ShareThis

Sabtu, 16 Juli 2016

Photography Exercises 26: Arah Cahaya Dalam Fotografi Portrait

Kali ini kita akan ngebahas cahaya dalam fotografi, sebetulnya udah pernah dibahas dalam post ini, hanya saja, latihan kali ini akan menggunakan satu lokasi tapi dengan hasil 3 cahaya yang berbeda, sehingga walaupun kamu foto di tempat yang kecil atau sempit, kamu masih bisa menerapkan prinsip ini. Latihan ini sangattttt gampang, tapi karena dulu kita nggak ada yang ngajarin, maka itu kita sama sekali nggak ngerti, ternyata hanya dari satu lokasi bisa menghasilkan 3 efek cahaya yang berbeda sehingga hasil foto jadi jauh lebih keren! Maka itu di latihan foto kali ini yuk, kita coba praktek sama-sama XD

Untuk latihan ini kamu bisa gunakan tripod, atau kalau nggak punya tripod, kamu bisa gunakan bangku, meja, atau minta bantuan teman. 

Exercise To do :
1. Cahaya dari depan (front light)
Cahaya dari depan adalah cahaya yang ada di depan kamu. Yup sesimple itu. Dengan cahaya dari depan kamu akan dapetin efek foto yang halus dan cantik. Kulit kamu akan terlihat putih, rata, dan halus. Kenapa? Karena cahaya dari depan cahayanya satu arah, jadi nggak bikin ada bayangan sama sekali pada wajah. Buat kamu yang suka foto cantik, boleh banget gunakan cahaya dari depan.
Bisa dilihat di sini, kulit Eve terlihat putih halus merata, karena cahaya dari depan sangat merata. Penting perlu diperhatikan, kalau kamu foto di rumah, saat menggunakan cahaya dari depan jendela, matikan lampu di rumah. Lampu di rumah yang ada di atas langit-langit akan membuat cahaya dari depan jadi terganggu. Kenapa? Karena cahaya dari atas akan membuat bayangan jatuh ke bawah, hasilnya adalah kantung mata akan terlihat hitam akibat bayangan dari lampu di atas langit-langit rumah. Kecuali kalau kamu memang pengen bikin efek punya kantung mata yang super hitam. Tapi cewek mana yang pengen kantung matanya terlihat lebih hitam LOL. Pokoknya matikan lampu di atas langit-langit, kantung hitam pada mata nggak akan terlihat gelap banget!
Kelebihan foto dengan menggunakan cahaya dari depan:
• Cocok untuk mendapatkan warna kulit yang merata dan halus, jadi kalau kamu punya masalah kulit jerawatan, nggak rata, pori-pori besar, kita rekomendasikan gunakan cahaya dari depan
• Simple dan nggak rumit
 •Semua orang yang foto dengan cahaya dari depan pasti akan mendapatkan hasil foto yang cerah dan bersih (baca: semua orang bisa dapetin foto yang OK dengan cahaya dari depan)
Kekurangan foto dengan menggunakan cahaya dari depan:
• Membosankan, karena foto dengan cahaya dari depan nggak ada terang gelapnya (baca: nggak ada bayangannya) maka itu, fotonya simple dan nggak terlalu 'dalam'.

2. Cahaya dari samping (side light)
Posisikan cahaya di sampingmu (boleh di kanan, boleh di kiri). Cahaya dari samping memberikan kedalaman pada foto sehingga foto jadi terlihat '3D' dan hidup.
Lihat pada foto cahaya dari samping ini, hasilnya ada bayangan di sebelah kiri Eve, dan sebelah kanan Eve lebih terang. Dengan begitu foto ini lebih ada kedalaman. 
Kalau kamu mau model dalam fotografi cahaya samping ini punya posisi sedang menengok. Pastikan si model menengok ke arah cahaya. Di sini Eve menengok ke arah jendela (kanan), sehingga hasilnya foto jadi lebih hidup. Kalau Eve menengok ke arah kiri, maka foto di bawah ini akan terlihat lebih 'kusam'.
Kelebihan foto dengan menggunakan cahaya dari samping:
• Membuat foto ada 'kedalaman' dan unik.
• Foto dari samping apabila sumber cahayanya terlalu kuat (harsh light) akan jadi split lighting. Foto split lighting ini akan keren untuk foto pria sehingga pria terlihat lebih keren, macho dan misterius.
Kekurangan foto dengan menggunakan cahaya dari samping:
• Kalau wajahmu punya pori-pori besar, kerut, dll. Cahaya dari samping akan membuat semua pori-pori, dan kerut terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan cahaya dari depan (No. 1). 

3. Cahaya dari belakang (back light)
Pada fotografi back light, posisikan cahaya di belakang model. Hasil dari foto dengan cahaya di belakang model ini adalah foto yang dreamy.
Foto cahaya yang muncul dari belakang ini seolah membungkus seluruh tubuh Eve dengan cahaya sehingga hasilnya lebih dreamy.
Foto back light bukan sesuatu yang gampang seperti foto latihan No 1 dan 2. Perlu sedikit latihan, karena kalau 'salah foto', back light ini akan membuat model menjadi siluet. Agar model nggak jadi siluet kamu harus bisa setting kameramu (iso tinggi/ shutter speed rendah/ diafragma besar). Selain itu foto di bawah ini bisa berhasil karena di depan Eve adalah tembok putih. Apabila di depan Eve adalah tembok hitam, Eve pasti akan jadi siluet. 
Kelebihan foto dengan menggunakan cahaya dari belakang:
• Hasil dreamy
• Karena foto ini agak sedikit rumit tekniknya dibanding foto dengan cahaya dari depan maka itu nggak semua orang bisa menghasilkan foto dengan cahaya dari belakang ini, sehingga foto mu akan menjadi unik menarik, dan lebih keren.
Kekurangan foto dengan menggunakan cahaya dari belakang:
• Kamu harus bisa mengerti setting kameramu, agar foto tidak menjadi siluet. 
• Butuh sedikit latihan.

Jangan lupa baca juga Photography Exercises bulan lalu : tips dalam posing :)
______________________________________

Di post khusus Photography Exercises ini kita share sebagai catatan pribadi kita sekaligus latihan dari apa yang kita pelajari selama ngeblog tentang fotografi dari buku/ internet/ teman/ dll. Post ini akan kita buat di tiap akhir bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar