ShareThis

Sabtu, 09 Juli 2016

Tanya My Lovely Sister 14: Apa perawatan rambut saat ini?

Sekitar beberapa waktu yang lalu, ada email yang menanyakan tentang perawatan rambut saat ini yang sering kita lakuin buat sehari-hari. Karena pertanyaannya cukup sering ditanyakan maka kita publish di blog. :)



Bagaimana sih hair routine kalian untuk tipe rambut masing-masing (rontok & mengembang?) Boleh dijelaskan secara singkat? (Mungkin mengarah ke perawatan yg belum banyak dibahas di blog atau jika ada perubahan/update terbaru)
Sebetulnya sih perawatan kita masih seperti yang di blog :)
Untuk rambut rontok yang paling penting cari shampoo yang cocok, rambut rontok pertama-tama harus diketahui dulu masalah utamanya apa, kalau misalnya untuk Eve sendiri kulit kepalanya sensitif jadi kalau salah pakai shampoo langsung rontoknya bisa tambah parah. Sedangkan kalau untuk Ai Ni, rambutnya jarang rontok, tapi bisa rontok juga kalau misalnya sedang kecapean atau stress, bisa beberapa hari rontok tapi setelah itu, nggak rontok lagi. Jadi penting buat tahu kenapa rambut rontok.
Selain itu apabila rambut rontok parah, kita juga bantu minum supplemen vitamin untuk rambut, terutama yang mengandung Biotin, karena biotin itu bantu untuk menguatkan akar rambut. Selain minum supplement yang mengandung biotin, bisa juga mengkonsumi makanan yang kaya akan biotin seperti kacang almond, pisang, salmon, dan oats.
Untuk rambut mengembang, yang paling penting sering-sering menggunakan masker rambut dan serum untuk membantu mengurangi rambut biar nggak terlihat tambah mekar atau frizzy. Dengan pakai masker dan serum rambut, rambut jadi lebih gampang diatur dan lebih 'lemes' sehingga disisir juga gampang. Untuk memakai masker dan serum jangan sampai kena kulit kepala karena akan bikin kulit kepala jadi gampang berminyak

Adakah tips & trik khusus atau cara unik yang sering kalian lakukan dalam perawatan rambut?
Setiap kali keramas, kita selalu tambahin beberapa tetes olive oil di conditioner atau masker rambut agar conditioner dan masker rambutnya lebih creamy dan lembab. Saat ini kita suka pakai masker Evoluderm.
Kalau lagi rajin kita akan menggunakan olive oil diseluruh rambut sebelum keramas, tutup pakai shower cup dan biarkan selama 5-60 menit kemudian keramas seperti biasa. Olive oil harganya nggak mahal, produknya natural, dan gampang dibeli dimana-mana, hasilnya juga nolongin banget buat rambut kita yang gampang patah-patah dan kering.

Belakangan ini kan mulai banyak dikenal penggunaan hair oil, nah kalian sendiri apakah pernah mencoba hair oil? Boleh ceritakan pengalaman kalian dengan hair oil, khusunya terkait jenis rambut masing-masing? Dan adakah produk hair oil yang direkomendasikan untuk jenis rambut berbeda?
Iya, kita selalu pakai hair oil sebelum mencatok/ blow/ curly rambut biar rambut nggak cepat rusak. Buat kita penting banget buat pakai hair oil apalagi tekstur rambut kita yang agak kasar dan gampang mengembang. Kita udah coba berbagai merk, ada yang mahal, ada yang murah. Menurut kita sendiri hair oil yang penting bukan harga atau merknya, tapi teksturnya, apabila rambutmu tebal, gunakan hair oil yang agak creamy (berminyak), kalau rambutmu tipis tapi patah-patah, gunakan hair oil yang lebih encer sehingga rambutmu nggak terlihat tambah lepek.
Banyak banget hair oil yang kita suka seperti Loreal, Furatasse, Kerastase, dan Matrix Biolage (review di sini). Untuk rambut tebal bisa pakai merk Matrix Biolage Deep Smoothing Serum karena lebih melembabkan, kalau untuk rambut agak tipis bisa pakai Kerastase Cristalliste. Untuk Loreal dan Furatasse (review di sini) teksturnya sedang (nggak terlalu berminyak, nggak terlalu cair) jadi bisa dipakai untuk segala jenis rambut.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar