa makanan seperti ini nggak enak. Dulu Eve juga nggak suka banget dengan yang namanya rolled oat dan biji-bijian seperti ini. Beda dengan Ai Ni yang memang suka banget. Rasanya seperti makan makanan bayi dan hambar. Tapi waktu pertama kali Ai Ni paksa untuk cobain muesli ini kaget juga ternyata kok enak karena banyak kacang-kacangan dan dried fruit, malah ujungnya jadi ketagihan. Sama sekali nggak berasa hambar dan cepet bikin kenyang, sehingga jadi nggak suka ngemil yang aneh-aneh lagi. Apalagi bisa dikombinasiin juga dengan madu, susu dan buah-buahan tergantung lagi kepinginnya apa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar