ShareThis

Minggu, 28 Februari 2016

Photography Exercises 22 : 3 Latihan membuat foto terlihat cantik pada blog

Pada awal belajar foto banyak kesalahan yang sering kita lakukan, sekarang di Photography Exercises ini kita kasih 3 cara untuk melatih mengambil foto agar foto kamu terlihat lebih cantik dan enak dilihat :D Foto yang cantik akan membuat blogmu semakin ramai pengunjung :D

Exercise To do :
1. Perhatikan Cahaya
Setiap kali kamu mau foto di dalam rumah atau keluar rumah selalu perhatikan cahaya, cahaya yang lembut dan merata akan membuat fotomu lebih menarik dibandingkan foto dengan cahaya yang kuat seperti berada di bawah sinar matahari langsung. Dulu waktu pertama ngeblog dan pegang kamera, kita nggak pernah perhatiin cahaya sehingga setiap foto kita banyak yang gelap dan cahayanya berantakan, setelah mulai mengerti sedikit tentang fotografi kita belajar untuk melihat cahaya.
• Contoh cahaya yang kuat/ harsh.
Foto ini diambil saat matahari lagi terik-teriknya. Perhatikan bayangan pada wajah Ai Ni, foto ini jadi bikin wajah Ai Ni banyak bayangan. Kalau kamu punya banyak jerawat atau kamu foto orang yang sudah berumur dan banyak kerut, kerut dan jerawat akan terlihat makin menonjol!
• Contoh cahaya yang lembut/ merata.
Untuk membuat warna kulit lebih bersih merata, pastikan mengambil foto saat matahari tidak panas terik. Foto ini diambil pagi hari sekitar pukul 8.00 sebelum matahari terlalu keras. Bisa dilihat bayangan-bayangan di wajah Ai Ni udah nggak ada :D Nggak perlu pakai filter menghaluskan kulit di HP asalkan kamu mengambil foto di bawah cahaya yang tepat^^

2. Perhatikan sekeliling
Nggak semua orang bisa dapetin foto di tempat yang bagus dan mewah. Semakin kita sering mampir ke forum fotografi semakin kita tahu bahwa fotografer profesional bukan orang yang selalu melulu foto di tempat mewah/ bagus, tapi fotografer profesional adalah orang yang bisa dapetin foto bagus walaupun tempatnya nggak bagus. Bahkan walaupun di tempat yang biasa banget sekalipun sang fotografer profesional bisa membuat foto jadi benar-benar memukau^^. Saat ini kita masih melatih terus mata kita untuk bisa belajar foto tanpa peduli tempatnya bagus atau nggak.
Salah satu yang kita praktekan di sini adalah foto pantai di bawah ini. Kalau 4 tahun yang lalu kita suruh foto di pantai ini pasti hasilnya parah karena warna pantainya nggak terlalu biru dan langitnya juga nggak cerah. Maka itu kita gunakan trik efek foto dengan bokeh dedaunan sehingga foto ini terlihat menarik :)
Kemudian foto ke dua ini, foto ini diambil saat pesta sudah selesai, tempat pestanya sangat berantakan banget, tapi kita coba mengambil foto ini dengan meng-crop foto sehingga tidak terlihat terlalu berantakan. Kita juga membersihkan tissue dan tas di samping Ai Ni.

Foto sebelumnya, sampah dimana-mana dan ada banyak sampah sebetulnya di dekat tempat duduk maupun dekat tas. 

3. Belajar untuk mengedit foto. Perhatikan editan foto.
Jaman sekarang semua orang bisa belajar edit foto, nggak seperti jaman dulu hanya orang yang belajar fotografi yang bisa mengutak-ngatik warna fotonya, karena setiap orang sekarang punya HP yang ada aplikasi foto. Nggak semua aplikasi foto di HP itu hanya untuk memberi filter dan bikin efek vintage aja, tapi aplikasi tersebut juga bisa banget dipakai untuk membuat foto terlihat lebih kontras dan bersih.
Sebagai contoh ada beberapa foto yang agak tricky diambil, misalnya foto ini karena ada cahaya yang cukup terang di belakang sehingga foto ini (model/subjek) terlihat kusam dan pucat.
Betulkan cahaya pada fotografi dengan mengubah sedikit kontras dan tambahkan brightness. Foto ini jadi lebih cerah dan nggak kusam seperti pada foto sebelumnya.
Hati-hati terlalu berlebihan menggunakan feature dari aplikasi sehingga foto terlihat terlalu terang sehingga membuat mata sakit.
Atau hati-hati juga terlalu banyak bermain filter sehingga foto jadi terlihat berlebihan, apabila menggunakan filter gunakan efeknya sekitar 50% saja :) Maka itu perlu latihan untuk belajar edit foto agar mata kita terbiasa dengan warna foto yang bersih dan tidak berlebihan. Biasanya orang yang baru belajar (termasuk kita sendiri waktu awal kenal fotografi) seneng banget bisa pake fitler aneh-aneh, tapi setelah makin belajar, baru mengerti bahwa filter lebih baik dipakai secara 'cukup' saja, sehingga nggak terlihat berlebihan.

Sampai saat ini kita masih belajar dan sering salah-salah juga, walaupun ke-3 latihan ini terlihat simple tapi butuh waktu untuk latihan sampai mata kita benar-benar terbiasa untuk menangkap foto yang menarik. :D
Selamat mencoba!

______________________________________
Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ temen/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar