ShareThis

Kamis, 21 April 2016

Photography Exercises 24 : Mendapatkan background putih pada photography

Banyak banget yang tanya ke kita, kalau foto untuk blog pakai latar belakang apa sih? Gimana cara dapetin foto yang putih bersih? Buat kita sendiri untuk latar belakang produk selalu berbeda-beda, tergantung produknya, dan tergantung mood apa yang mau kita berikan pada yang melihat foto tersebut. Tapi yang paling basic dan sederhana adalah memang foto dengan latar belakang putih. Foto dengan latar belakang putih dan mendapatkan hasil foto yang putih bersih sebenarnya gampang. Tapi karena kita dulu nggak ngerti, kita selalu penasaran saat lihat-lihat foto orang yang dapetin foto dengan latar belakang putih bersih. Setelah baca-baca tutorial dan praktek berkali-kali (karena sering gagal), akhirnya kita nemuin caranya. Buat kamu yang pengen dapetin hasil background foto produk yang putih bersih, silahkan ikutin tutorial ini^^

Latihan yang kali ini akan kita lakuin adalah, gimana biar bisa dapetin gambar seperti di after dengan latar belakang putih bersih tanpa bayangan.


Exercise To do :
1. Matikan semua lampu di rumah, karena kita di sini akan menggunakan cahaya matahari. Alasan kenapa kamu harus matiin lampu adalah agar kamu cuma mendapatkan satu sumber cahaya yang sama, jangan campur cahaya matahari dengan lampu di rumah kamu.
2. Posisikan benda di latar belakang putih, di sini kita pakai kertas putih ukuran A3 yang kita letakkan di samping jendela. Pada gambar kita tulis window itu maksudnya adalah sumber cahaya yang kita gunakan adalah dari jendela. 


3. Kemudian coba foto dengan kameramu. Bisa terlihat muncul bayangan (harsh shadow) yang nggak kita mau di foto ini. Dulu kita selalu bingung kenapa foto kita semuanya begini, dan harus gimana buat dapetin foto tanpa bayangan. Kemudian kita juga bingung kenapa hasilnya foto malah jadi abu-abu backgroundnya padahal pakai kertas putih bersih.

4. Kuncinya adalah dengan menggunakan 'alat pantul', yang kita gunakan di sini adalah styrofoam putih di samping produk yang mau kita foto. Cahaya dari jendela akan memantul ke styrofoam sehingga bayangan yang keras akan langsung menghilang. Bayangin aja selama ini kita selalu bingung kenapa gambar kita abu-abu dan kusam ternayata hanya karena kita nggak pernah terpikir untuk memantulkan cahaya. Ok, kalau kamu bingung, kamu letakkan saja produk yang mau kamu foto di samping jendela, dan di sampingnya lagi styrofoam putih (seperti gambar di bawah ini).


5. Ambil gambar dengang kameramu. Lihat bayangan langsung hilang dalam seketika!
6. Dengan Adobe Photoshop, kita edit contrast dan brightnessnya sedikit, sehingga lebih putih bersih. Menurut kita, kita udah puas dengan hasil foto ini, nggak terlalu putih atau terlalu gelap sehingga memberikan efek lebih 'vintage'. Kita suka style foto ala Food52.
7. Tapi kalau kamu mau lebih putih lagi, naikan lagi contrastnya di Adobe Photoshop atau aplikasi edit foto di HP. Hasilnya foto jauh lebih putih. Karena style foto kita lebih ke vintage, maka kita lebih suka dengan hasil di step No. 6. Walaupun begitu bukan berarti foto yang ini kita nggak suka, kita juga suka dengan foto yang super putih seperti ini, tapi hanya berbeda dengan style kita aja untuk blog^^ Namanya fotografi kan seni nggak ada yang salah atau bener, kalau kamu suka, ikutin aja sama sesuatu yang kamu merasa ok^^


Note:
Alat pantul yang kita gunakan adalah styrofoam yang kelihatannya udah jelek ini, tapi walaupun begitu styrofoam sangat membantu dalam fotografi, Kalau kamu nggak punya styrofoam, gunakan karton putih atau kain putih. Apabila kamu serius dalam fotografi, nggak ada salahnya beli styrofoam yang kamu bisa gunakan berkali-kali untuk foto^^.

Kita sengaja share tutorial ini, karena cara ini sangat gampang dan bisa diikuti semua orang dengan bahan peralatan yang sederhana yang bisa ditemuin di rumah kamu^^ Mudah-mudahan post Photography Exercises ini ngebantu buat kamu yang penasaran cara dapetin foto dengan latar belakang putih bersih tanpa bayangan :D

Oh ya satu hal lagi, bukan berarti foto dengan ada bayangan selalu nggak bagus, sekali lagi kita bilang tergantung 'mood' apa yang kamu mau berikan kepada fotomu.
Berikut foto dari post 5 favorite salad dressing, bayangannya (harsh shadow) kuat banget, tapi kita sengaja membiarkan bayangannya kuat pada gambar ini untuk kasih efek foto yang lebih punya drama.

______________________________________
Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ teman/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar