ShareThis

Rabu, 16 Desember 2015

Thursday's Tips 114 : Tips mencatok agar rambut tidak rusak

Ini adalah lanjutan dari Thursday's tips tentang rambut, karena kita sering ngebahas kita suka pakai alat catok maka kita sering banget ditanya, catok setiap hari rambutnya apa nggak rusak? Untuk jawab pertanyaan ini sebetulnya agak susah dijawab. Kenapa? Karena jawabannya relatif.


Kita pernah bilang, kita pernah baca blog duluuu banget, ada satu cewek yang bilang bahwa dia selalu mencatok rambutnya setiap hari dan dia bilang rambutnya nggak rusak sedikit pun, tetap shiny dan halus. Dia juga pasang foto dan rambutnya yang bagus. Memang mungkin rambutnya type yang kuat dan nggak gampang rusak. Buat kita sendiri, rambut kita memang udah dari sananya nggak kuat, cepet patah dan cepet pecah-pecah. Jadi walaupun nggak dicatok aja, memang udah tumbuhnya seperti itu. Kalau udah tumbuh agak panjang pasti akan ada belahan. Kenapa kita tahu? Dari SMP-SMA kita nggak pernah sekalipun dicatok. Belum kenal yang namanya alat itu, tapi rambut kita di jaman itu memang udah gampang pecah-pecah. Berarti itu memang bawaan rambut kita seperti itu. Jadi kita pikir daripada rambut mengembang parah dan terlihat seperti singa >.<, mending kita catok. Setelah catok rambut kita udah nggak mengembang. Apakah rambut kita langsung rusak parah? Rambut kita tetap sama seperti dulu, gampang patah dan ada belahannya. Jadi kita pikir dicatok dan nggak dicatok tetap aja rambut kita gampang patah. Tapi kita memilih dicatok karena buat rambut kita lebih rapi, lebih tertata, dan nggak mengembang lagi. Walaupun begitu bukan berarti kita asal-asalan, semau-maunya nggak peduli sama rambut.

Kita berusaha jawab berdasarkan pengalaman kita dan apa yang kita dengar dari orang lain tentang cara mencatok yang 'aman buat rambut'. Walaupun kita selalu rekomendasi alat yang kita pakai, bukan berarti kita promosiin produk tersebut dan bilang bahwa produk tersebut baguuuus banget, nggak akan buat rambut rusak sama sekali walaupun kamu pakainya sembarangan. Tetep ada hal yang perlu diperhatiin :D

Berikut tips yang kita lakuin agar saat mencatok rambut tidak gampang rusak:
1. Jangan pernah mencatok dalam kondisi basah atau setengah basah. 
Ini sangat merusak rambut! Saat rambut basah, rambut dalam kondisi yang sangat rapuh jadi tunggu rambut kering dahulu baru catok. Kita kalau ke salon kadang-kadang suka dicatok ketika rambut masih 80-90% basah. Maka itu kita lebih milih catok sendiri di rumah.

2. Gunakan serum
Kita tahu, kadang-kadang males pakai serum, dan kita sering buru-buru apalagi pagi-pagi. Tapi saran kita lebih baik jangan lewati langkah ini. Cukup pakai sedikit aja udah sangat membantu memberi perlindungan pada rambut. Nggak perlu menggunakan yang mahal-mahal, kita pakai merk Matrix ini, dan bisa tahan sampai 1 tahun karena cukup pakai sedikit aja.

3. Cek suhu saat mencatok
Ada catokan yang ada suhunya, ada yang nggak tidak ada. Apabila ada suhu yang bisa diatur di alat catokan, atur terlebih dahulu suhunya. Kalau rambutmu tipis dan nggak terlalu mengembang, gunakan suhu yang rendah, apabila rambutmu agak mengembang gunakan suhu yang lebih tinggi. Untuk kita sendiri kita pakai sekitar 150 derajat, karena kalau di bawah itu hasilnya 'nggak mempan' di rambut kita. Kalau mau cepet-cepet dan buru-buru baru kita menggunakan suhu maksimal 200 derajat.
Apabila kamu bingung, kamu bisa coba acuan di bawah ini :
Untuk rambut tipis dan sangat rapuh : dibawah 150 derajat
Untuk rambut tebal/ normal : 150 - 175 derajat
Rambut sangat tebal : 175 - 200 derajat

4. Pilih alat catok yang berkualitas
Alat catok yang kita pakai pernah kita bahas di sini, bisa jadi alat catok, bisa jadi alat curly juga. Kita cari yang bahannya ceramic. Bahan ceramic dapat mendistribusikan panas dengan baik. Dulu kita pernah pakai yang bahannya nggak jelas, itu parah banget. rambut rusak tapi hasilnya rambut nggak lurus sama sekali! Kita pernah pakai merk yang harganya jutaan, tapi hasilnya sama aja sama yang sekarang kita pakai, jadi kita akhirnya tetap pakai yang ini.

5. Sisir rambut terlebih dahulu sebelum mencatok
Jangan pernah mencatok rambut saat rambut kusut, tips ini kita pelajari waktu ke salon, di kasih tau sama stylish-nya bahwa saat mencatok rambut harus disisir (kalau bisa serapi mungkin), rambut kusut lebih rapuh dan mudah patah saat dicatok, sehingga hasilnya nggak maksimal.

6. Perlu latihan
Banyak yang tanya ke kita, kenapa rambutnya udah dicatok tapi baru beberapa jam udah ngembang lagi. Dulu waktu pertama kali kita punya alat catok dan belajar pakai alat catok, itu yang kita alamin. Karena kita belum benar-benar bisa pakai alat catoknya dengan benar, sehingga catoknya nggak rapi dan rambut langsung ngembang padahal baru dicatok. Saran kita latihan terus sampai kamu terbiasa dengan alat catokmu. Cara paling baik buat belajar catok adalah, kamu pergi ke salon, kemudian kamu minta rambutmu dicatok sama stylishnya, kamu perhatiin cara dia catok dan pelajari cara dia mencatok rambutmu sehingga kamu bisa ikutin di rumah (latihan kuncinya!). Biasanya stylish yang ahli akan mencatok dengan cepat dan rambut nggak rusak. Jangan cari stylish yang nggak bisa mencatok. Dulu karena buru-buru mau pergi nggak sempet keramas, Ai Ni ke salon deket rumah yang agak sepi buat keramas + catok. Setelah dicatok rambut Ai Ni langsung frizzy, kasar, dan dalam 2 jam langsung mengembang lagi. Padahal harga salonnya nggak murah >.< Kalau tau begitu, mending catok sendiri.

7. Catok sedikit-sedikit
Saat mencatok, jangan ambil sekaligus banyak, ambil sedikit-sedikit. Sekaligus mencatok rambut dalam jumlah banyak bikin hasil catokan nggak maksimal. Maka itu lebih baik sedikit-sedikit. Untuk yang rambutnya tebal memang butuh ketelatenan agar hasilnya sempurna :D

8. Gunakan conditioner setiap kali keramas
Dengan memakai conditioner, rambut akan lebih lembut dan nggak terlalu kasar, sehingga saat dicatok rambut lebih gampang dan nggak kusut. Walaupun kelihatannya sepele, tapi ini sangat membantu banget! Conditioner di rumah kita cepet banget habis, maka itu kita selalu beli ukuran yang besar XD


Seperti yang kita tulis di awal post ini, ada orang yang tiap hari dicatok tapi nggak masalah, tapi untuk kita sendiri, kita berusaha untuk nggak mencatok setiap hari. Kita mencatok sekitar seminggu 2-3 kali saja. Kalau kamu mau mencatok seminggu sekali atau hanya ketika ada acara penting aja juga nggak masalah, tergantung kebutuhan setiap orang :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar