ShareThis

Rabu, 09 Maret 2016

Thursday's Tips 119 : Tips cara membuat artikel di blog yang disukai pembaca

Kali ini kita buat post tentang cara bagaimana membuat blog-mu punya artikel post yang menarik, kita banyak dapetin pertanyaan dan message dari pembaca yang pengen punya blog juga, maka itu lahirlah ide untuk buat post ini^^
Ketika kamu membuat post di blog dan pengen punya artikel blog yang terus menarik, ada tiga hal penting yang kamu harus tanyakan diri sendiri sebelum menulis blog.

1. Apakah post ini menarik untuk dibaca? Apakah apabila aku pembacanya aku mau baca atau nggak?
Fotografi dalam ngeblog itu penting, apalagi dalam bidang fashion. Tapi kalaupun kamu nggak suka fotografi atau nggak punya kamera canggih, nggak perlu khawatir untuk memulai ngeblog, kamu bisa memberikan informasi yang berguna di blog dengan tulisan atau artikel yang kamu tulis sendiri. Kita sering ngelihat banyak blog yang foto dan design-nya biasa saja tapi tulisannya menarik membuat kita suka mampir dan baca karena artikelnya kita suka. Tulis pengalaman kehidupan sehari-hari, walaupun mungkin kelihatannya nggak penting, tapi sebetulnya bisa nolong orang. Waktu kita ngeblog duluuuu banget, kita cuma nulis review karena kita pengen nolong orang tahu tetang sebuah produk sebelum orang tersebut memilih sebuah produk, yang baca post itu mungkin 1-2 orang saja, tapi ada pembaca yang bilang jangan berhenti nulis ya karena ngebantu banget sebelum saya cari produk, akhirnya dari situ kita mulai blog ini sampai sekarang. Walaupun blog yang dulu itu masih nggak bagus dengan gambar buram dari kamera pas-pasan bisa nolong orang buat kita jadi semangat XD

2. Apakah ketika membaca aku memberikan informasi penting atau ketika menulis aku bisa menolong orang lain?
Ketika nulis post jangan dipikiran tentang berapa banyak orang yang akan baca, kalau tujuan kamu menarik sebanyak orang baca, sangat gampang buat post tentang gosip, karena post gosip adalah artikel paling seru yang membuat orang baca, tapi biasanya post ini cuma memberikan info pendek singkat yang nggak terlalu penting bagi si pembaca. Tapi kalau blog kamu adalah tentang informasi gosip selebriti, sama sekali nggak masalah menulis dengan cara ini, karena tiap orang punya blog yang berbeda-beda. Tapi kalau blogmu mau jangka panjang terus dibaca orang, tulis post yang bisa menolong orang lain. 


3. Siapa pembacanya?
Waktu kita mau beli cat air, kita cari dulu reviewnya di internet, maksudnya mau baca review dulu sebelum beli beberapa merk, tapi sayangnya di Indonesia masih jarang orang yang membahas review cat air. Ada beberapa blog yang review singkat tentang cat air, akhirnya kita baca dan memutuskan untuk beli yang direkomendasikan dari blog tersebut. Waktu kita berkunjung ke blog tersebut, blog tersebut bukan blog profesional yang sering diupdate, tapi isi blog tersebut punya informasi yang berguna bagi kita tentang cat air. Walaupun blognya biasa banget, tapi informasinya sangat berguna dan sangat menolong kita. Maka itu, walaupun kamu pengen nulis blog tapi kamu ngerasa sepertinya kalau aku ngebahas tentang produk atau suatu hal tertentu rasanya nggak akan ada yang baca, kita mau bilang belum tentu, karena kamu nggak tahu siapa tahu ada orang yang butuh ngerti juga tentang apa yang kamu mau tulis. :D
Ada satu blog luar yang nulis tentang bagaimana dia menghadapi keguguran pada kandungannya, kemudian dia share ceritanya di blog tersebut, dia bilang katanya kenapa saya share cerita saya di blog, karena saya pengen ketika ada orang yang mengalami masalah yang sama dengan saya, kemudian search di Google, dia bisa baca cerita saya dan bisa terhibur dengan isi post saya. Waktu kita baca comment-nya banyak yang berkomentar, orang-orang terbantu banget dengan postnya. Mungkin blognya bukan blog terkenal yang punya ribuan follower, tapi postnya membantu orang-orang yang sangat membutuhkan. :)
Menurut kita hidup ini singkat, waktu yang singkat ini nggak akan berguna kalau tujuannya bukan untuk menolong orang lain, maka itu tulis sesuatu yang bermanfaat buat orang, alhasil selain kamu bisa menolong orang lain, hidup kamu juga akan lebih bermakna. Kita sendiri ngerasain manfaatnya dengan menulis blog untuk membantu orang, ketika orang tersebut message ke kita dan bilang bahwa mereka tertolong dengan baca blog yang kita tulis, kita merasa hidup kita berarti dan hidup ini jadi 'penuh'. Jangan menulis blog hanya untuk mengejar kepopuleran, kepopuleran itu bikin hati jadi kosong. Banyak yang tanya ke kita gimana blognya terkenal/ populer, kita bingung dengan pertanyaan seperti itu, masalahnya populer itu berapa? Apakah ketika followernya 10.000 atau 1 juta? Ketika kita ngejar follower sampai 1 juta, kemudian ngeliat orang yang baru mulai followernya 5 juta, apakah kita senang terus ngerasa diri masih populer? Pasti ketika orang melihat follower orang 5 juta, dan saya cuma 1 juta ada perasaaan oh saya nggak populer lagi, ternyata saya payah. kalau hidup cuma muter-muter di situ, hidup bener-bener capek. Di buku Predictably Irrational, manusia itu punya sindrom mengingini milik sesama, orang sebenarnya bisa hidupnya puas, tapi rasa tidak puas itu muncul ketika dia ngelihat orang lain punya lebih dari yang dia punya.

Daripada mengejar 'kepopuleran' yang singkat dan sia-sia dan bikin capek, lebih baik mengejar gimana bisa menolong orang lain lebih banyak :)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar