ShareThis

Kamis, 05 Mei 2016

Book review 11 : Lessons from Madame Chic: 20 Stylish Secrets I Learned While Living in Paris



Buku ini sebetulnya udah lama banget sering kita lihat di toko buku kalau lagi nunggu di airport. Biasanya di airport banyak buku import, dan buku ini sering terpajang di depan book storenya. Yang pertama kali membuat kita penasaran adalah cover buku dengan ilustrasi menarik, kemudian judulnya juga menarik: Pelajaran dari Madame Chic: 20 Rahasia yang saya pelajari selama tinggal di Paris. Buku ini membahas Sang Penulis, yaitu, Jennifer L. Scott yang mengikuti pertukaran pelajar ke Paris dan membahas apa yang dia pelajari selama tinggal di Paris

Sebelumnya, seperti yang kita sering bilang di post tentang resolusi tahun 2016 adalah, kita pengen lebih banyak baca buku, buku yang kita pilih jenisnya macam-macam, untuk buku ini adalah buku ringan yang gampang dibaca, dan cukup menarik.

Kita nggak akan review seperti biasa kita mereview buku, tapi kita akan review apa yang kita pelajari dari buku tersebut dan apa yang menarik. Walaupun kamu mungkin nggak sempet baca bukunya, tapi kamu bisa baca di post ini beberapa hal menarik yang kamu bisa ikuti.

Berikut yang kita pelajari dari Jennifer L. Scott selama dia tinggal di Paris:
• High-Quality Snacking.
Jennifer L. Scott, sama seperti perempuan umumnya suka makanan snack, tapi untuk membatasi asupan snacknya, pilih makanan snack yang berkualitas, dengan memilih snack yang berkualitas, harganya pasti akan lebih mahal, jadi kita makannya nggak terlalu banyak. Selain itu snack yang berkualitas juga lebih baik daripada snack murah yang terbuat dari bahan makanan yang kurang sehat.
Kita setuju banget dengan prinsip ini, kita mengurangi snack-snack seperti biskuit, potato chips, atau makanan yang biasa dijual di bagian snack di supermarket, dan kita ganti dengan snack seperti Healthy Snack (beli di sini),  harganya memang lebih mahal, tapi terbuat dari makanan utuh dan baik untuk tubuh.

• Match your makeup looks to your outfits.  
Kita setuju banget bahwa pakaian dan make up harus match. Kita sering, SANGAT sering ngelihat di mall atau ketika sedang jalan-jalan, ada cewek yang udah pakai baju modis banget, tapi sama sekali nggak make up! Mukanya kusam seperti habis bangun tidur. Sebaliknya kita sering melihat ada orang yang make up nya sangat tebal dan pakai baju kaos longgar dan celana jeans longgar.

• Pelajari 2 Two-Minute Make up Look.
Selama Jennifer L. Scott tinggal di Paris, dia selalu melihat perempuan Paris sangat simple make upnya, walaupun simple tapi sebenarnya mereka menggunakan make up yang 'nudy' ('no make up look' make up), jadi walaupun pakai make up, tapi make up-nya sangat transparan, sehingga terlihat super chic dan effortless. Jennifer L. Scott kasih tau yang paling penting saat make up adalah, nggak perlu terlalu lama, cukup ambil waktu selama 2 menit, dan gunakan concealer,  mascara, plus lip color saat keluar rumah. Simple, cepat, dan nggak repot! Nggak ada alasan buat kamu terlihat tampil kusam saat keluar rumah.

• Percaya diri itu penting.
You can visit the best salons, have the most expensive clothes and most polished nails, but if you do not have self-confidence to go with them, they are worth nothing.
Kamu mungkin bisa pergi ke salon termahal, atau beli baju yang sangat mahal, dan punya kuku yang paling keren, tapi kalau kamu nggak percaya diri, sama sekali percuma!
Kita punya pengalaman tentang hal ini, ada teman kita, sebetulnya dari keluarga yang lumayan cukup berada, tapi teman kita ini super minder, dia bilang kalau ketemu pacarnya harus persiapan selama 2 jam dan ke salon dulu! Jennifer L. Scott bilang selama dia tinggal di Paris dan bertemu dengan para wanita Paris, pakaian dan make up mereka simple, tapi mereka punya kepercayaan diri yang buat mereka menarik.

• Daily Shopping as Exercise.
Nggak ada waktu untuk olah raga atau budget untuk pergi ke fitness? Olah raga atau exercise nggak perlu dilakukan saat kita ada di tempat fitness saja. Olah raga bisa dilakukan dengan menggunakan tangga, berjalan kaki saat mau ke luar rumah, merapikan rumah, dan hindari lift atau eskalator. Gunakan kakimu untuk berjalan! Bisa juga saat menonton TV gerakan tubuhmu. Begitulah cara para wanita Paris menjaga berat badannya tetap langsing.
Kita punya kenalan orang Jepang yang umurnya sudah sekitar 60 tahun, tapi badannya masih sehat. Dia selalu bilang saat menonton TV, dia selalu menggerak-gerakan tubuhnya dengan senam ringan sehingga badannya tetap segar dan sehat.

• Gunakan pakaian yang terbaik untuk bentuk tubuhmu.
Sebelum memilih pakaian yang dikenakan sehari-hari, tanyakan diri sendiri, apakah pakaian yang saya pakai membuat saya terlihat menarik? Apakah warna yang saya pakai cocok untuk kulit saya? Atau saya hanya memilih pakaian asal saja, atau saya memilih pakaian karena pakaian tersebut lagi nge-trend dan saya nggak mau ketinggalan trend?
Sumbangkan semua baju yang sudah kamu nggak pernah pakai lebih dari 2 tahun, atau sudah nggak cocok dengan bentuk tubuhmu (yup bentuk tubuh setiap orang bisa berubah), atau baju yang membuat kamu terlihat lebih gemuk. Gunakan pakaian yang membuat kamu merasa diri kamu menarik, dan merefleksikan siapa diri kamu. 
Temen-temen kita sering bilang bahwa kita pakai baju apa aja cocok, tapi kita kasih tahu satu rahasia kita di sini (karena kita menganggap kalian seperti our sister). Sama sekali nggak! Untuk Eve bentuk badannya Hour-glass, punya type badan yang melekuk (curvy look). Kalau dia pakai baju yang agak longgar sedikit aja, badannya akan terlihat lebih gemuk 5 kg daripada ukuran sebenarnya. Jadi Eve selalu menghindari baju yang terlalu longgar. Eve juga nggak memakai pakaian yang super ketat, karena bentuk tubuh curvy look akan sangat sexy kalau memakai baju ketat. Karena kita punya prinsip, seorang wanita harus berpakaian sopan, jadi Eve nggak pernah pakai baju yang terlalu ketat juga. Harus nggak terlalu ketat, dan nggak terlalu longgar.
Sedangkan untuk Ai Ni, bentuk tubuhnya Straight Body Shape, kelebihan dari bentuk tubuh ini adalah kelihatan lebih kurus daripada berat badannya. Banyak orang yang bilang Ai Ni kelihatan lebih kurus dari Eve, padahal tinggi badan dan berat badan kita nggak beda jauh. Tapi karena bentuk badan Eve curvy, dan Ai Ni straight, maka kelihatannya berbeda. Maka itu Ai Ni suka pakai baju yang lebih longgar dari ukuran tubuhnya, untuk membuat bentuk tubuhnya lebih 'berisi' dan ada lekukan.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal menarik dan tips dari buku ini, tapi post ini akan jadi panjang banget kalau kita tulis semuanya. XD

Kita baca buku Lessons from Madame Chic dari Scribd secara online. Memang sejak tahun lalu kita mulai langganan Scribd, langganan baca buku online. Kalau kamu suka baca, kamu juga bisa coba gratis untuk 2 bulan di sini. Menurut kita langganan Scribd ini SANGAT menolong kita yang suka beli buku, padahal kita baca buku yang sama paling cuma 1-2 aja, jadi Scribd seperti perpustakaan online XD. Cuma $8.99 per bulan kita bisa baca buku sangat banyak, buku baru yang sedang jadi trend, dan banyak juga buku bagus yang belum diterjemahin ke Bahasa Indonesia.^^
Ada yang pernah baca buku ini juga? :D


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar