ShareThis

Senin, 01 Februari 2016

Tanya My Lovely Sister 11 : Pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang skin care

Kita sering banget ngebahas perawatan wajah di blog ini, tapi walaupun begitu masih banyak yang bertanya tentang skin care sama kita, kalau yang udah ikutin blog ini dari dulu pasti udah ngerti tentang skin care, tapi untuk yang baru-baru belakangan ikutin blog kita mungkin masih bingung dan suka tanya-tanya. Nah biar lebih jelas kita buat post khusus menjawab beberapa hal yang kita ketahui tentang skin care berdasarkan pengalaman kita :D

Umur berapa sudah boleh pakai skin care?
Menurut kita, sejak kamu udah ada masalah dengan kulitmu. Biasanya mulai remaja, karena biasanya saat remaja udah muncul yang namanya jerawat, muka berminyak, dan komedo. Buat kita untuk remaja cukup beli sabun cuci muka, toner, dan pelembab yang sesuai jenis kulit. Untuk remaja skin care nggak perlu ribet-ribet karena kulit remaja itu biasanya masih sehat dan belum muncul masalah keriput atau kurang kolagen. Karena remaja cenderung punya kulit jerawat, komedo, dan kulit berminyak, gunakan seminggu sekali masker khusus untuk pori-pori seperti Dewytre porest mask dan scrub atau peeling.
Note: Tapi kalau untuk menggunakan sunscreen, harus udah dipakai dari kecil ya, karena sunscreen dibutuhkan setiap orang nggak peduli umur berapa :D


Bagaimana mengetahui produk yang sesuai buat kita?
Saran kita coba sendiri, karena kalau denger orang, misalnya temen pakai apa, terus ternyata bagus di dia, belum tentu cocok di kita. Maka itu lebih baik cobain sendiri. Pada awalnya kenali dulu masalah kulitmu, kalau masalahnya jerawat, cari produk jerawat. Kalau masalahnya kulit gelap, cari produk whitening, kalau kulit sensitif cari produk-produk yang memang aman untuk kulit sensitif.
Kamu juga bisa baca-baca review di internet tentang produk yang kamu pengen coba. Tapi harus diingat lagi, setiap review bukan berarti hasil yang direview sama dengan hasil yang kamu rasakan ketika memakai produk tersebut.
Buat kita sendiri, pengalaman kita nih. Dulu pengen cari produk skin care, waktu baca reviewnya dimana-mana bagus banget, jarang review yang bilang jelek. Ternyata setelah beli produknya nggak cocok buat kita >.< Malah ada produk yang reviewnya biasa aja di internet, cocok buat kita. Cari skin care memang lumayan butuh ketelatenan dan kesabaran

Berapa lama perawatan wajah baru terlihat hasilnya?
Tiap orang lain-lain, ada produk yang sekali pakai langsung bikin perbedaan pada kulit, ada yang butuh waktu beberapa bulan. Tapi yang namanya perawatan harus diingat, selain perawatan dengan produk skin care harus diperhatikan makanan yang kita konsumsi. Kalau misalnya kamu baru pertama coba produk skin care yang bagus, tapi ternyata pola makan kamu dalam minggu-minggu tersebut makan makanan yang goreng-gorengan, seafood, atau makanan dengan gula yang tinggi setiap hari mungkin aja produk tersebut nggak akan bekerja dengan maksimal. Perawatan harus dari luar dan dalam.

Bagaimana mengetahui apabila produk tersebut nggak cocok buat kita?
Biasanya tergantung dari setiap jenis produk. Ada yang sekali pakai langsung nggak cocok, ada yang udah 2-3 hari baru kelihatan nggak cocok. Ada yang udah 2 minggu baru tahu nggak cocok.
Ketahuan nggak cocok yang paling jelas adalah, kulit gatal, merah, dan perih. Tapi tiap orang bisa beda-beda hasilnya. Dulu sekitar 3- 4 tahun lalu kulit Eve kalau pakai produk yang nggak cocok adalah langsung muncul jerawat yang besar-besar, cari produk skin care susahhhh banget. Sekarang karena kulit Eve udah nggak rewel, jadi mau produk apa pun udah nggak masalah. Mau pakai produk jutaan, atau pakai produk ratusan ribu hasilnya tetap kulit Eve nggak ada masalah apa-apa.

Saya uda rutin pakai produk yang sama hampir 2-3 bulan kulit nggak ada perbedaan yang jelas? Apakah produk tersebut nggak cocok untuk saya?
Bisa jadi nggak terlalu cocok karena produknya kurang ada 'efek' di kulit, bisa jadi perawatannya kurang lengkap. Mungkin perawatanmu cuma pakai sabun cuci muka dan pelembab. Coba tambahkan juga menggunakan serum dan essence agar hasilnya lebih terlihat.
Sejujurnya, jujur nih kita ngaku, kita paling maleeesss kalo ada temen yang tanya tentang skin care karena cuma pengen coba-coba aja. Malesnya tuh ketika udah tanya dan kita jelasin panjang lebar dan dia mulai coba perawatan produk, baru dipakai 2 minggu udah berhenti karena nggak kelihatan hasilnya. Perawatan itu harus rutin. Untuk sampai kulit sehat butuh waktu berbulan-bulan, telaten pakai produk dan bener-bener 'ngeh' sama kulit kita. Perhatiin semua produk yang kamu pakai, produk mana yang memberikan efek, produk mana yang nggak memberikan efek. Kalau misalnya kita pakai produk krim merk A, terus serum merk B. Perhatiin produk mana yang bekerja maksimal di kulit. Kalau ternyata produk krim A yang bagus dan serum B nggak bagus, coba ganti serum lain. Jangan bilang oh semua skin care jelek, cuma buang-buang waktu aja pakai skin care nggak ada hasilnya. Bisa jadi juga krim A dan serum B ternyata biasa aja waktu dipakai sendiri-sendiri, tapi ternyata ketika dipakai barengan, hasilnya lebih bagus saat dikombinasi. Bisa jadi seperti itu. Buat tau hasilnya, nggak cukup cuma baca review, tapi harus coba dan tekun perhatiin kulit sendiri.

Kulit saya dulu nggak ada masalah, tapi kenapa sekarang jadi banyak masalah ya, jadi sensitif, gampang jerawatan, dll?
Banyak banget faktor, kita nggak bisa sebut karena gini gini loh. Kamu sendiri yang harus perhatiin. Mungkin karena kamu akhir-akhir ini sering kecapean? Stress di kantor? Stress ujian? Jarang minum air atau makan nggak teratur? Pindah tempat tinggal yang lebih banyak polusi? Pindah tempat kos yang airnya 'keras' dan kotor? Jam tidur kurang?
Tubuh ini kita sangat sensitif, kalau ada satu hal yang nggak beres, semua hal bisa jadi nggak beres. Pernah punya bisul? Kita pernah punya bisul di tangan, bisulnya kecillll banget, tapi gara-gara bisul yang kecil itu, satu badan jadi meriang, sakit, dan nggak enak badan. Begitu juga dengan faktor-faktor di atas. Karena stress sedikit, atau kurang tidur, dll kulit bisa jadi kena imbasnya.
Bisa jadi juga adalah masalah umur. Dulu waktu remaja, kulit berminyak, setelah 30 tahun ke atas malah kulit jadi kering atau muncul keriput. Nah ini saatnya kamu mulai cari produk skin care baru untuk kulitmu yang udah berbeda.

Kenapa sista suka pakai produk Korea? Apakah produk kecantikan Korea paling bagus?
Umm ini sih nggak ada jawaban yang pasti. Kita udah coba produk Jepang, Amerika, Eropa, dll tapi entah kenapa kok semuanya nggak terlalu cocok buat kita seperti produk Korea ya. Makanya untuk sekarang kita 'betah' pakai produk Korea. Bukan berarti produk Korea yang paling bagus, kebetulan aja kita cocok.

Apakah skin care mahal lebih bagus dan skin care murah?
Bisa dijawab iya, bisa dijawab nggak. Karena setiap orang punya budget yang berbeda-beda. Ada yang bilang krim 2 juta murah, karena biasanya dia pakai yang 10 juta. Ada yang bilang 100 ribu murah karena biasanya dia pakai yang 1 juta. Ada yang bilang 50.000 buat krim aja masih mahal, karena biasanya dia pakai yang 20.000. Menurut kita, nggak perlu banget maksain diri beli produk yang mahal sampe diluar budget apalagi ngutang sana-sini. Dulu kita suka pakai produk THOW, Ohui, dan Sulwhasoo. Bagus banget memang buat kita. Sangat-sangat bagus! Tapi harga produknya jutaan ke atas nggak sesuai budget, akhirnya kita pakai yang lebih murah, dan lumayan juga hasilnya bagus di kulit kita. Jadi kita nggak maksa-maksain diri buat beli produk yang mahal walaupun bagus banget.
Kemudian kita juga pernah coba produk merk lain yang harganya jutaan, harganya selevel sama THOW, Ohui, dan Sulwhasoo. Setelah pakai produk itu, hasilnya nggak beda sama produk skin care ratusan ribu yang kita pakai >.<  Nggak ngerti juga kenapa. Jadi kita pakai produk yang sesuai budget kita seperti Dewytree, Atomy, Secret Key, Mizon, Laneige yang harganya masih masuk dalam budget kita.

Dulu saya pakai produk A bagusss banget, kenapa ya sekarang kok udah nggak cocok lagi dengan produk A?
Kita juga ngalamin yang sama, ada produk yang dulu cocok banget, sekarang dipakai udah nggak cocok. Seperti yang kita bilang di jawaban di atas, mungkin karena pengaruh lingkungan, umur, dll. Jadi apabila produk yang biasa udah nggak cocok, nggak ada salahnya untuk update produk skin care kamu.

Apakah dengan rajin memakai skin care kulit akan jadi lebih sehat?
Iya banget. Kita berdua ngeliat hasilnya, dulu kulit kita rewel, kusam, dan gampang jerawatan. Sekarang udah hampir jarang jerawatan seperti dulu.
Yang paling kelihatan hasilnya adalah waktu itu pernah Ai Ni kerjaan lagi banyak, sekitar 2-3 minggu lebih nggak ngerawat muka. Hari ke-2 ke-3 nggak pakai skin care, kulit Ai Ni masih nggak masalah. Setelah hari ke 7 nggak pakai skin care, kulit mulai kasar banget waktu dipegang, tapi karena memang lagi sibuk dan males banget perawatan jadi sekitar 2-3 minggu nggak pakai skin care seperti biasanya. Hasilnya setelah minggu ke-3 kulit Ai Ni langsung kusam dan kasar. Setelah itu Ai Ni mulai rajin pakai skin care lagi, kulitnya udah normal lagi. Jadi menurut kita memang beda banget hasilnya dengan rutin pakai skin care dan nggak.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar