ShareThis

Kamis, 02 Juni 2016

Thursday's Tips 123 : Tips mendesign banner untuk blog

Salah satu yang menjadi tantangan para blogger adalah membuat blognya terlihat menarik dan 'eye-catching' sehingga orang betah berlama-lama mampir ke blognya. Menurut kita selain fotografi, dan artikel yang menarik penting juga punya banner yang menarik. Banner adalah tampilan pertama yang biasanya orang perhatikan saat mampir ke blogmu.

Kita akan kasih tips bagaimana mendesign header blog. Untuk memudahkan kamu mengaplikasikan tips bagaimana mendapatkan design blog banner yang menarik berikut 5 hal yang harus kamu pikirkan saat mendesign.

1. Apa yang jadi trend tahun ini?
Trend merupakan hal yang penting dalam mendesign sesuatu, tapi ingat walaupun trend penting tapi bukan berarti mengabaikan style kita sendiri dan 100% harus ikutin trend. Sama seperti memilih pakaian sehari-hari, kombinasikan stylemu sendiri dengan trend saat ini. Dengan begitu kamu tetap ikut trend tapi dengan gayamu sendiri. Hal tersebut akan membuat design blogmu menjadi unik. 

Sebagai contoh, kita suka style feminine (kalau dari pertama kamu mampir ke blog kita sampai saat ini, kita suka banget style yang feminine dan dreamy). Kemudian setelah tahu apa style kita sendiri, kita gabungkan dengan trend tahun ini yaitu gemstone dan style Boho. Yup saat ini kita suka banget dengan Boho dan gemstone!
Jadi kita menggabungkan style feminine kita dengan apa yang jadi trend tahun ini dan yang menarik perhatian kita.
Ingat rumusnya: 
Style mu sendiri + trend tahun ini yang kamu suka = sesuatu yang unik dan nggak ada duanya

2. Apa style kamu?
Banyak orang yang bingung menentukan style mereka, kita sendiri juga begitu pada awal ngeblog kita nggak tahu style kita apa. Tapi kita selalu tertarik dengan hal yang sama, kita suka sesuatu yang pastel, dreamy, vintage, dan colorful. Setelah sekitar 2 tahun ngeblog baru 'style' kita terasa banget buat kita sendiri. Style itu bukan sesuatu yang 'mati', tapi terus akan berkembang dan berubah sesuai trend dan kesukaanmu saat itu. Misalnya tahun lalu kamu suka warna yang cerah, mungkin tahun ini kamu suka  warna yang lembut. Hal tersebut memang mungkin banget terjadi, maka itu kamu nggak usah khawatir kalau kamu merasa stylemu sendiri belum kuat, seiring berjalannya waktu kamu akan sadar dengan stylemu sendiri.

3. Apakah perlu memasang foto?
Nggak semua orang suka pasang fotonya di banner blog, sejujurnya kita juga nggak terlalu suka, tapi setelah coba pasang foto dan nggak pasang foto, kita memutuskan untuk memasang foto kita di banner blog. Alasannya adalah kita ngeblog berdua, jadi ketika kita memasang banner dengan foto kita berdua, orang langsung tahu bahwa yang ngeblog dua orang, jadi pembaca yang baru mampir langsung tahu, tanpa perlu search about us terlebih dahulu. Itu alasan kenapa kita pasang foto kita berdua.
Walaupun begitu, hal tersebut bukan berarti cocok untuk semua orang, kalau kamu merasa lebih suka hanya tulisan minimalis, atau dekorasi dengan ilustrasi tanpa fotografi juga nggak masalah. Nggak perlu ikut orang lain. Pastikan sendiri apa yang terbaik untuk design blogmu.

4. Apa warna yang tepat untuk banner blogmu? 
Untuk memilih warna, kamu boleh milih warna yang klasik atau warna favoritmu. Atau kamu juga bisa cek trend warna tahun ini. Search aja di Google trend warna tahun ini dan pasti akan muncul. Setiap tahun trend warna akan berubah-rubah, kamu boleh ikutan trend warna tersebut boleh juga nggak. Kalau trend warna tahun ini bukan warna favoritmu pilih warna yang jadi favoritmu. Nggak perlu follow trend kalau rasanya terpaksa.
Tapi ada yang harus kamu perhatikan saat memilih warna, warna tersebut harus seimbang dan enak dilihat di mata. Contoh cara kita memilih warna adalah sebagai berikut.
• Pilih 1 warna yang dominan. 
Untuk kita, kita pilih warna pink dengan tone warna ungu.
•  Mix warna tersebut dengan warna yang sifatnya berlawanan.
Untuk warna pink yang kita pilih sifatnya feminine, kita akan pilih warna ke dua yang punya sifat berbeda. Lawan dan feminine adalah masculine. Kita pilih warna hitam sebagai lawan dari warna feminine. Lihat foto ini, background banner kita warnanya pink, kemudian kita hias dengan animal feather (bulu hewan) dengan warna hitam. Rambut kita juga hitam. Dengan begitu kalau kamu perhatikan di banner blog kita ada dua warna yang dominan, pink dan hitam. Sekilas buat orang yang nggak memperhatikan mungkin nggak terasa, tapi kalau mata kamu sudah terlatih melihat warna, kamu akan sadar dengan warna yang kita pakai.
Waktu kita belajar design, kita belajar untuk mengaplikasikan warna memang ada 'rumusnya'. Rumusnya banyak, dan ini salah satu yang kita pakai saat mendesign banner blog kali ini. :D Rumus ini juga bisa diterapkan dalam make up dan memilih berpakaian sampai dekorasi rumah.
Ini warna colour palette yang kita pilih.

5. Apa yang kamu mau orang lain lihat terlebih dahulu saat melihat bannermu?
Fokus utama dari banner kita adalah foto (foto kita berdua), kedua ilustrasi (gambar gemstone dan animal feather), dan ketiga adalah tulisan (My Lovely Sister). Setelah tahu fokus utama yang mau kamu tampilkan, kamu bisa menyusun penempatannya secara tepat. Karena kita mau fokus utama kita adalah foto, kita memasang foto kita cukup besar, kemudian kita juga menempatkan gambar ilustrasi di sekitar foto agar setelah melihat foto, orang akan melihat ilustrasinya. Setelah melihat foto dan ilustrasi, baru orang tersebut membaca tulisan (My Lovely Sister). Itu alasan kenapa tulisan My Lovely Sister kita kecil dan nggak terlalu menyolok.
Ingat penting untuk mempunyai fokus pada banner, kalau sebuah design nggak ada fokus, design tersebut akan membuat orang yang melihat bingung.

Contoh: apabila foto, ilustrasi, dan tulisan sama besar, mata orang yang melihat akan bingung. Berikut kita berikan contoh apabila semuanya sama besar. Mata akan sakit karena nggak tahu apa yang harus dilihat terlebih dahulu. Apakah foto? Tulisan? Gambar?

Jangan sepelekan hal dalam mendesign blogmu, design itu penting! Contoh paling simple misalnya mobil biasa dan mobil mewah, seseorang tahu apakah mobil tersebut mobil mewah atau mobil biasa dari mana? Tentu yang paling pertama dari designnya^^ Penting banget buat punya design yang kuat untuk blog sehingga waktu pertama kali orang mampir ke blogmu langsung ada perasaan wow, sehingga pembaca lebih betah. Kita sering ngehabas betapa penting fotografi dan isi artikel dalam sebuah blog, tapi design dalam blogmu juga nggak kalah pentingnya loh!

Beberapa contoh design header banner kita selama ini :D


Silahkan share bagaimana biasanya kamu mendesign blogmu?^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar