ShareThis

Jumat, 30 September 2016

Photography Exercises 27: Komposisi Framing Pada Fotografi

Framing adalah salah satu jenis seni fotografi yang kita suka lakukan, karena cukup mudah dan bisa berfungsi untuk memberikan fokus pada subjek dengan seketika. Framing juga berfungsi untuk memberikan cerita pada sebuah foto sehingga foto lebih bermakna.

Exercise To do :
1. Cari lokasi atau tempat yang bisa dijadikan 'frame'. 
Yang paling gampang untuk latihan ini adalah cari sebuah tempat seperti pintu, cermin, tiang, atau jendela.

2. Menciptakan frame/ bingkai.
Kalau tidak ada tempat yang cocok untuk dijadikan bingkai, kita bisa 'menciptakan' bingkai misalnya dengan menggunakan bayangan bunga seperti gambar di bawah ini sehingga memberikan frame abstrak pada sebuah foto.

3. Eksperimen
Setelah kamu tahu cara membentuk bingkai dalam sebuah foto, nggak perlu melulu bahwa frame yang digunakan adalah pintu, jendela, atau sesuatu yang ada tiangnya. Bisa juga gunakan frame yang lebih abstrak seperti pada foto di bawah ini. Frame yang digunakan adalah tanaman di belakang subjek. Tanaman hijau ini membentuk sebuah bingkai yang mengeliling subjek, sehingga lebih menarik.

Dengan menggunakan cahaya kamu juga bisa membentuk 'frame'. Jangan batasi kemampuanmu untuk bereksperimen!

4. Gunakan White Space
Bingkai pada fotografi juga bisa terbentuk pada area white space seperti pada foto ini (baca juga: negative space pada photography). Lantai yang berwarna putih membentuk bingkai pada subjek, sehingga memberikan efek tenang dan kalem pada fotogragi di bawah ini.

________________________________________________________

Note:
Framing pada photography memberikan kesan seperti mengintip dan efek unik pada sebuah foto. Sebagai contoh kamu bisa lihat foto ini. Di foto bawah ini, kesannya seperti kamu secara nggak sengaja mengintip orang dari balik tirai jendela.


Bandingkan dengan foto yang sama tapi sudah di crop, hasilnya sangat berbeda.


Dalam fotografi nggak ada yang lebih baik atau lebih benar. Contoh kedua foto di atas sama-sama ok dan nggak bermasalah, tapi kembali ke sang fotograger, cerita apa yang mau diceritakan melalui sebuah gambar.
Selamat mencoba^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar