ShareThis

Minggu, 17 Januari 2016

Photography Exercises 21: Personal Project Idea

Walaupun kita bukan photographer, tapi kerjaan kita setiap hari hampir selalu berhubungan dengan kamera. Honestly, kadang-kadang karena setiap hari pegang kamera melulu, rasanya bosen karena fotonya itu terus. Setelah kita mampir ke blog-blog tentang photography dikatakan bahwa pentingnya charge diri sendiri dengan melalukan sesuatu yang lain dari biasanya dengan personal project. Jadi intinya project fotografi yang nggak ada hubungannya sama kerjaan sehari-hari. Just for fun dan coba sesuatu yang baru. Banyak fotografer profesional melakukan ini untuk mengembangkan ilmu fotografinya dan 'kabur' dari tugas rutin hariannya.

Maka itu kita coba sesuatu yang belum kita pernah coba, bermain dengan shutter speed cepat untuk memberikan efek blur. Karena Eve punya pelayanan menari di gereja, jadi setidaknya dia bisa menari sedikit-sedikit. Jadi kita pengen mengambil foto dengan gerakan saat Eve menari. Untuk project ini kita pakai tripod agar motretnya lebih gampang.

Exercise To do :
1. Pertama cari ide terlebih dahulu, personal project apa yang kamu mau lakukan. Nggak perlu sama dengan apa yang kita lakukan ya, bebas banget kamu pengen foto apa. Pokoknya intinya foto yang selama ini belum pernah kamu coba.
2. Setelah ketemu ide, lakukan research di internet. Kita kumpulkan semua ide di Pinterest dan kembangkan ide kita dengan melihat seperti apa sih foto menari itu. Setelah itu kita pin semua foto menarik yang jadi inspirasi kita di Pinterest seperti ini
3. Kemudian kumpulkan semua properti yang berhubungan dengan apa yang mau kamu lakukan agar idemu tercapai.
Untuk foto ini kita mau foto minimalis putih yang soft, jadi kita pilih baju putih, rok putih, sepatu balet, dan tripod sebagai penunjang foto ini. Kita juga cari tempat yang putih dengan latar belakang polos.
4. Setelah itu lakukan eksperimen! Kalau kamu suka foto dengan setting manual, coba utak-atik settingnya^^


Kita cukup senang dengan hasilnya, kita juga suka yang nge-blur banget seperti ini, hasilnya seperti lukisan XD

Note :
• Ini adalah personal project jadi kamu bisa take it easy aja. Namanya aja personal, jadi khusus untuk dirimu. Nggak perlu khawatir dengan hasilnya, karena personal project punya maksud untuk menenangkan diri dari tugas rutin, dan coba sesuatu yang baru (baca: eksperimen). Dalam mencoba sesuatu yang baru nggak perlu takut salah, nggak perlu takut hasilnya nggak sesuai keinginan. Pokoknya santai dan nikmati project ini^^
• Kamu nggak perlu punya model untuk project ini, kamu bisa coba foto benda, alam, sekitar, atau foto apa pun. Bahkan kamu bisa foto sendiri. Ai Ni pernah melakukan Personal Project 30 hari self portrait untuk self therapy sekitar beberapa tahun lalu dengan tripod, tapi karena project ini hanya untuk diri sendiri jadi fotonya memang nggak untuk di publish. Jadi buat kamu sendiri juga bebas banget untuk nggak perlu publish foto-foto yang kamu buat selama melakukan personal project ini. Lakukan apa yang kamu nyaman lakukan :D

Kalau kamu pernah melakukan Personal Project silahkan di share ya.

______________________________________

Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar