ShareThis

Rabu, 10 Februari 2016

Thursday's Tips 117 : Tips skin care untuk remaja

Banyak pembaca My Lovely Sister yang adalah remaja dan sering tanya ke kita, produk apa sih yang cocok buat remaja dan gimana cara perawatan untuk remaja. Maka itu kita di post ini kita khusus ngebahas tentang skin care apa yang bisa dilakukan oleh para remaja. Sebetulnya usia yang paling baik ketika seseorang menggunakan skin care adalah ketika orang tersebut sudah mengalami masalah dalam kulitnya, biasanya muncul pada saat remaja, seperti wajah berjerawat, komedo, kulit berminyak, dan kulit kusam karena sering kena matahari. Tips yang kita berikan bisa diaplikasikan pada remaja cewek maupun cowok, karena cowok jaman sekarang juga sudah mau mulai memperhatikan kesehatan kulitnya^^

Tips skin care untuk remaja: 
1. Cuci wajah setiap pagi dan sesudah pulang sekolah/ keluar rumah.
Untuk remaja yang tinggal di area tropis seperti Indonesia, kulitnya cenderung berminyak sehingga lebih mudah timbul yang namanya jerawat. Maka itu penting untuk menjaga kebersihan wajah. Saat bangun tidur biasakan mencuci wajah agar wajah bersih dan bebas minyak saat kamu mau ke sekolah, dan sesudah pulang sekolah jangan lupa bersihkan lagi wajahmu. Jangan sesudah pulang sekolah kemudian langsung misalnya kamu tidur siang tanpa bersihin wajah, maka kotoran di wajahmu akan menempel ke bantal sehingga bantalmu jadi kotor.

2. Pilih produk sesuai jenis kulit.
Di saat umur-umur segini, kamu boleh menggunakan krim wajah sesuai kebutuhan kulit. Misalnya kalau kulitmu berjerawat, gunakan krim khusus wajah berjerawat untuk membantu mencegah munculnya jerawat. Atau misalnya kulitmu gelap, gunakan krim whitening untuk membantu membuat kulitmu terlihat lebih cerah.
Menurut kita, di umur-umur remaja belum perlu menggunakan serum karena kulit remaja itu dasarnya masih sehat. Kamu juga nggak perlu menggunakan krim wajah setiap pagi dan malam. Cukup gunakan di malam hari sebelum tidur.

3. Gunakan masker dan scrub.
Masalah utama remaja itu biasanya berminyak karena salah satu sebabnya adalah masalah pori-pori, perlu banget perawatan dengan menggunakan masker dan scrub. Gunakan masker dan scrub seminggu sekali (jangan setiap hari). Untuk masker, gunakan masker khusus untuk membersihkan pori-pori, rekomendasi kita adalah Dewytree Teatree Porest Purifying Clarifying mask, karena produknya ringan di wajah dan nggak keras.
Untuk scrub, lebih baik gunakan scrub yang natural seperti scrub kopi atau cokelat, yang bisa digunakan untuk wajah dan tubuh sehingga kamu nggak perlu membeli produk banyak-banyak. Bisa juga menggunakan masker buatan sendiri, seperti masker tomat yang di blender kemudian digunakan di seluruh wajah, atau masker strawberry yang pernah kita buat tutorialnya di sini, karena kita mengerti biasanya budget para remaja untuk membeli produk dari uang jajan orang tua, jadi kadang-kadang masih terbatas. Maka itu nggak perlu beli produk yang mahal-mahal atau keluar uang banyak, karena kamu bisa merawat wajah dengan membuat masker sendiri. :D



4. Fokus pada perawatan komedo dan jerawat.
Karena anak remaja sering beraktivitas di luar ruangan (baca: keringatan) sehingga komedo dan jerawat sering muncul, maka kalau memang masalah utamamu komedo, gunakan perawatan dengan memakai masker khusus komedo seperti Daiso Japan Natural Pack Deep Cleaning Skin Blackheads Peel Off Mask. Dan apabila masalahmu jerawat, gunakan Dewytree AC Dew Blemish Calming Calamine Spot di bagian jerawatmu yang sedang parah untuk meredakan jerawatnya.

5. Gunakan sunscreen.
Saat kamu menggunakan sunscreen, kulit wajahmu akan berterima kasih ketika kamu sudah umur 25 tahun ke atas. Mungkin saat ini kamu merasa pakai sunscreen lengket dan nggak enak. Tapi penting banget untuk menjaga kulit dengan pakai sunscreen agar kulitmu tetap terjaga dari matahari yang akan membuat wajahmu lebih gampang keriput ketika kamu memasuki usia 25 tahun ke atas. Pilih sunscreen yang ringan seperti Atomy Sunscreen SPF 50+ PA+++

6. Lakukan perawatan tubuh.
Agar tubuh terawat, gunakan produk natural lulur susu pada tubuh, kamu bisa gunakan lulur susu seminggu 1-2 kali pada tubuh sehingga kulitmu lebih halus dan nggak kusam. Gunakan sunscreen juga pada tubuh saat keluar rumah. Kalau kamu merasa kulit tubuhmu kering, setelah mandi bisa gunakan body lotion sesuai kebutuhan kulit.


Note:
• Ingat, kalau kulitmu nggak terlalu bermasalah, kamu nggak usah terlalu repot memikirkan tentang perawatan wajah/ tubuh. Yang paling penting jaga kebersihan setelah beraktivitas dan gunakan sunscreen sebelum keluar rumah. Nggak perlu ikut-ikutan teman kalau dia menggunakan produk macam-macam, mungkin memang kulitnya bermasalah, tapi kalau kulitmu nggak ada masalah, kamu nggak perlu repot-repot.
• Sebelum melakukan perawatan, bicarakan dulu kepada orang tuamu karena mereka tahu yang terbaik untukmu. Jangan membeli/ menggunakan produk yang bisa menjanjikan hasil instant, maka itu saran kita ngobrol dengan orang tuamu karena pengalaman mereka lebih banyak^^ Nggak perlu marah atau kesal kalau orang tua belum mengijinkan menggunakan skin care.
• Beli sesuai budget, nggak perlu memaksakakan diri menggunakan produk mahal tapi uang jajan masih terbatas, beli saja produk-produk sesuai budget. Kita pernah cerita, waktu remaja, untuk beli conditoner aja nggak punya uang, saat minta ke mama, mama bilang belum perlu karena memang sebetulnya keluarga kita nggak punya budget lebih untuk conditioner maka itu kita juga nggak memaksa Mama kita untuk beli conditioner buat kita. Tapi setelah kerja kita sekarang baru bisa beli produk-produk yang kita mau.
• Apabila kamu menggunakan BB Cream saat ke sekolah, wajib membersihkan sisa BB Cream setelah pulang ke rumah dengan sabun pembersih khusus make up, jangan tidur dalam kondisi wajah belum bersih karena hal tersebut akan membuat pori-pori wajah tersumbat sehingga wajah gampang berjerawat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar