ShareThis

Senin, 11 April 2016

Fashion Corner : Baju untuk pergi ke kantor

Kita udah beberapa kali ganti kantor dan tempat kerja, dan setiap kantor selalu punya tata cara berpakaian yang berbeda, ada kantor dimana kita boleh pakai baju apa aja dan bahkan baju santai seperti kaos dan jeans lusuh ditambah dengan sandal. Ada kantor yang peraturannya harus memakai kemeja yang berkerah. Ada juga kantor yang boleh pakai baju apa aja tapi sopan dan layak.

Setiap kantor dan tempat kerja memang berbeda-beda. Tapi karena kerjaan kita selalu berhubungan dengan tempat dan tim creative, kita selalu punya style pakaian kerja yang lebih santai dan bebas. Walaupun begitu kita nggak mau menggunakan kebebasan yang diberikan di tempat kerja dengan memakai baju yang asal-asalan. Kalau penampilan kita rapi pasti akan lebih enak dilihat dan memberikan kesan yang lebih baik dan sopan ke atasan ataupun teman sekerja. :D


Bekerja di tempat creative selalu biasanya orang secara nggak langsung akan nge-judge dari cara berapakaian, konon katanya orang yang kerjanya berhubungan dengan tim creative selalu bajunya juga kreatif (walaupun padahal nggak selalu LOL).

Aku lagi suka banget dengan style baju high neck cami, tapi karena terlalu terbuka jadi aku tambahin dengan cardigan panjang.

Buatku sendiri rasanya kurang sopan kalau ke kantor dengan menggunakan rok mini di atas lutut, aku pilih rok yang agak panjang. Supaya memberikan kesan feminin tapi tetap profesional ^^
Penting juga untuk memperhatikan hal detail seperti aksesoris dan sepatu. Pernah waktu itu aku sudah berpakaian dengan style chic, tapi sepatu yang aku gunakan kurang rapi. Akhirnya penampilanku langsung ikut terlihat berantakan. Hal-hal detail seperti itu berpengaruh buat keseluruhan penampilan, walaupun kelihatannya tidak penting, hal-hal kecil justru yang penting!

Untuk sepatunya aku menggunakan warna mint, karena bajunya sendiri warnanya natural, warna yang bisa masuk dengan warna apa aja. Jadi biar nggak membosankan, aku pakai sepatu yang warnanya cerah. Sepatu yang biasanya aku pakai ke kantor harus nyaman, aku nggak suka pakai sepatu yang ganggu aktivitas, dan sepatu mint ini sangat nyaman. Dipakai seharian nggak masalah.

Karena kerja di kantor  kadang-kadang harus lembur dan mata capek banget kalau harus pakai softlens seharian, maka itu aku sering pakai kaca mata juga ke kantor, apalagi kalau telat bangun dan kesiangan. Kaca mata lebih cepat dipakai saat buru-buru dibandingkan harus pakai softlens. Aku pilih kaca mata yang stylenya unik untuk membuat mata dan make up lebih terlihat 'pop'. Bahkan saat aku males make up atau make up tipis, kaca mata yang unik bisa bikin penampilan jadi lebih stylish!

Berikut tips yang penting saat memilih baju kerja untuk ke kantor:
1. Harus sesuai dengan standar kerja kantor, jangan sampai ditegur dengan HRD karena bajumu nggak sesuai dengan aturan kerja. Ada teman-teman kita yang sering ribut dengan HRD hanya karena masalah baju. Nggak penting banget buat bertengkar hanya karena masalah baju di kantor. Hargai peraturan dan otoritas dimanapunkamu berada ini sangat penting untuk karirmu sendiri.
2. Pilih baju yang nyaman. Kantor itu seperti rumah kedua, biasanya orang yang kantoran pasti sering menghabiskan waktunya kebanyakan di kantor, maka itu perlu pakai baju yang bahannya nyaman dan enak dipakai. Misalnya hindari baju yang terlalu ketat atau berbahan panas sehingga bikin sesak nafas.
3. Selalu gunakan pakaian yang sopan dan rapi. Penampilan itu sangat-sangat penting, karena penampilan berhubungan dengan kesan pertama seseorang. Pertama ketemu orang nggak mungkin kamu langsung kenal hati orang tersebut, tapi setidaknya kalau pakaiannya sopan orang lebih gampang percaya dan merasa lebih aman. Ada cerita lucu tentang ini, ada teman Ai Ni, cowok tapi rambutnya panjang dan dibiarkan kusut, kemudian dia ke kantor dengan baju kaos dan jeans yang agak lusuh. Suatu hari ada customer, seorang Ibu yang datang mau masuk ke kantor dan sedang cari orang, dan teman Ai Ni ini langsung mau membantu, tapi karena Ibu tersebut ngelihat temen Ai Ni pakai bajunya seperti preman Ibu-Ibu tersebut langsung ketakutan dan pergi. Padahal temen Ai Ni ini orangnya sangat baik, hanya saja karena kesan pertamanya bikin Ibu-Ibu itu takut LOL. Tapi sekarang teman Ai Ni ini kalau ke kantor bajunya selalu rapi dengan kemeja, langsung terlihat lebih meyakinkan dan jauh lebih keren!

Apa style outfit favoritmu untuk bekerja di kantor? ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar