ShareThis

Kamis, 14 April 2016

Tanya My Lovely Sister 12 : Perlu nggak sih melakukan peeling?

Dalam perawatan kulit penting banget untuk membersihkan kulit secara menyeluruh, karena dengan wajah yang bersih dan bebas dari kotoran baru krim perawatan dapat bekerja dengan maksimal. Proses membersihkan wajah yang perlu dilakukan tiap hari adalah mencuci wajah dengan sabun cuci muka, tapi membersihkan wajah saja tidak cukup, seminggu sekali perlu dilakukan yang namanya scrub atau peeling untuk wajah supaya lebih bersih maksimal. Maka itu kita kali ini ngebahas tentang peeling.

Apakah fungsi peeling?
• Mengenyalkan dan melembutkan wajah.
• Menenangkan dan mendinginkan wajah, karena typenya adalah gel jadi nggak terlalu keras seperti scrub yang bentuknya butiran kecil-kecil.
• Menghaluskan wajah dalam sekali pemakaian karena mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, debu, dan kotoran yang tidak dapat dibersihkan hanya dengan menggunakan sabun cuci muka saja sehingga otomatis setelah memakai peeling kulit jadi lebih bersih. Maka itu selain lebih halus biasanya kulit juga akan lebih putih dan cerah setelah menggunakan peeling.
• Membantu mengurangi noda jerawat.

Apakah peeling bisa membantu menghilangkan bekas jerawat?
Bekas jerawat itu bukan sesuatu yang gampang hilang, tapi agar bekas jerawat tidak membekas lama, bisa dibantu dengan menggunakan peeling. Dibandingkan bekas jerawat yang sudah menahun, bekas jerawat yang baru akan lebih mudah hilang. Maka itu penting banget melakukan peeling untuk bekas jerawat yang masih baru. Yang ikutin blog ini pasti tahu bahwa kita banyak banget jerawatnya dulu, tapi sekarang wajah kita hampir nggak terlihat ada bekas jerawatnya karena kita sering memakai peeling.
Kunci dalam memudarkan bekas jerawat itu salah satunya dengan pengelupasan (ingat tapi pengelupasan yang ringan ya, jangan dengan produk yang keras). Pengelupasan membantu merangsang pembentukan sel kulit baru yang mengganti sel kulit yang lama. Sehingga wajah lebih cerah dan bebas noda.

Seberapa sering memakai peeling?
Kamu bisa pakai seminggu 1-2 kali atau 2 minggu 1 kali, tergantung kebutuhan kulitmu. Bisa juga dipakai sebelum ada acara special seperti acara pesta sebelum memakai make up, gunakan peeling dulu agar wajah lebih terlihat halus. Walaupun memang pakai peeling itu bikin ketagihan karena bikin muka jadi halus, tapi tetap harus dibatasi pemakaiannya jangan terlalu sering.

Umur berapa sudah boleh melakukan peeling?
Sejak remaja sudah boleh melakukan peeling, gunakan peeling dengan bahan dasar gel atau air, hindari pemakaian peeling yang keras yang dapat membuat kulit jadi merah-merah atau mengelupas.
Remaja kulitnya cenderung berminyak dan karena banyak ativitas di luar ruangan kulit jadi lebih gampang kotor dan berdebu yang mengakibatkan komedo dan jerawat muncul. Sehingga lebih baik membersihkan kulit dengan peeling supaya sel-sel kulit mati ikut terangkat.

Peeling seperti apa yang biasa kamu pakai?
Kita biasa pakai peeling dengan bahan dasar gel atau air, gel tersebut diaplikasikan ke wajah dan akan berubah menjadi butiran-butiran yang bisa mengangkat kotoran, sehingga aman di kulit dan tidak melukai kulit.

Bagaimana cara memakai peeling?
Setiap merk peeling ada caranya masing-masing, lebih baik baca terlebih dahulu keterangannya, tapi secara garis besar berikut cara pemakaian peeling:
1. Pastikan wajah dalam keadaan 100% kering.
(Peeling tidak bekerja maksimal kalau wajahmu basah)
2. Aplikasikan peeling gel dalam jumlah banyak ke seluruh wajah.
3. Gosok perlahan gel tersebut dengan gerakan memutar dengan jari tangan. 
Ingat penting banget dilakukan dengan lembut, jangan terlalu keras terhadap kulitmu, karena kulit wajah itu dasarnya lebih halus daripada kulit area tubuh.
4. Setelah digosok akan muncul butiran-butiran halus. 
Butiran-butiran ini kadang banyak kadang sedikit, kadang berwarna hitam, kadang berwarna abu-abu atau putih. Nggak perlu terlalu dikhawatirkan tentang apakah butirannya banyak atau sedikit, atau apakah berwarna abu-abu, putih, atau hitam, karena tergantung kondisi kulitmu masing-masing. Kalau kulitmu tidak terlalu kotor, butiran akan tetap berwarna putih atau abu-abu muda. Kalau kulitmu kotor akan berwarna abu-abu tua sampai hitam.
5. Lanjutkan gosok perlahan sampai 1-3 menit, setelah itu bilas sampai bersih.
Saat menggosok pastikan cairan gel tidak habis, jangan menggosok apabila cairan gel mulai habis, aplikasikan lagi cairan gel tersebut apabila mulai kering.
6. Aplikasikan skin care favoritmu.

Kulit saya kering apakah perlu memakai peeling?
Kulit kering perlu juga memakai peeling, karena kulit kering cenderung mempunyai kulit-kulit mati yang mengelupas. Dengan menggunakan peeling, kulit-kulit mati itu akan ikut terangkat sehingga saat memakai krim wajah, krim jadi bisa menyerap ke dalam lapisan kulit tanpa terhambat oleh sel-sel kulit mati dan sel-sel kulit kering.

Apakah peeling bisa membantu menghilangkan komedo?
Komedo yang besar-besar dan sudah lama tidak bisa dibersihkan hanya mengandalkan peeling saja, komedo perlu dibersihkan dengan komedo stick. Tapi untuk komedo kecil-kecil bisa dibantu dengan peeling.
Jadi begini, dulu kita punya banyak banget komedo di bagian hidung, dari remaja nggak pernah kita pencet atau urus. Setelah ngerti skin care, kita baru sadar wajah kita banyak banget komedonya, kemudian kita bersihkan dengan eros komedo stick. Setelah wajah kita bebas dari komedo, kita harus cegah agar komedo nggak gampang muncul. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan melakukan peeling secara rutin, komedo muncul karena kulit yang kotor, nah peeling kan fungsinya membersihkan wajah yang kotor jadi lebih bersih. Komedo jadi males muncul di wajah yang bersih, begitu juga dengan jerawat, jerawat lebih jarang muncul pada wajah yang bersih.
Sekarang kita jarang mencetin komedo, karena komedo kita nggak terlalu banyak lagi karena kita sering menggunakan peeling.

Kenapa perlu peeling?
Karena sel kulit kita beregenerasi terus menerus, setelah bertambahnya umur regenerasi pada kulit semakin lambat. Sehingga sel-sel kulit lama lebih susah untuk menjadi sel-sel kulit baru, sel-sel kulit yang lama ini akan menumpuk dan membuat kulit kusam, kasar, dan gelap. Peeling membantu mengangkat sel-sel kulit mati/ sel-sel kulit tua tersebut sehingga kulit jadi lebih cerah dan sehat. Maka itu dalam sekali pemakaian biasanya sudah terlihat hasilnya.

Apa merk peeling favorit kalian?
Kita punya banyak merk favorit, tapi sekarang yang sering kita pakai adalah:
Atomy Peeling Gel
Dewytree Skin Renew Peeling Gel
Secret key Lemon Peeling Gel


Apakah kamu suka memakai peeling? Kalau iya apa peeling favoritmu?^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar